Perkembangan dunia bisnis saat ini begitu berkembang sangat pesat. Arus perputaran transaksi berbisnis yang semakin hari semakin meningkat membuat beragam bidang bisnis yang semakin variatif. Kreativitas dalam mengembangkan ide-ide bisnis selalu naik mengikuti perubahan zaman yang semakin modern. Dan bisnis sendiri menjadi salah satu hal yang menunjukkan kemajuan yang cepat.

Zaman modern saat ini, pastinya kita sudah mengenal yang namanya media sosial, seperti Facebook, Twitter, sampai Instagram. Selain digunakan utnuk menjelajahi dunia lebih luas dan menghubungkan banyak orang satu sama lain dalam tempat yang jauh, media sosial juga dapat menjadi wadah promosi yang baik dan dapat lebih luas menarik perhatian para konsumen.
Siapa yang saat ini tidak memiliki akun media social? Pasti setiap orang yang dapat mengendalikan smartphone mempunyai akun media sosial. Bila hal ini tidak anda manfaatkan sebaik mungkin sangat disayangkan sekali. Oleh karena itu seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, semakin lama semakin banyak toko online yang berjalan.
Omset penjualan yang dihasilkan dari membuka bisnis toko online yang sangat menjanjikan sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Hal ini dikarenakan melalui bisnis toko online tidak memiliki batasan area dalam pemasarannya. Sehingga pada umumunya benya pelaku bisnis toko online yang berhasil hingga sukses mendapatkan keuntungan yang begitu besar.
Namun, selain banyak keuntungan yang ditawarkan, tidak sedikit pula faktor penghambat yang dapat mengganggu jalannya bisnis toko online anda. Banyak para pebisnis online yang harus menanggung kerugian bahkan ada yang sampai bangkrut hingga memberhentikan bisnis toko online mereka.
Pada kesempatan kali ini, artikel berikut akan membahas tentang apa saja kesalahan fatal yang dapat menjadi penghambat bisnis toko online. Mari simak penjelasannya sampai akhir ya.
Menampilkan Gambar Produk yang Jelek atau Kurang Menarik
Penampilan gambar produk harus selalu diperhatikan, karena hal inilah yang menjadi faktor utama terjadinya transaksi belanja online. Pada saat anda berjualan online, peran gambar produk yang penting dapat mengarahkan konsumen untuk mengunjungi toko online kita. Pertama kali yang akan dilihat oleh konsumen yakni gambar produknya, baru setelah itu mereka akan membaca caption atau keterangan tentang gambar produk yang di pasang.
Kesalahan yang fatal dan sering dilakukan oleh para pebisnis toko online terutama bagi para pemula bisnis onlineadalah menampilkan gambar yang buruk dan asal-asalan tanpa dirubah dengan tampilan yang menarik terlebih dahulu. Sehingga tampilannya menjadi kurang menarik perhatian konsumen. Apabila sebuah gambar saja tidak bisa mampu menarik minat konsumen, sudah pasti konsumen enggan untuk membeli produk online kita.
Walaupun anda sebagai pemula atau yang sudah lama menjalankan bisnis toko online, seharusnya buatlah foto-foto atau gambar produk yang menarik dan bagus. Anda tidak perlu mengeluarkan budget yang besar untuk menyewa jasa fotografer professional. Karena pada saat ini sudah banyak teknik fotografi yang sederhana hanya dengan menggunakan smartphone anda dan gampang untuk anda pelajari.
Terlalu Sering Posting Iklan atau Konten
 Apabila anda terlalu sering memposting konten yang berisi produk anda maupun paid protmote (produk orang lain), sebaiknya anda harus mengurangi hal ini. Terlalu sering spam iklan itu tidak baik karena akan membuat konsumen anda menjadi terganggu. Sehingga mereka akan meninggalkan atau unfollow toko online anda karena anda dianggap spam.
Sebaiknya cara seperti itu anda hindari. Selain mengganggu follower anda, teknik seperti ini juga dilarang oleh pihak media social seperti contoh Instagram, karena melanggar TOS mereka. Oleh karena itu, berilah jeda waktu dalam memposting konten anda tersebut.
Terlalu Sering Mengandalkan Free Marketing
Dalam berbisnis pasti anda perlu menyisihkan sebagian dana untuk biaya pemasaran. Namun seringkali pebisnis toko online hanya mengandalkan free marketing melalui fanspage seperti di facebook sehingga seolah-olah anda tidak modal dalam berbisnis. Padahal sebenarnya teknik seperti ini tidak dapat mampu memenuhi target yang anda inginkan.
Maka dari itu, anda harus bisa belajar teknik iklan yang berbayar pula. Ubah cara anda beriklan secara online supaya bisa dipasarkan lebih luas lagi jangkauan wilayahnya. Walaupun anda harus mengeluarkan budget yang cukup tinggi, namun intensitas pemasaran jauh lebih mengenai target serta memperlihatkan profesionalisme bisnis toko online itu sendiri.
Lalai dalam Mencatat Setiap Transaksi yang Terjadi
Penyakit yang mutlak dimiliki oleh manusia adalah lupa, dan ini juga menjadi salah satu kelemahan bagi para pebisnis toko online. Bagi pelaku bisnis toko online sering mengalami lupa mencatat transaksi yang terjadi, sehingga pada akhirnya mereka menjadi kewalahan mengatur laporan keuangan mereka di akhir bulan. Tanpa anda sadari ketika anda lalai, pasti terdapat selisih saldo maupun uang yang tidak ada entah hilang ke mana. Hasilnya, pembukuan transaksi bisnis menjadi kacau dan keuangan ikut terganggu.
Walaupun dalam satu hari anda mendapatkan banyak sekali transaksi, akan lebih baik anda tetap mencatat transaksi tersebut. Banyak juga saat ini aplikasi yang dapat membantu anda mentatat transaksi bisnis toko online anda di smartphone anda.
Tidak Memanfaatkan Testimoni dengan Baik
Testimoni adalah suatu pernyataan yang berisi tentang kesaksian pelanggan dari pelanggan itu sendiri setelah mereka mendapatkan barang dari toko online kita serta pelayanan yang mereka dapatkan dari anda yang menawarkannya. Biasanya testimony ini berupa foto dari pelanggan yang menggunakan produk kita, juga ada komentar dari pelanggan tentang review mereka setelah memakai produk sampai tentang pelayanan kita.
Testimoni yang baik dan kita manfaatkan seperti kita posting di toko online kita atau dapat di buatkan akun lain yang berisi testimoni-testimoni pelanggan akan berpengaruh pada kepercayaan calon pembeli yang lain. Karena dalam bisnis toko online yang perlu kita perhatikan selain menarik minat membeli juga tidak ragu memberikan kepercayaan bagi bisnis toko online kita. Maka dari itu, anda wajib memanfaatkan testimoni tersebut yang memiliki tujuan menarik pelanggan.
Akan tetapi ketelitian untuk memposting testimony juga diperhatikan, jangan sampai anda memasang testimony yang tidak baik dari isi pendapat mereka dari pelayanan kita yang tidak baik dari yang mereka terima sehingga calon pembeli lainnya meragukan bisnis toko online anda.
Tidak Mengoreksi Deskripsi Gambar Produk
Walaupun ini terlihat begitu sepele, namun konsumen pasti menganggap bisnis online yang anda jalani tidaklah niat dan tidak professional jika pelanggan banyak menemukan typo atau salah ketik. Terkadang salah ketik juda dapat mengubah arti dari kata-kata yang disajikan. Selain itu, terkadang pelaku bisnis toko online tidak menjelaskan secara lengkap, detail dan tidak menarik dalam memberikan deskripsi produknya.
Bisnis toko online memang berpeluang dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan. Akan tetapi tidak sedikit yang tidak mampu mengelola bisnis toko online sehingga banyak yang akhirnya menfalami kegagalan. Kesalahan-kesalahan yang dijelaskan seperti diatas termasuk sebagian kecil dari kesalahan fatal yang dapat menghambat bisnis toko online anda. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda sehingga anda dapat menghindarinya. Sekian artikel tentang kesalahan fatal yang menghambat jalannya bisnis toko online. Semoga bermanfaat, dan terima kasih.
 

Bagikan :

Description
: Kesalahan Fatal Penghambat Bisnis Toko Online, Wajib Baca!
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Kesalahan Fatal Penghambat Bisnis Toko Online, Wajib Baca!
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Januari 05, 2018