Jepang merupakan salah satu negara yang berada di benua Asia dan merupakan negara yang maju. Pada saat ini siapa yang tidak kenal dengan negara jepang, semua produk terutama produk eletronik berasal dari negara Jepang. Produk ternama eletronik dan perabot rumah tangga antara lain adalah Sony, Sanyo, Nikon, Toshiba dan lain sebagainya. Di Indonesia banyak masyarakat mempercayakan dan mengandalkan produk Jepang dibandingkan dengan produk dari negara lainnya bahkan produk negara Indonesia sendiri sekalipun.



Tidak hanya pada produk elektronik saja, jepang juga berjaya pada produk otomotif dengan mengusung merk seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. Jadi intinya negara yang satu ini merupakan salah satu produsen yang mayoitas produk-produknya mudah ditemukan di pasaran.

Tips Sukses Negara Jepang yang Wajib Diketahui

Salah satu yang menjadi rahasia sukses negara Jepang adalah adanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Hal ini tidak dapat dipungkiri, jika saja Indonesia memiliki kualitas SDM yang terus meningkat bukan hal yang mustahil jika suatu saat negara kita bisa lebih hebat dari negara Jepang.

Suatu bangsa akan mengalami perkembangan dan kemajuan jika orang-orang yang berada di negera tersebut memiliki kualitas yakni dengan mampu berpikir cerdas, cepat dan tepat serta berani mengambil risiko. Orang –orang jepang sangat giat dalam bekerja, rajin, tidak malas, dan tidak mudah menyerah seain itu cepat tanggap dan tepat dalam mengerjakan sesuatu.

4 Rahasia Sukses Orang Jepang yang Wajib Diketahui

Bagi anda yang ingin menyimak beberapa rahasia sukses orang jepang , yuk simak ulasan berikut ini untuk menginspirasi anda di kemudian hari agar menjadi Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan menjadi aset bagi bangsa Indonesia.

  1. Kreatif dan Inovatif
    Sudah tidak dipungkiri lagi salah satu hal yang menjadi rahasia negara Jepang bisa sukses adalah memiliki sumber daya manusia atau orang-orang yang sangat kreatif dan inovatif dalam menciptakan dan menghadirkan produk-produk baru. Bahkan setelah produk tersebut sudah jadi, mereka tidak berhenti disitu saja. Mereka terus berinovasi dalam mengembangan produk yang mereka ciptakan dengan kreatifitas dan inovasi yang tinggi, tak heran produk jepang mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik lagi dari produk awal yang mereka ciptakan. Orang-orang Jepang memang terkenal memiliki pemikiran yang kreatif dan inovatif, hal ini tentunya akan memiliki dampak yang baik untuk masa depan negara Jepang.
     
    Tidak hanya itu, orang Jepang yang berada di luar Negara Jepang juga menggunakan produk-produk milik mereka karena loyalitas yang tinggi dan mencintai produk negara sendiri. Hal ini perlu untuk dicontoh oleh masyarakat Indonesia yang biasanya bangga dengan barang-barang impor dari negara lain dan mengabaikan produk sendiri yang juga tidak kalah baik dan bagusnya.
     
  2. Tidak Mudah Putus Asa atau Pantang Menyerah
    Tidak mudah putus asa atau pantang menyerah merupakan salah satu sikap yang dimiliki dan dijunjung tinggi oleh orang-orang Jepang. Sudah banyak sumber yang membuktikan dan mengatakan bahwa orang Jepang terkenal dengan jiwanya yang pantang untuk menyerah. Sebagai salah satu bukti adalah ketika negara Jepang mengalami perang dan bencana alam seperti terjadinya bom hirosima dan nagasaki dan tsunami yang terjadi beberapa tahun lalu. Kita bisa melihatnya sendiri orang-orang di Jepang tidak menyerah, mereka bisa bangkit dan dapat melanjutkan bisnisnya bahkan lebih baik lagi dibandingkan dengan masa-masa sebelumnya.
     
  3. Mandiri dan Hidup Hemat
    Sikap mandiri merupakan salah satu sikap yang dimiliki oleh orang-orang Jepang yang sudah mereka tanamkan sejak dini. Kemandirian tersebut sudah mulai ditanamkan ketika berada di pendidikan dasar hingga pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Para siswa dididik dan di arahkan untuk menjadi orang yang sukses dan mandiri. Jadi, tidak heran jika banyak dari lulusan SMA di Jepang yang sudah mandiri secara finansial dan tidak bergantung pada orang tua dan keluarga lagi.
     
    Selain dilatih untuh hidup mandiri, orang-orang di Jepang juga dilatih dan dididik untuk menjadi orang yang selalu berhemat dan tidak boros serta tidak menghambur-hamburkan uang untuk suatu kegiatan yang tidak bermanfaat. Biaya hidup di Jepang tergolong mahal sehingga orang Jepang mau tidak mau harus bisa berhemat.
     
  4. Menjunjung Tinggi Sikap Nasionalisme
    Kecintaannya terhadap negara mereka sendiri membuat orang-orang di negara Jepang sangat menjunjung tinggi hal tersebut. Hal ini bisa dilihat sikap orang jepang yang lebih memilih untuk menggunakan produk dari negara mereka sendiri walaupun mereka berada di luar negara Jepang. Hal ini akan berdampak pada devisa negaranya yang terus meningkat dan berpengaruh besar terhadap kemajuan dari suatu bangsa. Sehingga tidaklah heran dalam hal mencari uang bukanlan hal yang sulit bagi negara Jepang karena produk yang mereka ciptakan sendiri hanya bersaing dengan produk dalam negeri yang juga diciptakannya.
     

Tips Untuk Menjadi Sukses Seperti Orang Jepang

Setelah anda membaca beberapa rahasia sukses orang jepang, selanjutnya adalah untuk bisa menjadi sukses seperti orang jepang anda harusnya menerapkan beberapa tips sukses orang jepang berikut ini:

  1. Berusaha untuk Sekreatif dan Seinovatif Mungkin
    Coba bayangkan jika produk yang dibuat oleh negara Jepang  yang kita gunakan tidak ada. Pasti aktivitas kita akan menjadi terhambat, misalnya dalam bidang transportasi dan teknologi atau barang elektronik yang diciptakan oleh Jepang. Melihat kondisi yang mungkin akan terjadi sudah seharusnya kita mengembangkan potensi yang kita miliki dan berada pada diri kita. Selain itu, kita harus berusaha seinovatif mungkin dalam menjalankan bisnis agar nantinya kita bisa menjadi sukses layaknya orang Jepang.
     
  2. Terus Berusaha Menjadi yang Terbaik dan Lebih Baik
    Sikap pantang menyerah memang sudah melekat dan menjadi budaya bagi orang-orang Jepang. Ketika terjadi suatu masalah mereka akan terlebih dahulu mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut, bukan sekedar pasrah dan menunggu bantuan dari negara lainnya. Hal ini harusnya bisa menjadi pelajaran yang penting bagi kita semua, yakni jangan pantang menyerah saat mengalami masalah dan hambatan jika kita ingin meraih kesuksesan.
     
  3. Melatih Kemandirian dan Biasakan Hidup Hemat
    Hal ini bisa menjadi pelajaran bagi kita sebagai orang Indonesia untuk menjadi pribadi yang semandiri mungkin dan berhemat dalam kegiatan dan aktifitas sehari-hari. Tidak hanya berhemat di kehidupan sehari-hari, dalam berbisnis pun kita harus lebih hemat dengan mengeluarkan biaya produksi seminimal mungkin dengan cara menekan sekecil mungkin pengeluaran dan mengusahakan mendapatkan penghasilan yang besar.
     
    Dengan hidup yang hemat anda bisa membuka usaha atau berbisnis dengan modalyang kecil namun berpotensi mendapatkan hasil atau keuntungan yang besar.
     
  4. Mencintai Produk dalam Negeri
    Sebagai orang Indonesia, harusnya kita mengubah mindset kita tentang barang impor yang kualitasnya lebih bagus dengan barang yang kita dibuat oleh negara Indonesia sendiri. Hal ini bisa kita wujudkan dengan membeli produk-produk dalam negeri walaupun kita tahu kualitas dari produk dalam negeri masih kalah dengan produk luar negeri terutama produk di bidang teknologi.

Itulah beberapa rahasia sukses orang jepang yang harus anda ketahui dan beberapa tips untuk bisa menjadi sukses seperti orang-orang yang berada di Jepang. Bagi anda seorang pembisnis, anda harus menerapkan sikap tersebut agar bisa lebih sukses selain itu seorang pembisnis juga harus rajin bangun pagi. Mulai dari sekarang cobalah untuk bangun pagi, dengan begitu anda pasti akan mengetahui Alasan Seorang Pebisnis Harus Rajin Bangun Pagi. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat dan terima kasih telah membaca tulisan kami.

Bagikan :

Description
: Rahasia Sukses Orang Jepang yang Harus Kita Ketahui
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Rahasia Sukses Orang Jepang yang Harus Kita Ketahui
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Januari 02, 2018