Setelah anda memilih untuk mengembangkan sebuah bisnis misalnya sebelumnya anda memutuskan untuk membuka Usaha Toko Bangunan. Mau tidak mau anda harus menjadikannya sebagai bentuk badan usaha dalam jangka panjang. Bentuk badan usaha merupakan suatu hal yang sangat penting untuk anda pilih jika nada berencana untuk mengembangkan suatu usaha. Dituntut dengan era globalisasi seperti sekarang ini, kemapanan dan kemantapan suatu bisnis akan lebih lengkap jika nama badan usaha tersemat di namanya. Banyak jenis badan usaha yang bisa anda pilih yakni badan usaha dalam bentuk CV, PT, Firma dan lainnya.


Sebelum menentukan badan usaha yang cocok untuk jenis usaha anda, anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai kelebihan, kekurangan dan perbedaaa dari jenis-jenis badan usaha yang akan anda pilih. Dalam kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai jenis badan usaha PT dan CV dengan membandingkan keduanya, untuk mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari keduanya.
Pengertian CV dan PT sebagai Badan Usaha untuk Mengembangkan Bisnis
Sebelum anda memilih mana yang lebih baik antara PT dan CV, terlebih dahulu anda harus mengetahui pengertian dari keduanya. Berikut penjelasan mengenai pengertian dari keduanya:
  • Pengertian PT (Perseroan Terbatas)
    Perseroan Terbatas atau biasa disebut dengan PT adalah suatu perusahaan atau persekutuan yang memiliki atau mengeluarkan saham dan surat sero sebagai modal bisnis. Pemilik modal akan diberikan saham atau memiliki bagian saham sebanyak saham yang dibeli sebagai investasi. Jika dalam perusahaan terjadi pergantian kepemilikan usaha, usaha bisnis tidak perlu dibubarkan karena modal dalam suatu perusahaan tersebut dapat diperjualbelikan.
  • Pengertian CV (Commanditaire Vennootschaap)
    CV adalah singkatan dari Commanditaire Vennootschaap atau biasa disebut dengan Perseroan Komanditer. CV merupakan sautu perusahaan persekutuan yang proses pendiriannya dilakukan oleh satu orang atau lebih yang mempercayakan modalnya kepada satu orang atau beberapa orang untuk menjalankan bisnisnya. Konsep mitra yang diusung oleh CV merupakan ciri khas yang dimilikinya.
Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan mengenai perbedaan PT dan CV di Dalam Dunia Bisnis dibawah ini.
Perbedaan PT dan CV dalam Dunia Bisnis
Walaupun keduanya dijadikan sebagai sarana dalam membangun bisnis dan usaha, akan tetapi anda harus mengetahui perbedaan dari keduanya sebelum anda memutuskan untuk menerapkan salah satu bentuk usaha bisnis tersebut. Saran kami adalah pilihlah bentuk badan usaha yang sekiranya tepat untuk mengembangkan bisnis anda. Dengan begitu, anda akan dapat menempatkan bisnis anda di jalur yang tepat sehingga dapat dikembangkan dengan baik dan profesional di masa depan.
Berikut beberapa perbedaan PT dan CV
  1. Nama Perusahaan
    Ketentuan yang sudah diatur dan ditentukan oleh Undang-undang atau UU PT Nomor 40 tahun 2007 adalah dilarang untuk membuat nama yang sama persis dengan yang sudah dimiliki oleh PT lainnya. sebaliknya, belum ada peraturan khusus yang mengatur tentang pemberian nama bagi CV. Hal ini mengakibatkan adanya banyak nama yang sama atau mirip antara CV yang satu dengan yang lainnya.
     
  2. Bentuk Badan Usaha
    Perseroan Terbatas adalah bentuk badan usaha yang berbadan hukum dan hal ini sudah diatur dalam Undang-undang. Hal ini menyebabkan kedudukan dari PT sama di mata hukum layaknya manusia yang dapat mengajukan proses hukum di depan pengadilan. Lain hanya dengan CV yang tidak berbadan hukum, jadi perbedaan dari keduanya adalah bentuk badan usaha telah berbadan hukum untuk PT sedangkan CV masih belum berbadan hukum.
     
  3. Modal Perusahaan
    Modal PT terdiri dari tiga  bentuk modal yakni modal disetor, modal dasar, dan modal yang ditempatkan. Modal didapatkan dari saham yang dikeluarkan oleh pemilik perusahaan yang berbentuk PT. Orang yang membeli saham adalah pemegang saham atau investor yang diatur oleh undang-undang atau peraturan yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan usaha. Undang-undang tersebut juga mengatur secara jelas tentang modal minimal yang harus disetorkan, klasifikasi saham, nominal saham, komposisi modal serta hak-hak yang ada pada saham.
     
    Sedangkan untuk badan usaha yang berbentuk CV, sumber modal didapatkan bukan dari pemegang atau kepemilikan saham dalam perusahaan. Proses penyetoran modal ditentukan dan dicatat oleh pendiri pada perjanjian yang disepakati oleh masing-masing pihak.
     
  4. Pendiri Perusahaan
    Dilihat dari segi pendirinya, perusahaan yang berbentuk PT telah diatur oleh UU PT yakni  sebagai berikut:
  • Minimal didirikan oleh dua orang atau lebih
  • Dapat didirikan oleh Warga Negara Indonesia (WNI) ataupun Warga Negara Asing (WNA) daam bentuk PMA atau Penanaman Modal Asing.
  • Pendiri harus memngambul bagian sahamnya setelah PT didirikan
  • Segala risiko yang mungkin terjadi tidak menjadi tanggung jawab dari pendiri melainkan adalah tanggung  jawab dari perusahaan.
Sedangkan untuk CV syarat pendiriannya sebagai berikut:
  • Dapat didirikan oleh minimal dua orang atau lebih
  • Pendiri harus merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Pendiri dapat dibagi menjadi dua kelompok yakni persero pasif dan persero aktif yang biasa disebut dengan dengan komanditer
  • Perbedaan dari keduanya adalah persero aktif adalah pimpinan perusahaan bertanggung jawab atas semua kegiatan bisnis beserta risiko yang mungkin terjadi. Sedangkan persero pasif hanya terbatas pada pemberian modal pada perusahaan
     
  1. Proses Pendirian Perusahaan
    Dilihat dari segi proses pendiriannya terdapat perbedaan mendasar antara keduanya. PT didirikan dengan adanya akta ontentuk yang dibuat oleh notaris, adapun prosedur yang harus dilakukan dalam mendirikan PT hampir sama dengan prosedur mendirikan perusahaan untuk mendapatkan persetujuan dan pengesahan menteri hukum dan HAM RI
     
    Sedangkan untuk prosedur pendirian CV lebih mudah karena tidak harus meminta persetujuan dan pengesahan dari menteri hukum dan HAM Republik Indonesia.
     
  2. Pengurus Perusahaan
    Dalam hal pengurus perusahaan, pengurus dari PT minimal adalah dua orang dengan jabatan sebagai dewan direksi dan komisaris. Jika lebih dari satu orang pengurus, makan salah satu akan diangkat sebagai direktur urama atau komisaris utama pada Perseroan Terbatas. Dalam hal ini, pengurus PT juga bisa menjadi pemegang saham dari perseroan yang dimilikinya. Jika akan dilakukan pemberhentian pengurus PT dan diangkatnya pengurus PT baru, hal ini harus berdasarkan pada Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang harus dilakukan oleh seluruh anggota PT.
     
    Sedangkan untuk CV, dalam hal kepengurusannya CV terdiri dari 2 rang yakni persero pasif dan persero aktif yang keduanya memiliki tangggung jawab masing-masing.
     
  3. Perubahan Anggaran Dasar Perusahaan
    Dalam perjalanan bisnis yang dijalani, pasti terdapat aktivitas dan kegiatan yang perlu untuk diklarifikasi atau diatur ulang dengan melakukan perubahan anggaran dasar perusahaan. Perubahan anggaran dasar perusahaan pada PT dilakuan oleh RUPS atau Rapat Umum Pemegang Sahan yang selanjutnya harus mendapatkan pengesahan dan persetujuan dari Menteri Hukum dan HAM RI.
     
    Sedangkan pada CV, jika terdapat perubahan mengenai anggaran dasar dari perusahaan makan tidak memerlukan adanya RUPS dan tidak harus mlewati proses persetujuan dan pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia
Itulah beberapa informasi mengenai perbedaan dari bentuk badan usaha PT dan CV. Mengenai pertanyaan manakah yang lebih layak untuk mengembangkan suatu bisnis, hal ini tergantung pada anda. jika anda telah mengetahui pengertian dan perbedaan dari keduanya anda bisa memilih bentuk badan usaha mana yang cocok bagi usaha bisnis yang anda jalankan pada saat ini. Dari  informasi yang sudah dijeaskan diatas, dapat anda jadikan pertimbangan dan referensi untuk memilih salah satu dari keduanya. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat, Terima kasih.

Bagikan :

Description
: PT Vs CV : Mana yang Cocok dan Layak Anda Pilih untuk Mengembangkan Bisnis?
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: PT Vs CV : Mana yang Cocok dan Layak Anda Pilih untuk Mengembangkan Bisnis?
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Januari 02, 2018