Usaha Pertamini merupakan peluangusaha rumahan yang lagi booming dibeberapa tahun terakhir ini. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan usaha bisnis yang satu ini, usaha bisnis ini sangat gampang untuk dijumpai di berbagai sudut kota atau daerah yang ada di pinggir jalan raya baik di kota ataupun desa. Seiring degan banyaknya jumlah kendaraan bermotor yang ada di Indonesia, peluang usaha yang satu ini menjanjikan keuntungan yang lumayan besar.



Jika kita melihat di beberapa tahun yang lalu, usaha jualan bensin secara eceran biasanya menggunakan direjen, botol atau takaran plastik. Pada saat ini dengan ditemukannya pompa bensin yang praktis dan fleksibel membuat kios bensin kaki lima berubah haluan menjadi usaha pom mini atau biasa disebut dengan pertamini yang unik dan legal.

Keuntungan Bisnis Pertamini Portable atau Digital Secara Legal

Adapun beberapa keuntungan yang dapat kami simpulkan dengan adanya pertamini portable ini adalah sebagai berikut:

  1. Praktis
    Bagi anda yang ingin membeli bensin secara eceran anda tidak perlu repot membawa derijen
  2. Cepat
    Pengisian dapat dilakukan dengan cepat atau dilakukan dalam waktu singkat baik pengisian solar ataupun bensin.
  3. Tepat dan Dapat Dipercaya
    Takaran dari bensin dapat dilihat sendiri oleh konsumen sehingga akan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap usaha pertamini yang anda buka dibandingkan dengan bisnis jualan bensi eceran yang dilakukan secara tradisional dengan menggunakan botol ataupun derijen.
  4. Target Pasar Luas
    Sasaran atau target sangat luas yakni semua orang yang menggunakan kendaraan bermotor
  5. Produk Tidak Ada Matinya
    Bisnis ini merupakan bisnis yang selalu menguntungkan karena produknya tidak akan basi.
  6. Keuntungan Lebih Tinggi
    Keuntungan yang didapatkan dari bisnis usaha pertamini lebih tinggi dibandingkan dengan keuntungan dari bensin yang dijual secara eceran.
  7. Omzet 3x Lipat
    Omzet yang didapatkan dari jualan bensin secara tradisional sekitar Rp. 1 juta tiap bulannya, sedangkan omzet yang mungkin anda dapatkan saat mendirikan pertamini adalah tiga kali lipat yakni sekitar Rp. 3 juta tiap bulannya sehingga pada saat ini banyak penjual bensin ecer yang beralih menggunakan teknologi pertamini ini.
  8. BBM yang Paling Dicari
    Bensin merupakan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang banyak dicari-cari oleh orang terutama pengguna motor dan lain sebagainya.

Prospek Usaha Pertamini Ala Petamina

Peluang usaha pertamini dalam menjual bensin ala pertamina sangat menjanjikan. Hal ini karena banyaknya masyarakat yang memiliki sepeda motor dan mobil pada saat ini, berbeda dengan dulu yang sangat jarang dimiliki oleh setiap orang. baik diperkotaan ataupun dipedesaan hampir semua orang memiliki kendaraan bermotor seperti mobil ataupun motor, bahkan lebih dari satu orang yang memilikinya.

Berdasarkan data yang diberikan oleh pihak astra yang merupakan produsen kendaraan bermotor, mereka menyatakan bahwa setiap tahun penjualan sepeda motor dan mobil meningkat dengan tajam. Kenaikan ini didominasi oleh jenis kendaraan sepeda motor sebesar 75%, sisanya adalah kenaikan dari penjualan mobil. Jika di rata-rata kenaikan jumlah pembelian sepeda motor oleh masyarakat Indonesia adalah sebesar 6 juta unit setiap tahunnya.

Jadi dari pernyataan tersebut, peluang atau prospek usaha pertamini merupakan suatu usaha bisnis yang menjanjikan, ditambah lagi dengan keuntungan yang didapatkan yang sudah dijelaskan diatas. Usaha bisnis ini akan selalu ada dan menguntungkan selama banyak orang yang menggunakan kendaraan bermotor untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Karena sebagus apapun kendaraannya, tidak akan berguna jika tidak ada bahan bakarnya seperti bensin.

Cara Membuka Peluang Usaha Pertamini Portable

Untuk membuka usaha pertamini ini, anda membutuhkan persiapan yang matang. Misalnya seperti modal usaha mesin pertamini portable atau digital yang akan digunakan untuk melakukan pengisian bensin secara otomatis dan cepat serta takarannya yang pas. Berikut beberapa cara membuka usaha pertamini portable:

  1. Modal Usaha Pertamini
    Hal petama yang harus anda lakukan adalah melakukan pembelian mesin pertamini sebagai modal usaha investasi. Terdapt dua jenis mesin pertamini yang dapat anda beli yakni mesin yang memiliki sistem manual dan sistem digital. Harga dari pom mini biasa atau manual biasanya dijual dengan harga Rp. 6 juta per unitnya dengan kapasitas penampunagn bahan baka minyak sebanyak 210 liter.
     
    Sedangkan untuk mesin pertamini digital atau portable dibanderol dengan harga sekitar Rp. 14 juta tiap unitnya. Kelebihan yang dimiliki oleh mesin ini adalah sebagai berikut:

  • Secara otomatis dapat memompa sendiri,
  • Takarannya sangat akurat karena adanya sensor yang dipasang pada mesin
  • Bisa menghitung penghasian dari usaha pertamini ini secara otomatis
  • Diengkapi dengan sistem security atau keamanan yang modern dengan kode pengaman dalam bnetuk pin.

  1. Surat Izin Usaha Pertamini
    Setelah anda memiliki peralatan dan perlengkapan dari pom bensin pertamini, sebenarnya anda sudah dapat membuka dan menjalani usaha tersebut. Namun, sebelum menjalankan usaha tersebut akan lebih baik jika anda mengurusi Surat Izin Usaha Pertamini untuk menjaga keamanan dan menjaga keberlangsunagn dari bisnis pertamini yang anda buka.
    Surat izin Usaha ini dibuat agar bisnis berjalan lancar dan legal, anda bisa mendapatkannya di Dinas Perindustrian setempat.
     
    Selain itu, surat izin usaha juga berguna agar pihak SPBU dapat memberikan sebanyak apapun pasokan bahan bakar yang anda butuhkan. Dengan begitu, bisnis anda akan menjadi lancar karena hal tersebut dapat menunjang keberhasilan dari usaha anda untuk kedepannya.
     
    Prosedur Pembuatan Surat Izin Usaha adalah sebagai berikut:

  • Meminta surat keterang ijin usaha pertamini kepada pihak RT/RW tempat anda akan membuka usaha
  • Lalu dilanjutkan dengan permintaan ijin kepada kecamatan sebagai pemerintahan desa
  • Meminta persetujuan dari pihak kepolisian dengan mendatangi kantos kepolisian setempat.
  • Sampaikan surat ijin usaha pertamini tersebut kepada pihak SPBU, nantinya anda akan diberikan selebaran formulir yang harus anda isi.
  • Setelah anda mengisi formulir yang diberikan, selanjutnya adalah mendatangi kantor Dinas Peindustrian setempat dan menyerahkan surat-surat yang sudah didapatkan.

Kiat Sukses Membuaka Bisnis Pertamini Portable

Beberapa hal yang harus anda perhatikan pada saat ingin membuka usaha pertamini adalah sebagai berikut:

  1. Lokasi Usaha Pertamini
    Pastikan lokasi usaha pertamini anda berada jauh dari SPBU. Hal ini dilakukan agar anda tidak bersaing harga dengan SPBU yang berada disekitar anda. pengendara motor atau mobil pasti akan lebih memilih mengisinya di SPBU karena harganya yang lebih murah. Untuk itu, bukalah usaha pom mini atau pertamini yang anda bangun jauh dari lokasi SPBU yang resmi. Selain itu, pastikan loasi anda berada di tempat yang banyak dilalui oleh kendaraan bermotor misalnya diperempatan atau pertigaan.
     
  2. Harga Bensin Tiap Liter
    Dari beberapa kasus yang kami dapatkan dilapangan, pemilik dari pom mini atau pertamini menetapkan harga bensin yang sangat tinggi dan berbeda dengan harga pesaingya. Konsumen yang cerdas akan membeli bensi dari pertamini yang harganya jauh lebih murah atau kepada pesaing anda lainnya. Pastikan usaha pertamini anda sesuai dengan harga yang berlaku dipasaran atau lebih rendah dari pesaing.
     
  3. Berikan Pelayanan Terbaik
    Hal yang paling penting lainnya yang harus anda perhatikan adalah dalam hal pemberian layanan. Sebisa mungkin berikan layanan terbaik bagi konsumen yang anda miliki. Misalnya dengan sikap yang ramah, sopan, murah senyum, supel dan lain sebagainya.
     
  4. Target Pasar
    Target pasar dari pertamini adalah kendaraan bermotor, jadi anda harus pastikan lokasi tempat anda berjualan dilalui oleh banyak kendaraan bermotor.

Itulah beberapa informasi mengenai peluang usaha pertamini, jualan bensin eceran ala pertamini. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Bagikan :

Description
: Peluang Usaha Pertamini, Jualan Bensin Eceran Ala Pertamina
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Peluang Usaha Pertamini, Jualan Bensin Eceran Ala Pertamina