Kabar penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) memang telah beredar luas di kalangan masyarakat Indonesia, dimana informasi ini telah disampaikan langsung oleh Asman Abrur selaku menteri dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Penyelenggaraan seleksi CPNS pada tahun 2018 ini akan dibuka setelah proses seleksi CPNS gelombang 2 pada tahun 2017 sudah selesai. Seperti kabar yang telah beredar, penerimaan CPNS kali ini akan dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga daerah kabupaten dan kota setanah air dengan jumlah formasi lebih dari 100 ribu orang.

 


Kabar pelaksanaan penerimaan seleksi CPNS 2018 telah beredar akan berlangsung pada awal tahun, yaitu sekitar bulan Februari – Maret. Asman abrur mengatakan bahwa dibukanya lowongan CPNS kali ini formasi tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun. Sesuai dengan kebutuhan tenaga pegawai PNS pada lingkungan pemerintahan provinsi Jawa Timur, pemerintah provinsi jawa timur memastikan bahwa lowongan CPNS akan dibuka pada tahun 2018 ini.

 

Provinsi Jawa Timur


Jawa Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang ada di sebelah timur Pulau Jawa. Ibukota provinsi ini yaitu Kota Surabaya. Luas wilayah provinsi ini sekitar 47.922 km2. Jumlah penduduknya pada tahun 2010 sebanyak 37.476.757 jiwa. Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi terluas dibandingkan dengan 6 provinsi lain yang ada di Pulau Jawa. Provinsi Jawa Timur juga menyandang predikat sebagai provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia.

  

Provinsi Jawa Timur bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa, bagian timur berbatasan langsung dengan Selat Bali, bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, sedangkan bagian barat provinsi Jawa Timur berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah.

 

Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean, Pulau Sempu, dan Nusa Barung di Samudera Hindia serta pulau kecil yang ada di laut Jawa termasuk dalam Provinsi Jawa Timur. Perekonomian di Jawa Timur tergolong cukup tinggi dengan tinggi sekitar 14.58%. Hal itu juga yang mengakibatkan perekonomian Jawa Timur ikut berkontribusi pada Produk Domestik Bruto Nasional (PDBN).

 

Penduduk Jawa Timur mayoritas ber-suku Jawa dan menyebar hampir diseluruh bagian di Jawa Timur. Selain itu, suku Madura juga mendominasi Jawa Timur yang berada di daerah Tapal Kuda yang mayoritas wilayahnya berada di wilayah pesisir utara dan selatan.

 

Kebutuhan CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur


Penerimaan CPNS pada Provinsi Jawa Timur akan digelar dikarenakan saat ini di sejumlah pos dan bidang kerja sangat didesak untuk diisi tenaga terampil baru. Sekretaris Daerah Provinsi Ahmad Sukardi mengatakan bahwa kebutuhan di era saat ini menuntut tenaga kerja yang bisa diandalkan. Sukardi berkata, “Kami membutuhkan banyak tenaga di bidang IT dan akuntansi keuangan”.

 

Hingga di awal tahun 2018 ini, Pemerintah provinsi Jawa Timur masih terikat moratorium rekrutmen CPNS di lingkungan kantor pemerintah dikarenakan beberapa tahun belakangan ini tidak ada lowongan seleksi CPNS untuk lingkungan Pemerintah Daerah. Sekdaprov Jawa Timur telah mendapat kepastian bahwa beberapa bulan kedepan Jawa Timur berhak menyelenggarakan rekrutmen CPNS.

 

Sekarang ini Pemerintah provinsi Jawa Timur masih terus berkoordinasi dengan Kementerian PANRB. Telah disampaikan bahwa sekitar 10 ribu lebih tenaga CPNS dibutuhkan di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Total PNS di kantor Pemerintah provinsi Jawa Timur saat ini sekitar 19 ribu lebih tenaga PNS. Dengan jumlah kantor yang membawahi 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, idealnya jumlah PNS yang harus ada sekitar 30 ribu tenaga PNS. Itupun belum termasuk jumlah guru PNS yang saat ini jumlahnya sebanyak 35 ribu guru PNS.

 

Tahun 2018 ini, kebutuhan guru sangat diperlukan. Hal ini Sukardi menuturkan “Setiap tahun ada paling sedikit 60 PNS yang pensiun. Mereka harus diisi kembali tenaga yang lebih terampil dan fress. Selain tuntutan era dan kebutuhan”.

 

Pemerintah provinsi Jawa Timur sudah mengajukan formasi dan kebutuhan PNS untuk tahun 2018. Selain tenaga IT dan akuntansi keuangan, tenaga medis, dokter, dan tenaga di bidang lain juga akan dibuka formasi pada seleksi CPNS 2018. Sukardi mengatakan “Kebutuhan ideal PNS baru dari semua bidang di kami adalah 5 ribu. Tentu tak bisa kebutuhan ini dipenuhi sekaligus. Pasti bertahap”. Sekdaprov Jawa Timur memprediksi bahwa pada tahun 2018 ini Jawa Timur akan mendapat formasi CPNS sekitar 300 Formasi CPNS 2018. Tentu akan bertambah formasinya di tahun – tahun berikutnya.

 

CPNS 2018 Pemerintah Provinsi Jawa Timur


Bagi Anda yang ingin mendaftar di seleksi CPNS 2018, persyaratan untuk melamar tidak jauh berbeda dengan persyaratan kerja pada umumnya. Persyaratan yang harus dipenuhi yaitu terdiri atas persyaratan umum dan persyaratan khusus. Untuk persyaratan umum, persyaratan yang diminta hampir sama dengan persyaratan pada umumnya, seperti KTP dan ijazah. Sedangkan untuk persyaratan khusus, persyaratan khusus yang harus dipenuhi, seperti jenis kelamin, minimal pendidikan, jurusan, dan syarat minimal lama kerja di suatu instansi dan lain sebagainya. Syarat khusus harus sesuai dengan surat edaran mengenai pembukaan rekrutmen CPNS 2018 Provisi pemerintahan CPNS 2018 Jawa Timur.

 

Persyaratan CPNS 2018 Pemerintah Provinsi Jawa Timur


Untuk persyaratan CPNS 2018 di Pemerintah provinsi Jawa Timur, Anda dapat mengetahuinya dengan mengunjungi situs resmi kementerian yang dituju. Secara umum persyaratan CPNS 2018 terdiri atas:

  • Pas photo ukuran 4 x 6 cm
  • Fotocopy ijazah pendidikan terakhir berlegalisir
  • Transkrip nilai

Untuk persyaratan CPNS 2018 Anda dapat melihatnya sendiri dengan mengunjungi website resmi kementerian yang dituju dan website resmi akan diumumkan pada saat pengumuman pendaftaran CPNS sudah diresmikan dan dipublikasikan.

 

Pendaftaran CPNS 2018 Pemerintah Provinsi Jawa Timur


Tata cara pendaftaran CPNS secara umum sama dengan tata cara pendaftaran CPNS di tahun – tahun sebelumnya. Untuk melakukan proses pendaftaran CPNS 2018 di Pemerintah provinsi Jawa Timur, Anda dapat melihatnya di website resmi di masing – masing daerah dan kabupaten yang ada di Jawa Timur.

 

Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengunjungi website resmi masing – masing instansi atau kementerian di Pemprov Jawa Timur. Setiap instansi biasanya akan memiliki situs resmi yang dapat diakses untuk melakukan pendaftaran CPNS 2018. Selain itu, pendaftaran juga dapat dilakukan secara offline dengan cara mengirimkan berkas – berkas persyaratan ke pihak panitia yang bertugas menyeleksi berkas – berkas tersebut.

 

Langkah – langkah mengikuti CPNS 2018 di Pemerintah Provinsi Jawa Timur


Berikut ini merupakan langkah – langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengikuti seleksi CPNS 2018 di Pemprov Jawa Timur.

  1. Persyaratan
    Seorang calon PNS harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan untuk mengikuti tes seleksi CPNS 2018. Persyaratan bersifat umum dan khusus sudah dijelaskan diatas.
  2. Pendaftaran
    Pendaftaran CPNS 2018 dapat dilakukan secara online maupun offline seperti yang sudah dijelaskan diatas.
  3. Pendaftaran ulang
    Jika Anda lolos seleksi tahap pertama yaitu tahap seleksi administrasi, Anda akan melakukan proses pendaftaran ulang dengan menyiapkan dan mengirimkan berkas administrasi serta ijazah lengkap berlegalisir dari Sekolah Dasar hingga pendidikan terakhir.
  4. Ujian Kompetensi
    Setelah mendapatkan nomor dan kartu ujian, Anda akan melakukan ujian kompetensi. Ujian ini terdiri Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakterisik Pribadi (TKP), dan Tes Kompetensi Bidang.
  5. Tes wawancara
    Setelah lolos tahap ujian kompetensi, Anda akan melakukan tes wawancara. Tes ini meliputi pertanyaan mengenai diri Anda dan pendapat Anda mengenai isu yang sedang terjadi.
  6. Tes kesehatan
    Tes ini biasanya dilakukan di rumah sakit milik pemerintah. Tes kesehatan yang dilakukan seperti pengukuran tinggi badan, berat badan, penglihatan, pendengaran, dan tes lainnya.
  7. Diklat pra jabatan
    Tahap terakhir pada seleksi CPNS 2018, ialah diklat pra jabatan. Anda akan di diklat selama 1 bulan kemudian akan ada uji kompetensi lagi. Jika Anda lolos pada uji kompetensi ini, Anda akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) bahwa Anda telah diangkat menjadi seorang PNS 100%. Setelah diangkat menjadi PNS, anda akan melakukan beberapa tahapan. Simak panduan lengkap diterima CPNS 2018.

Semoga informasi bermanfaat untuk Anda yang sedang mempersiapkan diri mengikuti tes seleksi CPNS 2018 di Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan simak jadwal dan persyaratan CPNS 2018 Jawa Timur. Semoga sukses!

Bagikan :

Description
: Pemprov Jatim Buka Lowongan 300 Formasi CPNS 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Pemprov Jatim Buka Lowongan 300 Formasi CPNS 2018
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Januari 17, 2018