Jadwal dan Persyaratan CPNS 2018 Jawa Timur


Kabar pembukaan CPNS 2018 semakin santer terdengar dikalangan masyarakat luas bahkan masyarakat Jawa Timur pun banyak yang sudah mendengarnya. Lalu kapan jadwal CPNS 2018 Jawa Timur dimulai? Apa saja persyaratannya? Serta bagaimana panduan pendaftaran online lowongan CPNS 2018? Oleh karena itu kami akan memberikan info selengkapnya disini mengenai jadwal dan persyaratan CPNS 2018 Jawa Timur dan tips agar lolos tes CPNS 2018.

 


Provinsi Jawa Timur


Salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya berada di bagian sebelah timur Pulau Jawa yaitu Provinsi Jawa Timur. Provinsi ini ber-ibukota Surabaya. Luas wilayah yang dimiliki provinsi ini sekitar 47.922 km2. Jumlah penduduk yang dimiliki provinsi ini pada tahun 2010 sebanyak 37.476.757 jiwa. Dikarenakan banyaknya penduduk di provinsi ini, Provinsi Jawa Timur menyandang predikat sebagai provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia. Selain itu Jawa Timur merupakan provinsi terluas dibanding 6 provinsi lain yang ada di Pulau Jawa.

 

Berikut ini batasan – batasan wilayah provinsi Jawa Timur

  • Bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa,
  • Bagian timur berbatasan langsung dengan Selat Bali,
  • Bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dan
  • Bagian barat berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

 

Selain bagian wilayah Provinsi Jawa Timur ada di Pulau Jawa, bagian lain dari provinsi ini yaitu Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean, Pulau Sempu, dan Nusa Barung di Samudera Hindia serta pulau kecil yang ada di laut Jawa. Perekonomian yang ada di Jawa Timur memiliki tinggi sekitar 14.58% dan itu tergolong cukup tinggi. Dengan perekonomian yang tinggi, menyebabkan Jawa Timur ikut berkontribusi dalam Produk Domestik Bruto Nasional (PDBN).

 

Suku Jawa merupakan suku mayoritas yang dimiliki penduduk Jawa Timur. Hampur seluruh bagian Jawa Timur ber-suku Jawa. Selain suku Jawa, suku lain yang mendominasi penduduk Jawa Timur yaitu Suku Madura. Penduduk suku ini berada di daerah Tapal Kuda yang sebagian besar wilayahnya berada di wilayah pesisir utara dan selatan.

 

CPNS 2018 Jawa Timur


Jawa Timur merupakan salah satu provinsi yang juga mengikuti pelaksanaan CPNS 2018. Penerimaan CPNS 2018 di Jawa Timur di gelar dikarenakan saat ini sejumlah pos dan bidang kerja sangat dibutuhkan untuk diisi tenaga terampil baru. sekretari Daerah Provinsi Jatim ahmad Sukardi mengatakan bahwa kebutuhan di era saat ini menuntut adanya tenaga kerja yang bisa diandalkan. Mereka banyak membutuhkan banyak tenaga di bidang IT dan akuntansi keuangan.

 

Saat ini Pemprov Jawa Timur masih terus berkoordinasi dengan pihak Kementerian PANRB. Pemprov Jawa Timur telah menyampaikan bahwa sekitar 10 ribu lebih dibutuhkan tenaga CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.  Pemprov Jawa Timur sudah mengajukan formasi dan kebutuhan PNS untuk tahun ini. Selain membuka formasi untuk bidang IT dan akuntansi keuangan, tenaga medis dan tenaga lainnya juga akan dibuka formasi pada CPNS 2018. Selengkapnya anda dapat mengetahui info formasi yang dibuka di Formasi CPNS 2018 Pemprov Jawa Timur.

 

Persyaratan CPNS 2018 Jawa Timur


Sejak beberapa periode penerimaan CPNS sebelumnya, pendaftaran CPNS bisa dilakukan secara online dan offline. Tentu bagi calon peserta yang pernah mengikuti seleksi CPNS sebelumnya pasti sudah memahami mengenai persyaratan dan prosedur pendaftaran baik secara online maupun offline. Pendaftaran online merupakan pengisian formulir pendaftaran yang didapatkan secara online dan pengisian formulir juga dilakukan secara online di situs resmi panselnas agar bisa mendapatkan kartu tanda pendaftaran calon peserta CPNS.

 

Semua tahapan pendaftaran online bisa dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun kecuali koneksi internet yang diperlukan untuk mengakses website resmi pendaftaran CPNS 2018. Agar pendaftaran berjalan lancar, sebaiknya anda perlu menyiapkan semua keperluan untuk melakukan pendaftaran CPNS 2018. Selain itu anda dapat berlatih mengerjakan soal tes CPNS 2018 menggunakan contoh soal CPNS 2018 dan latihan soal CPNS agar nantinya saat mengerjakan tes ujian berjalan lancar dan lolos menjadi PNS.

 

Sebenarnya, melamar CPNS tidak jauh berbeda dengan melamar kerja pada umumnya. Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk melamar kerja, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus. Persyaratan umum merupakan persyaratan yang sama dengan persyaratan melamar kerja pada umumnya, sedangkan persyaratan khusus merupakan persyaratan yang harus sesuai dengan surat edaran mengenai pembukaan CPNS 2018 yang dikeluarkan oleh Kepala Daerah Jawa Timur.

 

Beberapa persyaratan yang harus disiapkan untuk pendaftaran online CPNS 2018 Jawa Timur yaitu:

  • Kartu identitas, yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (No. KK digunakan untuk pendaftaran username)
  • Pas photo resmi (diupload di situs resmi pendaftaran CPNS 2018)
  • Nomor ijazah
  • Nilai IPK terakhir

 Setelah tahap demi tahap pendaftaran online CPNS 2018 selesai, maka anda akan mendapatkan print out kartu tanda pendaftaran online tes seleksi CPNS 2018. Setelah mendapatkan kartu tersebut, anda harus mempersiapkan persyaratan lainnya yang dibutuhkan untuk pengajuan lamaran tes seleksi CPNS 2018 yang akan dikirim via pos ke Kantor Badan kepegawaian Daerah (BKD) atau BKPP Jawa Timur tempat penyelenggaraan tes CPNS 2018 Jawa Timur.

 

Persyaratan lain yang harus dilengkapi untuk pengajuan lamaran tes seleksi CPNS 2018 Jawa Timur tergantung dari kebijakan yang dibuat oleh penyelenggara CPNS 2018 daerah Jawa Timur dikarenakan sudah berlakunya sistem otonomi daerah.

 

Berikut ini persyaratan yang harus dilengkapi untuk pengajuan lamaran tes seleksi CPNS 2018 Jawa Timur secara umum.

  • Fotocopy ijazah berlegalisir
  • Surat lamaran pekerjaan ditulis tangan (sesuai contoh daerah Jawa Timur)
  • Surat keterangan sehat dari dokter
  • Surat SKCK dari pihak berwajib
  • Dan lainnya

 

Setelah semua persyaratan sudah dilengkapi, maka tahap akhir ialah mengirim berkas persyaratan via pos. Dalam surat balasan yang akan diterima anda nantinya, berikut 2 kemungkinan yang akan terjadi.

  1. Sukses mendapatkan kartu peserta tes seleksi CPNS 2018
  2. Dikembalikannya berkas yang diajukan dikarenakan kurangnya syarat yang diajukan

Ketentuan umum dan persyaratan peserta CPNS 2018

Ketentuan umum


  1. Seleksi penerimaan CPNS 2018 terbuka untuk semua warga negara Indonesia.
  2. Peserta tes seleksi CPNS 2018 bersedia mengikuti seluruh proses tahapan seleksi di lokasi yang ditentukan atas biaya sendiri.



Persyaratan umum


  1. Berkewarganegaraan Indonesia
  2. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia dan taat pada Pancasila, UUD 1945, dan NKRI.
  4. Sehat jasmani dan rohani.
  5. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum atau kurungan penjara.
  6. Tidak pernah diberhentikan sebagai PNS / TNI / Polri secara tidak hormat bukan atas permintaan sendiri.
  7. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta.
  8. Tidak berkedudukan sebagai CPNS / PNS / calon anggota TNI / anggota TNI / calon anggota Polri / anggota Polri.
  9. Tidak sedang terikat perjanjian atau kontrak kerja manapun.
  10. Tidak menjadi pengurus dan atau anggota partai politik.

 Persyaratan Khusus

  1. Memiliki ijazah Magister / Master (S2), Sarjana (S1), dan Diploma (D3) sesuai dengan formasi jabatan yang dipilih
  2. Surat keterangan akreditasi dari BAN -PT
  3. Memiliki nilai IPK minimal:

  • Lulusan S2 sebesar 3.00
  • Lulusan S1 sebesar 2.65

  1. Berusia serendah – rendahnya 18 tahun.
  2. Berusia setinggi – tingginya 30 tahun (lulusan S1) dan 32 tahun (lulusan S2).
  3. Nilai TOEFL 400 (lulusan S1) dan 500 (lulusan S2). (minimal pelaksanaan tes TOEFL di tahun 2015)

 Jadwal CPNS 2018 Jawa Timur

Jadwal CPNS 2018 dikabarkan akan dibuka pada awal tahun 2018, yaitu sekitar bulan Februari – Maret 2018. Saat ini masih ada tahapan yang harus dilalui oleh Menteri PANRB Asman Abnur sebelum mengumumkan jadwal CPNS 2018. Saat ini persiapan pembukaan seleksi CPNS 2018 sedang ditahap memvalidasi data usulan formasi dari setiap instansi pemerintah yang tahap pertama sudah dilalui yaitu proses usulan formasi dari masing – masing instansi yang akan mengajukan CPNS dan pengajuan tersebut bisa dilakukan melalui sistem e-formasi. Bagi anda calon pelamar CPNS 2018, tetaplah untuk selalu update mengenai info jadwal CPNS 2018.

 

Sekian mengenai info jadwal dan persyaratan CPNS 2018 Jawa Timur. Simak juga info daftar formasi lowongan CPNS 2018 Jawa Timur. Semoga bermanfaat bagi anda yang ingin menjadi bagian dari peserta yang lolos menjadi PNS dalam seleksi CPNS 2018 Jawa Timur. Semoga sukses.

 

 

Bagikan :

Description
: Jadwal dan Persyaratan CPNS 2018 Jawa Timur
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Jadwal dan Persyaratan CPNS 2018 Jawa Timur