Bisnis kuliner sangat menjamur sampai saat ini. Usaha bisnis kuliner memang sangat menjanjikan dan memiliki prospek yang tinggi. Bisnis jenis ini biasanya di kerjakan di emperan rumah atau ruangan sederhana yang ramai dengan tetangga berjejer. Bisnis rumahan yang dapat anda geluti adalah bisnis warung makan. Warung makan adalah usaha bisnis kuliner yang menyediakan berbagai macam jenis makanan dan minuman bagi para pelanggannya. Julukan warung makan terdengar sangat sederhana dibandingkan dengan rumah makan ataupun restoran.




Perbedaan mendasar antara warung makan dan restoran dapat dilihat dari segi harga makanan dan tempat usahanya. Bicara warung tentang warung makan, pembahasan kali ini saya rasa cukup pasa untuk anda simak bagi anda yang sudah menggeluti usaha bisnis ini. Artikel kali ini akan membahas mengenai pertanyaan mengapa warung makan sepi pengunjung walaupun lokasinya berada di pinggir jalan yang ramai akan kendaraan yang lalu lalang.

Beberapa Faktor Penyebab Warung makan Sepi Pengunjung

Banyak orang yang beranggapan bahwa mendirikan usaha warung makan yang berada di dekat jalan raya akan laris manis. Anggapan mengenai hal tersebut memang tidak salah, namun terkadang bisnis warung makan mengalami sepi pengunjung. Hal ini disebabkan oleh beberapa alasan yang mungkin membuat warung makan anda sepi pengunjung.

Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi dan menyebabkan warung makan sepi pengunjung walaupun berada di tempat yang strategis. Berikut ini akan dibahas secara lengkap mengapa warung makan sepi pengunjung. Yuk, simak!

  1. Cita Rasa Makanan
    Hal terpenting yang harus anda perhatikan dalam berbisnis kuliner atau menjual makana adalah cita rasanya. Cita rasa menjadi penentu dan kunci sukses laris atau tidaknya suatu usaha atau bisnis kuliner yang sedang anda jalani.
     
    Jika anda merasa warung makan yang anda miliki sepi pengunjung, coba anda mencicipi lagi rasa dari makanan yang anda jual. Posisikan diri anda sebagai pembeli atau konsumen yang sedang membeli makan di warung makan anda sendiri. setelah anda mencicipinya, tariklah kesimpulan tentang cita rasa makanan yang anda buat. Segera benahi jika anda merasa terdapat kekurangan dari makanan yang anda buat, anda harus belajar lebih dalam lagi untuk mendapaykan cita rasa yang pas dan sesuai dengan keinginan konsumen.
     
  2. Harga Makanan
    Selain cita rasa, harga juga menentukan laris atau tidaknya usaha bisnis anda. Harga yang murah biasanya akan dijadikan sebagai prioritas. Jangan mematok harga yang terlalu mahal, karena bisnis warung makan memiliki persaingan yang sangat tinggi. memang tidak dapat dipungkiri jika anda menjual makanan dengan harga yang tinggi, akan membuat anda memiliki keuntungan yang besar dalam sekali jual. Namun, hal ini akan sia-sia jika pembelinya sedikit lebih baik murah namun warung makan tidak sepi pengunjung daripada mahal dengan keuntungan yang besar namun pembelinya dapat dihitung atau sepi.
     
    Pelanggan biasanya akan mencari warung makan dengan harga yang murah namun cita rasa tetap terjaga, dibandingkan dengan harga makanan yang mahal namun rasanya biasa aja.
     
  3. Pelayanan yang Kurang Memuaskan
    Salah satu penyebab mengapa warung makan sepi pengunjunga adalah pelayanan yang diberikan kurang memuaskan pelanggannya. Hal ini bisa saja terjadi misalnya membuat pelanggan menunggu pesanan terlalu lama, pelayanan yang kurang ramah, suasana warung makan tidak nyama, parkiran sempit dan sebagainya.
     
    Pelayanan yang ala kadarnya merupakan salah satu alasan yang sangat mendasar dan menjadi biang sepinya warung makan yang anda miliki. Biasanya pelanggan yang mendapatkan pelayanan yang kurang memuaskan akan merasa malas untuk berkunjung ke warung makan anda kembali. Kesan buruknya layanan akan selalu diingat oleh para pelanggan dan memilih untuk pindah ke tempat atau warung makanan lainnya.
     
    Jadi, untuk mengatasi masalah warung makan yang sepi pengunjung anda harus pintar-pintar mengambil hati para konsumen ataupun pelanggan yang berkujung ke warung makan anda misalnya berikan layanan dengan ramah dan jangan sok cuek atau berbicara dengan nada yang kasar. Anda harus menjunjung tinggi sopan santun dalam usaha bisnis warung makan ini.
     
    Pelanggan ataupun konsumen menjadi kuci penting dalam strategi promosi bisnis kuliner warung makan anda. Promosi yang paling kuat adalah melalui mulut ke mulut, tanpa diminta konsumen atau pelanggan akan menceritakan pengalaman makan di warung makan anda ke teman, saudara, ataupun rekan kerjanya. Jika anda mendapatkan nilai yang positif dari konsumen atau pelanggan, maka biasanya meraka akan mengajak teman atau rekan kerjanya untuk makan bersama di warung makan anda.
     
  4. Gunakan Papan Nama atau Brand yang Jelas
    Brand merupakan salah satu hal yang juga harus anda perhatikan, karena biasanya konusmen atau pelanggan akan mengingat warung makan anda dengan brand yang mudah diingat. Brand dapat anda jadikan sebagai papan nama di warung anda.
     
    Penyebab warung makan sepi pengunjung bisa diakibatkan oleh papan naman yang kurang jelas, penempatan papan nama juga harus anda perhatikan. Sebaiknya anda meletakkan papan nama dengan menggunakan banner yang diletakkan lebih kedepan dan dapat dilihat dari dua arah jalan agar lebih jelas. Anda bisa memasang banner dengan ukuran 300 meter sebelum sampai di warung makan anda, dengan begitu konsumen akan mengerti dan bersiap untuk menepi ke warung makan anda.
     
  5. Kebersihan yang Kurang Terjaga
    Faktor lainnya yang menjadi penyebab warung makan anda sepi pengunjung adalah mengenai kebersihan dari warung makan anda. tetaplah menjaga kebersihan dari warung makan anda. warung makan yang bersih akan membuat konsumen nyaman dan betah berlama-lama di warung makan anda. pastikan anda menjaga kebersihan, kerapihan, dan kenyaman warung makan yang anda miliki untuk menarik minat konsumen dan menjag loyalitas pelanggan.
     
    Kebersihan yang dimaksud dapat diterapkan dari berbagai macam aspek seperti kebersihan dari tempat usaha, karyawan hingga makanan yang disajikan.
     
  6. Kecilnya Lahan Parkir di Warung Makan
    Kecilnya lahan parkir yang ada di warung makan anda, juga bisa menjadi pemicu untuk membuat calon konsumen anda yang menggunakan mobil atau kendaraan besar lainnya menjadi malas untuk berhenti di warung makan yang anda miliki.
     
    Walaupun warung makan anda berada di pinggir jalan, namun jika warung makan memiliki lahan parkir yang sempit akan membuat calon konsumen anda berpikir dua kali untuk menepi dan berhenti. Alasannya sangat sederhana, sulitnya untuk memarkirkan kendaraan di lahan parkir yang sempit akan membuat konsumen memilih untuk memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan.
     
    Jika konsumen banyak yang memarkirkan kendaraannya di pinggir jalan, hal ini dapat membahyakan pengendara lain sehingga hal inilah yang dipikirkan kembali oleh para calon konsumen sebelum memutuskan untuk makan di warung makan anda.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab warung makan sepi pengunjung yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat anda memikirkan kembali kelanjutan dari perkembangan warung makan anda. artikel ini dapat dijadikan referensi untuk memulai bisnis warung makan ataupun memperbaiki kekurangan yang ada diwarung makan anda. Satu hal yang harus anda ingat adalah untuk bisa sukses dalam berbisnis dan berwirausaha khususnya berbisnis kuliner anda harus dapat memberikan yang terbaik untuk pelanggan anda jika ingin sukses usaha bisnis di bidang kuliner. Terima Kasih.

 

Bagikan :

Description
: 5 Penyebab Warung Makan Sepi Pengunjung yang Harus Anda Ketahui
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: 5 Penyebab Warung Makan Sepi Pengunjung yang Harus Anda Ketahui