Apakah Anda tahu bahwa ponsel android yang Anda miliki bisa menghasilkan uang? Ya benar. Saat ini kebanyakan orang telah memiliki yang namanya “ponsel android”. Ponsel android yang biasanya digunakan untuk alat komunikasi teman dan keluarga, berselfie ria, bermain media sosial, ataupun bermain game, saat ini ponsel android dapat digunakan media untuk mencari uang. Hanya dengan bermodal ponsel android dan kuota internet, Anda dapat memulai bisnis yang bernama “Bisnis Online”. Simaklah artikel berikut ini yang akan membahas mengenai peluang bisnis online mudah melalui ponsel android.


 

Apa itu bisnis online?

Bisnis online merupakan suatu bisnis yang semua kegiatannya dilakukan melalui internet (secara online).
Seorang pengusaha yang sebagian aktivitas maupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, maka bisa dikatakan bahwa pengusaha tersebut menjalankan bisnis online.
 
Semua orang dapat melakukan bisnis online. Bisnis ini bisa dilakukan siapa saja dan bisa dikerjakan siapa saja. Anda pun juga bisa melakukan bisnis online ini tanpa harus memandang latar belakang pendidikan. Hal terpenting untuk menunjang bisnis online ialah niat, kemauan, dan kesabaran tinggi untuk menjalaninya. Sebenarnya semua aktivitas bisnis online sama halnya seperti saat melakukan transaksi jual beli secara tradisional, tetapi tempat bisnis berada di internet, jadi juga harus memutuskan mau dibuat seperti apa tampilan website bisnis online Anda ke depannya.
 

Jenis bisnis online

Kegiatan bisnis online bisa diwujudkan dalam berbagai jenis wujud tampilan di internet. Antara lain seperti:
  • Akun media sosial
  • Website
  • Toko online (marketplace)
  • Blog
 

Manfaat bisnis online

Peluang bisnis online memanglah menggiurkan. Berikut merupakan manfaat yang akan Anda dapat jika berbisnis online.
  • Hemat biaya sewa tempat
  • Hemat biaya karyawan
  • Fleksibel, bisa banyak macam dan pilihan produk
  • Mudah diakses melalui internet, kapan saja dan dimana saja.
 

Tantangan bisnis online

Berikut merupakan tantangan yang harus Anda hadapi jika berbisnis online.
  • Kemampuan teknis mengenai media sosial, website, dan internet.
  • Pengeluaran untuk biaya ponsel android dan kuota internet.
  • Resiko terkena penipuan online.
 

Bisnis online melalui ponsel android

Siapa yang tak mengenal ponsel android? Hampir semua orang mempunyai benda ini. Siapa yang tak ingin mendapatkan uang? Semua menginginkanya. Siapa yang tak ingin ponsel androidnya menghasilkan uang? Semua menginginkannya. Bisnis online melalui ponsel androidlah solusinya. Peluang bisnis online melalui ponsel android bagaikan cendawan di musim hujan. Bisnis yang bisa dilakukan semua kalangan ini mulai dari pemula hingga yang ahli di dunia maya, tidak membutuhkan modal besar dan bahkan untung yang didapatkan pun sangat menjanjikan. Bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, bisnis ini bisa digunakan sebagai bisnis sampingan.
 
Kebanyakan orang menggunakan ponsel android hanya untuk bersuka – suka ria dalam dunia maya, dan untuk bisnis online mereka masih belum paham cara menggunakan ponsel androidnya. Bagi Anda yang masih bingung bagaimana mau memulai bisnis online melalui ponsel android yang seperti, berikut solusi – solusi yang dapat Anda gunakan.
 

Berjualan produk online

Bisnis online yang satu ini merupakan kegiatan bisnis yang mudah digunakan dan paling banyak digeluti orang. Anda dapat berjualan produk seperti tas online, baju online pakaian syar’i, kosmetik secara online. Promosi dapat dilakukan dengan gencar melalui ponsel android yang Anda miliki. Anda dapat menjual produk Anda di website/blog, forum jual beli grup (facebook dan google+), marketplace (Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan Olx), dan media sosial (Instagram, Twitter, WhatsApp, Line, dan lainnya). Bisnis online yang seperti ini cocok untuk Anda jika:
  • Sudah memiliki produk jualan sendiri.
  • Sudah memiliki bisnis secara offline.
  • Sudah memiliki modal sedikit atau bahkan tidak memiliki modal.
  • Memiliki keinginan untuk mempunyai penghasilan secara langsung.
  • Memiliki keinginan untuk mengatur keuangan sendiri.
                             

Membuat website atau blog

Langkah pertama bagi pemula untuk memulai bisnis online ialah belajar membuat blog dan mengisi konten website atau blog dengan informasi – informasi bermanfaat bagi pengguna internet. Dari hasil membuat dan mengelola website atau blog, Anda juga dapat menghasilkan pundi – pundi uang jutaan rupiah. Berikut cara mendapatkan uang dari membuat website atau blog.
  1. Membuat website atau blog
  2. Membuat konten yang berkualitas dan bermanfaat
  3. Mempromosikan konten website atau blog
  4. Blog akan mendapat banyak pengunjung
  5. Mendaftar ke jaringan iklan
  6. Diterima dan mendapat kode iklan
  7. Memasang kode iklan di website atau blog
  8. Pengunjung website atau blog Anda akan mengklik iklan
  9. Anda akan mendapatkan komisi dalam bentuk uang
Biasanya bisnis online seperti ini, akan mendapatkan uang dari website atau blog yang mengikuti publisher jaringan periklanan atau dengan menyediakan spot sewa iklan. Jadi uang yang didapat, dihasilkan dari kunjungan pengunjung ke iklan tersebut atau pengunjung yang mengklik iklan tersebut.
 

Menjadi reseller

Reseller ialah seseorang yang membeli produk atau menyetok produk dari toko dengan harga yang lebih murah dari pasaran dan menjualnya kembali ke orang lain. Dengan menjadi reseller, pendapatan yang didapat berasal dari keuntungan dari penjualan. Biasanya keuntungan didapat dari beberapa persen dari hasil penjualan produk.
 

Menjadi affiliate marketing

Affiliate marketing adalah seseorang yang mempromosikan atau memasarkan produk milik orang lain. Pendapatan yang didapat dari bisnis online seperti ini berasal dari komisi setiap kali produk berhasil terjual. Tidak hanya iklan, bisnis online seperti ini juga populer di kalangan blogger. Hal ini dikarenakan penghasilan yang didapatkan jauh lebih tinggi dari iklan dan tidak perlu pusing untuk membuat produk. Sebagian besar orang yang berbisnis online seperti ini biasanya mengandalkan website atau blog.
 

Menjadi CS online shop

Dengan menjadi CS online shop, Anda akan mendapatkan penghasilan tetap setiap bulan. Bisa diibaratkan CS itu seperti pegawai, bosnya ialah pemiliki online shop. Pekerjaan CS online shop ialah mengelola website atau akun media sosial dari online shop, baik dari segi pemasaran, penjualan, penambahan follower media sosial, dan penanganan keluhan konsumen.
 

Menjadi dropshipper

Dropshipper hampir sama dengan reseller. Bedanya ialah seorang dropshipper hanya perlu menyediakan katalog produk yang dijual tanpa perlu menyetok produk. Jadi sifatnya tidak harus ada stok, tetapi bisa mencari pembeli. Untuk bisnis online yang seperti ini, Anda dapat menggunakan aplikasi media sosial yang sudah tersedia di ponsel android Anda.
 

Menjadi Telemarketing produk jasa atau service

Telemarketing ialah seseorang yang mempromosikan suatu jasa atau service dengan cara menelepon calon pembeli. Produk jasa bisa berupa jasa konsultasi, jasa design rumah, dan jasa lainnya.
 

Menjadi host channel Telegram berbayar

Untuk memulai bisnis online melalui ponsel android, Anda dapat mencoba membuat channel Telegram berbayar yang didalamnya nanti Anda dapat berbagi tips – tips promosi secara online dan lainnya.
 

Menjadi agen pulsa

Bisnis online yang sangat banyak digemari ialah menjadi agen pulsa. Meskipun diawal diperlukan modal untuk mengisi saldo pulsa, Anda dapat menghasilkan pendapatan dengan menyisihkan keuntungan Anda untuk diputar kembali menjadi saldo pulsa Anda.
 
Itulah beberapa informasi yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis online mudah melalui ponsel android dan tentunya bisa langsung Anda praktekkan sekarang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
 

Bagikan :

Description
: Peluang Bisnis Online Mudah Melalui Ponsel Android
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Peluang Bisnis Online Mudah Melalui Ponsel Android