Mencari pekerjaan merupakan suatu hal yang sulit sekali untuk dicari pada saat ini. Terkadang lulusan sarjana pun mengalami kesulitan dalam mencari kerja. Bagi mereka yang lulusan SMP, SMA/SMK ataupun sarjana pasti juga akan merasa kesulitan dalam mencari kerja. Salah satu cara agar anda tidak perlu susah-susah mencari kerja adalah membuka usaha atau bisnis.



Membuka usaha bisnis merupakan salah satu hal yang mudah jika anda terus berusaha dan pantang menyerah. Mananamkan kebiasaan pantang menyerah dan selalu kreatif dan inovatif dalam berbisnis merupakan salah satu Rahasia Sukses Orang Jepang. Lulusan SMK ataupun SMA terkadang dipandang sebelah mata, padahal apapun bisnis yang anda lakukan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh akan membuahkan hasil yang memuaskan.

Pertanyaannya adalah peluang usaha apa yang cocok bagi anda yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK. Pada artikel kali ini, kami akan menyampaikan beberapa contoh ide atau merekomendasikan peluang yang dapat anda jalankan yang baru saja lulus sekolah khususnya SMK ataupun masih bersekolah SMK. Dengan  modal yang tergolong kecil, anda dapat membuka usaha sesuai dengan keahlian yang anda miliki.

Kelebihan Lulusan SMK Dibandingkan Lainnya

Seperti yang kita ketahui SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan merupakan sekolah yang memprioritaskan praktek dibandingkan dengan teori. Jika di persentasekan kira-kira ada sekitar 70% mata pelajaran yang menerapkan sistem praktek dan sisanya sebesar 30% merupakan teori. Sesuai dengan tujuannya sekolah kejuruan memang dibangun untuk pendidikan yang disediakan untuk para pelajar yang nantinya akan memiliki kesiapan yang matang dalam menghadapi dunia kerja ataupun dunia usaha dan bisnis. ditambah lagi dengan adanya mata pelajaran kewirausahaan, hal ini membuat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pilihan yang tepat untuk menimbah ilmu dalam bidang usaha dan bisnis. berbeda dengan SMA yang lebih ke dalam teori dalam mata pelajarannya.

Beberapa Ide atau Peluang Usaha untuk Lulusan SMK dan Lainnya

Berikut ini beberapa rekomendasi jenis peluang usaha yang cocok anda terapkan dalam berwirausaha ataupun berbisnis. Jenis usaha yang dapat anda jalankan ini bisa anda lakukan dimana saja dan kapan saja. Jenis-jenis usahanya pun terdapat beberapa tipe mulai dari usaha rumahan, usaha dengan modal yang kecil, usaha online, usaha bagi pemula dan tipe usaha lainnya.

  1. Membuka Usaha Di bidang Kuliner

Bagi anda yang mengambil jurusan Tata Boga saat SMK anda dapat mencoba peruntungan dengan membuka bisnis atau usaha dibidang kuliner. Selain dari jurusan tata boga ini membukan usaha kuliner dapat juga dijalankan bagi mereka yang lulusan SMK dengan jurusan Teknologi Hasil Pertanian ataupun perikanan.

Tips Membuka Usaha Dibidang Kuliner

  • Modal yang Cukup Besar
    Untuk memulai bisnis kuliner ini pastikan anda memiliki modal yang cukup dan dapat menyajikan olahan atau hidangan makanan yang memiliki cita rasa yang enak dan lezat.
  • Penyajian dan Tampilan Makanan
    Tidak hanya itu penyajian makanan dengan tampilan yang menarik juga sangat dibutuhkan dalam menjalani usaha bisnis kuliner ini. Bagi anda yang sudah mengambil jurusan tata boga, pasti anda sudah tahu mengenai presentasi serta cara menyajikan makanan yang baik dan menarik.
    Usaha kuliner merupakan usaha yang menjanjikan karena makanan merupakan kebutuhan mendasar bagi setiap orang untuk bisa bertahan hidup.
  • Tempat yang Nyaman
    Pada saat ini restoran dan cafe merupakan tempat yang banyak dicari oleh para anak muda untuk tempat nongkrong dan makan. Menjamurnya cafe dan restoran kecil dengan suasana kekeluargaan ini bisa anda jadikan sebagai peluang usaha bisnis bagi anda lulusan THP dan Tata Boga dengan menampilkan sesuatu yang beda dengan yang lainnya.
  • Target Pasar
    Untuk target pasar, anda dapat menarget orang yang bekerja kantoran ataupun anak kos yang membutuhkan makanan dengan cara katering setiap harinya. Hal ini karena kebanyakan dari para pekerja atau karyawan dan anak kos atau mahasiswa terkadang tidak memiliki waktu untuk memasak sehingga memutuskan unutk memesan makanan.

  1. Membuka Usaha Dibidang Desain Grafis

Banyak permintaan masyarakat untuk berbagai jenis produk desain seperti logo, brosur, pembuatan kaos, iklan produk dan keperluan desain lainnya merupakan suatu peluang bisnis atau peluang usaha bagi anda yang memiliki keahlian mendesain atau masuk ke jurusan desain pada saat SMK.

Usaha desain grafis merupakan usaha yang menjanjikan bagi anda yang mengenyam pendidikan dengan jurusan animasi,multimesi ataupun desain grafis pada saat SMK. Jenis usaha yang dapat anda lakukan adalah usaha percetakan dan sablon yang juga melayani permintaan pembuatan desain yang dapat anda pertimbangan. Selain bisnis ini merupakan usaha bisnis yang menjanjikan, anda juga dapat menjalankan bisnis ini jika anda memiliki minat ketika berada di bangku SMK.

 

  1. Membuka Usaha di Bidang Desain Fashion

Coba anda perhatikan dalam setiap tahunnya adalah dengan adanya banyak momen yang membuat orang-orang ingin membuat pakaian istimewa untuk dikenakan pada momen seperti wisuda kelulusan, pertunangan, pernikahan hingga ke ulang tahun. Jika anda merupakan lulusan SMK dengan jurusan tata busana, anda dapat menjalankan sebuah usaha di bidang desain fashion.

Dibandingkan dengan orang yang tidak bersekolah jurusan fashion atau tata busana. Anda suda menempuh pendidikan selama 3 (tiga) tahun dalam mempelajari pembuatan desain yang kreatif, pembuatan pola hingga teknik menjahit yang benar. Tentunya, anda dapat menawarkan keahlian andadapat merias hingga membuat gaun, penyakit, kerajinan tangan, kebaya yang pernah anda pelajari di sekolah SMK.

 

  1. Membuka Usaha Dibidang Wisata

Selain jurusan otomotif, salah satu jurusan yang ada di SMK yang paling diminati adalah jurusan pariwasata di perhotelan. Bahkan, konon jurusan ini merupakan salah satu jurusan tertua dan masih bertahan hingga sekarang. Hal ini lulusan tersebut banyak dicari di pasaran untuk dipekerjakan.

Bagi anda lulusan SMK yang mengambil jurusan wisata anda juga dapat mencoba membuka usaha bisnis sebagai biro wisata yang menawarkan paket liburan. Selain itu, anda juga dapat membuka usaha jasa travel guide karena semasa pendidikan anda telah mendapatkan beberapa jenis pelatihan yang terkait dengan hospitaly. Dengan berbisnis, anda juga akan mendapatkan bonus untuk berjalan-jalan ke berbagai tempat atau destinasi wisata.

  1. Peluang Usaha di Bidang Otomotif

Jurusan otomotif merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati di SMK. Ditambah lagi dengan kesuksesan dari pembuatan mobil ESEMKA oleh para siswa SMK. Hal tersebut, membuat jurusan otomotif merupakan jurusan yang bisa menjanjikan kesuksesan setelah kelulusannya.

Hal ini bukan merupakan anggapan yang salah, lulusan SMK dengan jurusan otomotif sudah pasti akan memiliki keahlian yang berkaitan dengan mesin-mesin kendaraan. Peluang dari usaha bisnis dibidang otomotif ini dapat dilihat dari banyaknya kendaraan yang berada di sepanjang jalan di seluruh Indonesia. tentunya akan membuat banyak permintaan yang berkaitan dengan pemeliharaan dan perbaikan mesin kendaraan. Anda bisa membuka bengkel motor sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan untuk sukses. Walaupun usaha ini membutuhkan modal yang lumayan besar namun jika anda serius dalam menjalaninya anda akan balik modal dengan cepat.

Pada saat ini Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tidaklah kalah dengan SMA, bahkan lulusan SMK dianggap lebih memiliki skill dan pengalaman sehingga memiliki keterampilan khusus untuk dapat langsung bekerja dengan keahlian yang dimilikinya. Itulah beberapa peluang bisnis bagi lulusan SMK yang paling menjanjikan. Beberapa contoh peluang bisnis yang ada disebutkan di atas merupakan sebagian kecil peluang usaha bagi anda. Anda dapat menggali potensi anda dan membukan usaha bisnis yang lebih banyak lagi sesuai dengan minat dan keahlian. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.


Bagikan :

Description
: Peluang Bisnis Bagi Lulusan SMK Paling Menjanjikan
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Peluang Bisnis Bagi Lulusan SMK Paling Menjanjikan
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Januari 02, 2018