Anda ingin membuka usaha bisnis namun masih bingung ingin berbisnis apa? Jangan khawatir kami akan memberikan solusi bagi mengenai beberapa peluang usaha yang mungkin anda bisa jalankan dengan modal kecil namun berpotensi  untuk untung besar. Setelah sebelumnya kami membahas mengenai PeluangUsaha Sablon, dana pa saja yang harus disiapkan, kali ini kami akan menjelasakan mengenai Peluang Usaha Studio Musik dengan Modal kecil Untung besar yang bisa anda jalankan sebagai suatu bisnis.



Studio Musik Sebagai Peluang Usaha Omzet BesarS

Studio musik adalah tempat yang biasa digunakan oleh sekelompok atau seorang pemain musik atau band sebagai tempat latihan. Biasanya yang sering menyewa tempat ini adalah band pemula yang masih harus belajar dan terus belajar. Hal ini karena band pemula biasanya tidak memiliki studio musik sendiri, band terkenal biasanya memiliki studio musik sendiri. Banyaknya band yang masih pemula dibandingkan dengan band yang sudah memiliki nama besar dan terkenal dapat anda jadikan sebagai peluang usaha rumahan yang cepat balik modal dengan hitungan tahun pertama. Usaha studio musik ini sangat cocok untuk dijalankan bagi anda  baik yang berada di kota maupun di desa karena suatu band dapat terbentuk dimana saja tidak pandang lokasi.

Beberapa Hal Mengenai Cara Membuka Peluang Usaha Musik Studio

Musik merupakan suatu hiburan bagi banyak orang. Hampir semua orang meyukai musik mulai dari anak-anak hingga orang tua. Berbagai jenis musik juga sangat banyak mulai dari musik bergenre jazz, pop, dangdut, religi, rock, dan sebagainya. Pada saat ini juga banyak bermunculan band-band pemula atau band baru yang berharap untuk terkenal ataupun yang hanya sekedar hobi saja. Melihat kondisi yang demikian, tentunya dapat anda jadikan sebagai peluang yang besar untuk membuka studio musik. Bagaimana cara membuka studio musik? Berikut ulasan dan penjelasan selengkapnya. Yuk, simak.

  1. Perhatikan Lokasi Studio Musik
    Hal pertama yang mengenai cara membuka peluang usaa musik studio dengan modal kecil untung besar adalah dengan memperhatikan lokasi studio musik. Jadi, untuk membuka usaha studio musik anda biasa memulainya dengan memanfaatkan sebagian ke cil ruangan yang berada di rumah anda. Anda hanya memerlukan ruangan yang memiliki ukuran sekitar 5 x 3 meter untk memulai usaha studio musik.
     
    Dengan menyisihkan sedikit ruangan dirumah anda, anda tidak perlu menyewa tempat yang dengan biaya yang mahal. Dnegan bigini, anda sudah bisa mengehemat modal yang anda gunakan untukmembuka usaha studio musik ini.
     
    Hal terpenting yang harus anda perhatikan untuk lokasi studio musik, pastikan lokasi studio musik anda berada di lokasi yang strategis misalnya lokasi studio musik yang berada di dekat sekolahan ataupun berada di dekat universitas.  Selain lokasi yang strategis, anda juga harus memperhatikan fasilitas yang dapat meningkatkan kepuasan dan kenyamanan para konsumen yang berkunjung ke studio musik anda, misalnya ruang tunggu yang nyaman, tempat parkir yag cukup dan fasilitas pendukung lainnya yang sekiranya dapat memberikan kenyamanan bagi konsumen ataupun pelanggan anda.
     
  2. Spesifikasi Perlengkapan Alat Musik untuk Studio Musik Anda
    Hal terpenting lainnya yang harus anda perhatikan adalah spesifikasi dari alat musik yang akan anda gunakan untuk membangun dan mewujudkan peluang usaha studio musik anda. pastikan anda memilih alat musik yang anda butuhkan dengan spesifikasi yang baik dan tidak cepat rusak. Terdapat tiga pilihan yang dapat anda pilih untuk membeli alat musik untuk studio musik anda yakni alat musik lokal atau biasa, alat musik yang memiliki lisensi atau alat musik yang asli (original).
     
    Saran kami, sebaiknya anda berhati-hati dalam memilih alat musik yang akan anda gunakan untuk studio musik anda. jangan terburu-buru untuk membeli alat musik dan sesuaikan terlebih dahulu dengan budget yang anda miliki.
     
    Untuk membeli alat musik dengan spesifikasi biasa atau lokal, anda memerlukan budget sekitar Rp. 30 jutaan. Sedangkan untuk alat musik yang memiliki lisensi anda harus menyediakan dana sekitar Rp. 50 Jutaan. Bagaimana dengan alat musik yang original? Nah, untuk membeli peralatan musik yang asli dan original dibutuhkn modal yang cukup besar yakni sekitar Rp. 100 jutaan. Namun, anda harus benar-benar memperhatikan keaslian dari alat musik tersebut.
     
    Setelah anda mengetahui modal atau dana yang mungkin anda butuhkan untuk membeli alat musik, sekarang saatnya anda memutuskan pilihan anda dan menyesuaikannya dengan kemampuan modal atau dana yang anda miliki.
     
  3. Target pasar Usaha Studio Musik Anda
    Setelah anda mengetahui budget mengenai modal atau dana yang harus anda siapkan berdasarkan dengan kemampuan anda. Hal selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan riset mengenai target dari konsumen studio musik yang anda bangun.
     
    Untuk meriset pasar konsumes studio musik anda harus memperhatikan dan melihat ingkungan yang berada disekitar anda. Buatlah analisa kira-kira siapa yang akan menggunakan studio musik milik anda. Jika di lingkungan atau sekitar daerah studio musik anda yang akan menyewa adalah band-band yang masih amatiran atau band pemula yang masih sedang belajar musik. Sebaiknya anda menggunakan alat musik dengan spesifikasi lokal atau biasa. Anda hanya perlu mengeluarkan modal sekitar Rp. 30 Jutaan.
     
    Namun, jika band-band yang berada di daerah lokasi studio musik anda adalah band yang sudah mahir dan memiliki nama dimata masyarakat sebaiknya anda menggunakan alat musik dengan spesifikasi alat musik yang berlisensi hingga original.
     
  4. Pengaturan Ruangan Studio Musik
    Setelah anda menemukan lokasi yang strategis, selanjutnya adalah pengaturan ruangan studio musik. Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengatur ruangan studio musik yang adnda miliki adalah sebagai berikut:

  • Atur Ruangan Agar Nyaman
    Hal ini merupakan salah satu bagian yang sangat penting karena berkaitan dengan kenyamanan yang akan dirasakan oleh konsumen anda. Kenyamanan merupakan suatu hal yang harus anda perhatikan agar konsumen dapat menjadi pelanggan studio musik anda. cukup banyak yang bisa anda lakukan untuk memberikan kenyamanan bagi konsumen anda, misalnya dengan melakukan desain ruangan yang membuat nyaman.
     
  • Desain Studio Musik dengan Bentuk Memanjang
    Rekomendasi dari kami untuk desain ruangan studio musik anda, sebaiknya nada membuat ruangan studio musik dalam bentuk memanjang. Hindari studio musik yang memiliki ruangan persegi ataupun kubus. Anda bisa membuat ruangan dengan ukuran panjang 6 meter lebar sekitar 4 meter dengna tinggi kira-kira 3 meter.
     
  • Hindari Ruangan yang Berbentuk Persegi atau Kubus
    Mengapa tidak kami rekomendasikan ruangan dengan bentuk persegi atau kubus? Hal ini karena bentuk ruangan yang memiliki ukuran panjang, tinggi, dan lebar yang sama aka membuat suara yang dihasilkan kurang sempurna.
     
  • Memasang Alat Pengedap Suara
    Selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah dengna mempersiapkan perlengkapan yakni pengedap suara agar suara yang dihasilkan tidak sampai keluar ruangan dan tidak mengganggu masyarakat sekitar studio musik yang anda miliki.
     
  • Gunakan Bass Trap
    Selain memasang alat pengedap suara, jangan lupa untuk memasang bass trap disetiap sudut ruangan studio musik anda. anda bisa menggunakan bass trap dengan ukuran sekitar 120 x 80 cm untuk permodul dan juga isi grid fiberglass disetiap modulnya.
     
  • Jangan Lupa Memasang Diffusor
    Selain alat pengedap suara dan bass trap, diffusor atau alat pemecah suara juga diperlukan. Lakukan pemasangan diffusor di semua permukaan tembok studio, jangan memasang diffusor saling berhadapan secara langsung di 2 permukaan.
     

  1. Sistem Manajemen Studio Musik
    Saat anda menjalankan suatu bisnis pasti anda memerlukan sistem manajemen yang baik, termasuk juga saat menjalankan usaha studio musik ini. Anda harus sangat memperhatikan sistem manajemennya, khususnya sistem manajemen keuangannya karena merupakan bagian yang paling vital dalam suatu bisnis.
     
    Manajemen keuangan ini biasanya bersangkutang dengan biaya yang anda keluarkan dan pendapatan yang anda dapatkan. Jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang ungkapan tersebut merupakan prinsip yang berlaku dalam suatu bisnis. Biaya-biaya untuk pembiayaan studio musik misalnya biaya perawatan alat musik dan biaya opersional seperti biaya air, listrik, dan lainnya.
     
  2. Promosikan Bisnis Studio Musik Anda
    Dalam memulai suatu bisnis, promosi merupakan suatu hal yang sangat penting dan wajib anda lakukan untuk membuat brand studio musik yang anda miliki menjadi terkenal dan keuntungan pun menjadi meningkat. Anda bisa melakukan promosi baik secara online maupun offline.
     
    Misalnya jika anda menggunakan media offline anda bisa memasang banner di pinggir jalan, menyebar brosur dan sebagainya. Didukung dengan teknologi dan kekuatan media sosial, anda juga bisa melakukan promosi secara online misal dengan memasang iklan di facebook ataupun ads words. Selain itu anda bisa menggunakan media sosial seperti intagram, twitter, facebok, dan sebagainya.
     
    Dalam mempromosikan studio musik anda, kami sarankan untuk anda membuat promo-promo yang menarik pelanggan. Dan yang terpenting adalah tawarkan produk jasa yang berkualitas dan pelayanan yang ramah.

Demikian informasi mengenai Peluang Usaha Studio Musik dengan Modal Kecil Untung Besar yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

Bagikan :

Description
: Peluang Usaha Studio Musik dengan Modal Kecil Untung Besar
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Peluang Usaha Studio Musik dengan Modal Kecil Untung Besar