Tidak dapat dipungkiri di era teknologi berbasis internet pada saat ini akan sangat memudahkan kita unutk menjalankan berbagai macam aktivitas karena jalinan komunikasi antar personal tidak lagi terbentur oleh ruang dan waktu.


Begitu juga dalam melakukan aktivitas bisnis, pada saat ini komunikasi bisnis juga sudah menggunakan internet baik dalam hal marketing ataupun jalinan hubungan kemitraan. Pada saat ini anda hanya perlu menggunakan internet untuk menawarkan produk, promosi, serta hubungan lainnya dengan calon pelanggan. Selain tidak memerlukan banyak energi, anda juga bisa menghemat biaya dalam upaya memasarkan suatu produk. Anda hanya perlu menempatkan semua informasi bisnis ke dalam sebuah wadah di internet. Wadah yang sangat tepat untuk membangun suatu bisnis online adalah dengan membuat website toko online.

Membangun Bisnis dengan Memanfaatkan Toko Online

Toko online secara sederhana adalah sebuah toko yang diletakkan secara online disuatu jaringan internet yang berpotensi untuk bisa diakses oleh semua pengguna internet. Anda bisa meletakkan produk, jasa dan layananan bisnis lainnya seperti halnya toko offline. Jangkauan pemasaran yang lebih luas akan membuat toko online anda menjadi sarana yang sangat tepat guna untuk membangun dan mengembangkan suatu bisnis.

Pada saat ini banyak bermunculan situs market place, namun memiliki toko online sendiri akan menambah kepercayaan dan profesionalime pada bisnis yang sedang anda bangun dan anda kembangkan. Ada banyak media yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk membangun bisnis lewat toko online, salah satunya adalah memanfaatkan suatu website sebagai wadah untuk menginformasikan dan memasarkan produk atau jasa layanan anda.

Manfaat Memiliki Website Toko Online Sendiri

Berikut akan dijelaskan beberapa alasan mengapa anda harus memiliki website toko online sendiri untuk membangun bisnis anda dengan memasarkan atau mempromosikannya di website toko online tersebut.

  1. Modal Relatif Kecil
    Modal merupakan kendala utama untuk membangun bisnis karena biasanya seseorang akan mempertimbangkan hal ini untuk memutuskan akan membangun bisnis atau tidak. Modal yang besar akan memberatkan kita dan membuat kita ragu untuk membangun suatu usaha atau bisnis. Bagi anda yang memiliki modal yang kecil, anda bisa memafaatkan website untuk membangun suatu bisnis toko online.
     
    Dibandingkan dengan memuka toko offline, biaya pembuatan website toko online lebih kecil jika dibandingkan dengan biaya pembangunan toko atau biaya sewa toko. Dengan begitu anda tidak perlu mengkhawatirkan modal yang besar lagi. Anda hanya akan dikenakan biaya untuk membeli suatu domain dan sewa hosting secara tahunan dengan dana yang relatif terjangkau.
     
  2. Tidak Membutuhkan Karyawan
    Berbeda dengan bisnis toko offline, dengan membuka bisnis toko online anda tidak memerlukan karyawan untuk menjaga toko onlline anda. Dengan begitu, anda dapat menekan pengeluaran akan biaya gaji karyawan. Anda hanya memerlukan seorang admin dan webmaster yang bertugas untuk mengupdate informasi produk terbaru, memantau situasi transaksi dan memberikan layanan kepada pelanggan. Jika anda sudah mahir dalam mengelola website, maka anda sudah tidak lagi membutuhkan jasa admin dan webmaster untuk menjalankan website toko online anda sendiri.
     
  3. Hemat Biaya Promosi
    Kegiatan promosi biasanya akan membutuhkan biaya atau dana yang sangat besar. Hal ini wajar dalam menjalankan dan membangun bisnis. Misalnya biaya yang dibutuhkan adalah biaya promosi unutk membuat papan nama, brosur, spanduk, bander, dan lainnya. Melalui website toko online sendiri anda bisa meminimalisir biaya promosi karena dalam website toko online tidak memerlukan biaya untuk pembuatan papan nama, brosur, spanduk dan banner. Anda bisa menekan biaya promosi karena tersedianya media promosi dan iklan secara gratis dalam website toko online. Selain anda bisa melakukan promosi di website toko online, anda juga bisa mempromosikan dan menawarkan produk atau jasa layanannya melalui situs jejaring sosial seperti facebook, twitter, google  plus, linkedin dan lain sebagainya.
     
  4. Interaksi dengan Pealnggan Lebih Fleksibel
    Anda tidak perlu repot-repot untuk menjaga toko anda dan selalu berada di depan toko anda untuk menanti kedatangan pelanggan. Anda hanya perlu memanfaatkan kontak seperti email atau lainnya yang disediakan dalam website toko online. selebihnya waktu yang anda miliki bisa anda gunakan untuk mengembangkan bisnis agar lebih besar.
     
  5. Transaksi Nonstop
    Karena website toko online bersifat online, maka website ini bisa diakses kapanpun dan dimanapun para calon pelanggan anda. Bahkan saat anda sedang tidurpun, produk yang anda tawarkan akan tetap bisa dilihat dan dipilih oleh calon konsumen anda. Sangat berpotensi sekali untuk membuat bisnis anda berkembang dengan sangat pesat.
     
  6. Lebih Terpercaya dan Profesional
    Memiliki website toko online akan membuat bisnis anda akan terlihat lebih terpercaya dan profesional. Hal ini karena beberapa perusahaan ternama bahkan teah memakai website toko online untuk memperliharkan bagaimana kualitas dari manajemen dan kinerja yang mereka miliki.
     
    Selain itu, memiliki website toko online juga akan membuat calon pelanggan lebih percaya pada semua produk dan jasa layanan yang anda tawarkan. Memiliki website toko online sendiri, tentu saja akan berbeda jika anda bergabung dengan situs market place yang ada dan bercampur dengan pelaku bisnis yang lainnya.
     
  7. Jangkauan Pemasaran Lebih Luas
    Bisnis yang dijalankan secara online akan memiliki area dan target pemasaran yang lebih luas karena bisa diakses oleh siapa saja yang menggunakan internet. Website toko online anda akan dapat diakses antar kota, antar pulau, atau bahkan antar negara yang ada di seluruh dunia. Jika anda jeli untuk melihat peuang bisnis yang ada untuk toko online ini, bukan tidak mungkin anda akan sukses dalam membangun bisnis toko online dengan menggunakan website toko online yang anda buat.
     
  8. Pemakaian Nama Domain Sendiri
    Dengan memakai nama domain sendiri anda dapat menaikkan citra dari website toko online yang anda buat. Penentuan nama domain untuk suatu website toko online sangat penting untuk suatu bisnis online. Nama domain yang tepat akan menaikkan citra dan juga bisa menjadi branding dari toko online anda, sehingga toko online anda akan menjadi lebih baik di mata pelanggan.
     
    Selain itu, nama domain juga dapat menunjukkan keprofesionalan bisnis toko online anda. untuk itu, saran dari kami sebaiknya anda menggunakan nama domain yang sesuai dengan market bisnis atau nama toko online anda di website toko online yang akan anda buat. Semakin mudah untuk diingat akan semakin baik.
     
  9. Keuntungan Lebih Besar
    Dengan menghemat biaya-biaya yang sudah dijelaskan maka sudah bisa dipastikan bisnis dari website toko online anda akan meraup keuntungan yang lebih besar. Namun, keberhasilan dan kesuksesan suatu bisnis toko online juga bergantung pada keuletan, ketekunan, dan kesabaran anda dalam menghadapinya.
     
  10. Fokus dalam Melakukan Manajemen Produk
    Jika anda memiliki website toko online sendiri anda bisa memaksimalkan fitur dan layanan yang ada didalamnya. sehingga hal ini akan membuat anda untuk lebih fokus dalam mengelola dan merencanan setiap produk dan penawaran yang anda lakukan. Misalkan produk yang anda tawarkan adalah produk dibidang fashion seperti tas, anda akan lebih fokus untuk melakukan manajemen pada produk tas saja. Menjalankan Bisnis Jualan Tas Online memiliki potensi keuntungan yang cukup menjanjikan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan apabila anda memiliki website toko online sendiri. semiga artikel ini bermanfaat dan salam sukses untuk kita semua. Terimakasih.

 

 

 

Bagikan :

Description
: Keuntungan Memiliki Website Toko Online Sendiri
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Keuntungan Memiliki Website Toko Online Sendiri
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Januari 05, 2018