Kabar gembira bagi anda yang berminat untuk mengikuti Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2018. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Asman Abnur di Makassar pada tanggal 9 November 2017 menyampaikan bahwa masih belum mengetahui mengenai tahapan CPNS 2018 ini akan diadakan secara serentak seluruh Indonesia atau terpisah sesuai Kabupaten/Kota masing-masing. Informasi ini merupakan kabar baik bagi para guru yang telah menanti-nanti moment dimana pemerintah akan mengadakan penerimaan CPNS besar-besaran pada tahun 2018.


Dikutip dari Tribun-timur.com bahwa Penerimaan CPNS 2018 akan dibuka pada bulan Maret 2018, namun untuk Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka sejak bulan Februari 2018. Anda dapat mendownload formasi CPNS 2018 melalui beberapa browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain-lain. Formasi CPNS 2018 berbentuk file PDF, sehingga akan lebih mudah dan cepat untuk di download.

Untuk informasi mengenai Ujian CPNS 2O18 akan digunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Untuk mempermudah dalam mengerjakan Ujian CPNS 2018, anda diwajibkan untuk mengikuti latihan Ujian CAT CPNS 2018 guna mempelajari persiapan Tes CPNS 2018 mendatang.

Secara Nasional pada tahun 2018 akan ada 225.000 ASN yang akan pensiun, namun yang akan direkrut melalui Seleksi CPNS 2018 hanya 110.000 saja. Jumlah itu masih dibagi pada sektor kementrian dan 34 provinsi di Indonesia. Selain itu, pemerintah pusat mempunyai prioritas penempatan ASN di daerah-daerah terpencil, perbatasan, dan daerah dengan kantong kemiskinan.

Berikut ini adalah langkah-langkah lengkap mengenai Pendaftaran dalam Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN dikutip dari Buku Petunjuk Pendaftaran:

Dokumen yang Harus Disiapkan Sebelum Mendaftar CPNS Melalui Portal SSCN

Sebelum anda melakukan pendaftaran ke instansi yang telah dituju, pastikan anda sebagai pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang menjadi syarat untuk Pendaftaran CPNS di Portal SSCN. Dokumen-dokumen yang dibutuhkan terdiri dari:

  1. Kartu Keluarga (KK)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  3. Ijazah
  4. Transkrip Nilai
  5. Pas Foto
  6. Dokumen lain sesuai dengan instansi yang akan dilamar.

Ketentuan yang Harus Diketahui Sebelum Mendaftar CPNS di Portal SSCN

  1. Pendaftar Seleksi CPNS Nasional (SSCN) harus masuk ke portal SSCN 2018: https://sscn.bkn.go.id
  2. Klik “Pengumuman” untuk mencari informasi mengenai instansi yang dibuka.
  3. Pilihlah instansi yang akan anda tuju. Instansi yang terlampir merupakan instansi yang sudah atau akan dibuka pendaftarannya.
  4. Pendaftar Seleksi CPNS Nasional (SSCN) hanya bisa melamar 1 (satu) jabatan saja dalam 1 (satu) jenis formasi (Formasi Umum atau Formasi Khusus Lulusan Terbaik atau Formasi Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat atau Formasi Khusus Disabilitas) di 1 instansi pada periode yang sama. Pendaftar Seleksi CPNS Nasional (SSCN) bisa melamar instansi yang berbeda pada periode yang berbeda pula.
  5. Klik “Jadwal dan Persyaratan” untuk melihat Jadwal pelaksanaan Seleksi CPNS Nasional (SSCN) 2018.
  6. Klik “Helpdesk dan Pengaduan” apabila anda membutuhkan bantuan atau panduan.
  7. Klik “FAQ” apabila anda ingin mencari permasalahan.
  8. Klik “Call Center” untuk menghubungi instansi terkait dengan Pendaftar Seleksi CPNS Nasional (SSCN).

1. Cara Pendaftaran di Portal SSCN

Jika Pendaftar Seleksi CPNS Nasional (SSCN) telah siap untuk mendaftar, berikut ini adalah langkah-langkah mengenai cara pendaftaran di Portal SSCN, diantaranya:

  1. Klik “Pendaftaran” maka akan tampil halaman pengisian Nomor Induk Kependudukan dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK).
  2. Masukkan NIK dan Nomor Kartu Keluarga atau NIK Kepala Keluarga (NIK KK).
  3. Apabila Pendaftar Seleksi CPNS Nasional (SSCN) tidak dapat mendaftar terkait dengan data NIK dan Nomor Kartu Keluarga, silahkan menghubungi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sesuai dengan KTP pelamar, bukan melalui instansi atau Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku sebagai Panitia Seleksi Nasioanl (Panselnas).
  4. Masukkan kode captcha yang telah terlampir. Kode tersebut tidak bersifat case sensitif.
  5.  Setelah semua data telah dimasukkan atau di input, klik “Lanjutkan” untuk proses selanjutnya. Pada proses ini, Peserta Pendaftar Seleksi CPNS Nasional (SSCN) mengisi dan membandingkan data di KTP dengan data Ijazah. Dalam proses pemberkasan CPNS di Portal SSCN menggunakan data Ijazah sebagai data pokok kepegawaian. Data pokok kepegawaian tersebut terdiri dari Nama peserta tanpa gelar dan Tempat Tanggal Lahir. Pastikan bahwa anda telah mengisi data tersebut dengan benar.
  6. Data lain yang perlu untuk diisi, terdiri dari data :

  1. E-mail. Masukkan e-mail yang masih aktif dan valid.
  2. Password. Masukkan password yang mudah anda ingat. Harap catat dan simpan password yang telah anda buat karena password tersebut nantinya digunakan untuk login.
  3. Pertanyaan Pengaman1. Pilihlah pertanyaan pengaman anda.
  4. Jawaban Pengaman. Masukkan jawaban dari pertanyaan pengaman 1 yang telah anda pilih.
  5. Pertanyaan Pengaman 2. Pilih pertanyaan pengaman lagi.
  6.  Jawaban Pengaman. Masukkan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah anda pilih.
  7. Captcha. Masukkan kode captcha yang tampil di layar.

  1. Pastikan anda telah mengisi semua data dengan tepat dan benar. Data yang telah anda simpan tidak dapat diperbaiki atau dirubah.
  2. Kemudian klik “Daftar”.
  3. Proses selanjutnya adalah masuk menuju halaman pemberitahuan bahwa pendaftaran ke portal SSCN 2018 telah berhasil. Setelah itu, klik “Cetak Informasi Pendaftaran” untuk mencetak Kartu Informasi Akun hal tersebut bertujuan sebagai bukti bahwa pelamar Seleksi CPNS Nasional (SSCN) berhasil mendaftar ke portal SSCN 2018. Simpanlah kartu tersebut dengan baik.
  4. Klik “Lanjutkan Login Pendaftaran” untuk menuju ke form selanjutnya.

2. Login ke Portal SSCN dan Isi Biodata

  1. Setelah pelamar berhasil mendaftar, kemudian silahkan login ke website https://sscn.bkn.go.id dengan cara mengeklik tombol “Login” yang terletak di sudut kanan atas.
  2. Masukkan NIK dan password yang telah anda daftarkan . Kemudian akan tampil halaman Form Biodata Peserta.
  3. Masuk ke Form Biodata Peserta. Pada form ini akan dilengkapi oleh Alamat Domisili , Provinsi, Kabupaten/Kota, Nomor Telepon, Tinggi Badan, Status Kawin dan Nomor HP.
  4. Klik “Simpan” apabila anda telah mengisi data dengan lengkap dan benar.
  5. Setelah pelamar telah selesai mengisi biodata, kemudian klik “Daftar” untuk melanjutkan proses pendaftaran instansi yang telah dituju.

3. Daftar Instansi

  1. Masukkan halaman Form Pendaftaran SSCN, pilih jenis Formasi sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi.
  2. Pilihlah instansi yang nada tuju.
  3. Klik “Cek” maka akan tampil form Pendaftaran. Setelah anda mengeklik “Cek” maka data akan secara otomatis tersimpan di Riwayat sebagai pelamar instansi Non SSCN. Pelamar tidak bisa merubah instansi.
  4. Instansi yang tampil merupakan instansi yang telah membuka pendaftaran.
  5. Setelah memilih instansi, akan muncul notifikasi, klik “Ok” untuk melanjutkan.
  6. Masuk ke Form Pendaftaran.
  7. Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah, jabatan yang akan dilamar, dan Lokasi kerja yang anda inginkan.
  8. Ketik nama Universitas atau sekolah sesuai denga Ijazah.
  9. Isi tanggal ijazah dan Tahun Lulus
  10. Pilih akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi untuk perguruan tinggi, sedangkan untuk SLTA dan sederajar, akreditasi dapat dipilih “Lainnya”.
  11. Isi nilai IPK, Nomor Ijazah, dank ode captcha.
  12. Setelah itu klik tanda Kotak dan klik “Daftar”.
  13. Data pelamar akan secara otomatis masuk ke database SSCN 2018.
  14. Selanjutnya akan tampil halaman Cetak Kartu.

4. Riwayat Pelamaran SSCN

  1. Setiap pendaftaran yang telah dikirim oleh pelamar dapat dicek atau dilihat statusnya di menu Riwayat.
  2. Untuk mencetak ulang Kartu Pendaftaran, klik “Cetak” yang terletak di kolom Registrasi.
  3. Untuk melakukan ypload dokumen, klik “Dokumen” lalu akan tampil Form Upload Dokumen.

5. Kartu Ujian

Untuk mencetak Kartu Ujian, pilihlah kolomnya kemudian klik “Cetak” pada kolom ujian. Kartu Ujian tersebut dapat dicetak apabila pelamar telah lulus verifikasi sebagai bukti bahwa pelamar dapat melanjutkan ke tahapan seleksi selanjutnya.

Demikianlah beberapa Tahapan Daftar Online CPNS 2018 yang Wajib Anda Ketahui sebelum mengikuti Pendaftaran Seleksi CPNS Nasional (SSCN). Selain informasi ini, anda juga bisa membaca informasi Panduan PendaftaranOnline CPNS 2018 secara lebih lengkap. Semoga dapat menjadi sumber informasi bagi anda yang hendak mengikuti Seleksi CPNS Nasional (SSCN) 2018. Sekian dan terima kasih.

 

Bagikan :

Description
: Tahapan Daftar Online CPNS 2018 yang Wajib Anda Ketahui
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Tahapan Daftar Online CPNS 2018 yang Wajib Anda Ketahui