Jadwal dan Persyaratan CPNS 2018 Jawa Barat


CPNS 2018 Jawa Barat akan segera dibuka. Kabar gembira bagi warga Provinsi Jawa Barat yang sedang mencari pekerjaan. CPNS 2018 secara besar – besaran membuka peluang Anda menjadi PNS untuk pemerintah daerah, salah satunya di Provinsi Jawa Barat. Kabar segera dibukanya seleksi CPNS 2018 ini memang sudah simpang siur dikalangan masyarakat terutama untuk pelamar kerja yang sedang mencari pekerjaan.
 

Jadi, kapan jadwal CPNS 2018 akan dibuka? Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi calon pendaftar CPNS 2018? Berikut ini informasi yang diberikan secara lengkap mengenai jadwal dan persyaratan CPNS 2018 Jawa Barat dan tips agar lolos tes CPNS 2018.

Provinsi Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya berada di bagian barat Pulau Jawa. Ibukota provinsi Jawa Barat yaitu Kota Bandung. Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi yang pertama dibentuk di wilayah Indonesia. Provinsi ini dibentuk berdasarkan UU No. 11 Tahun 1950 tentang Pembentukan Provinsi Jawa Barat. Luas wilayah yang dimiliki provinsi ini sekitar 35.222,18 km2. Jumlah penduduk yang dimiliki provinsi ini sebanyak 43.053.732 jiwa, dengan 28.282.915 jiwa (65.59%) di daerah perkotaan dan 14.770.817 jiwa (34.31%) di daerah pedesaan. Dikarenakan banyaknya penduduk di provinsi ini, Provinsi Jawa Barat menyandang predikat sebagai provinsi yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Indonesia.
 
Berikut ini batasan – batasan wilayah provinsi Jawa Barat.
  • Bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa,
  • Bagian timur berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah,
  • Bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dan
  • Bagian barat berbatasan langsung dengan Banten dan DKI Jakarta.
 
Provinsi Jawa Barat dikenal sebagai salah satu lumbung nasional. Dua puluh tiga persen dari total luas 29.3 ribu km2 digunakan untuk produksi beras. Oleh karena itu, provinsi ini menyumbangkan 15% dari nilai total pertanian Indonesia.
 
Suku Sunda merupakan suku mayoritas penduduj Jawa Barat dengan tutur kata menggunakan bahasa sunda. Di kabupaten Cirebon tutur bahasa yang digunakan ialah bahasa Jawa dialek Cirebon yang mirip dengan bahasa Banyumas dialek Brebes. Daerah perbatasan barat, tutur bahasa yang digunakan yaitu bahasa Melayu dialek Betawi.
 
Presentasi penyebaran penduduk menurut kabupaten atau kota sangat bervariasi. Ada yang dari terendah sebesar 0.41% di Kota Banjar hingga yang tertinggi sebesar 11.08% di Kabupaten Bogor. Selain itu, Jawa Barat merupakan wilayah yang memiliki karakteristik kontras dengan 2 identitas, yaitu masyarakat urban yang sebagian besar tinggal di sekitar Jakarta (Jabodetabek), sedangkan sisanya yaitu masyarakat tradisional tinggal di desa.
 

CPNS 2018 Jawa Barat

Jawa Barat merupakan salah satu provinsi yang juga ikut membuka penerimaan CPNS 2018. Setelah 5 tahun tidak ada penerimaan CPNS, kini seleksi penerimaan CPNS 2018 untuk penempatan wilayah Jawa barat akan kembali dibuka di tahun ini.
 
Saat ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat sedang mempersiapkan tempat dan segala persiapan lainnya untuk pelaksanaan ujian CPNS 2018. Kepala BKD Jawa Barat Sumarwan Hadisumarto mengatakan “Ada informasi tahun 2018 pemerintah pusat akan memberikan kesempatan menjadi CPNS. Kami mempersiapkan sudah diminta Kanreg III untuk mempersiapkan tempat ujian”.
 

Persyaratan CPNS 2018 Jawa Barat

Pendaftaran CPNS sejak beberapa periode dan gelombang penerimaan CPNS sebelumnya bisa dilakukan secara online dan offline. Bagi pelamar seleksi CPNS sebelum – sebelumnya, tentu pasti sudah tahu dan memahami bukan, bagaimana panduan pendaftaran online CPNS 2018 maupun panduan pendaftaran offline. Pendaftaran online merupakan pendaftaran dengan pengisian form pendaftaran yang didapat secara online dan pengisian pun dilakukan secara online di website resmi panselnas.
 
Semua tahapan pendaftaran online CPNS 2018 dapat dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun, kecuali koneksi internet yang dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran CPNS secara online. Tidak hanya persyaratan yang harus dipersiapkan dengan matang, Anda juga harus mempersiapkan diri Anda dalam tahap uji kompetensi. Anda dapat mempersiapkan diri dengan berlatih mengerjakan soal tes CPNS 2018 menggunakan contoh soal CPNS 2018 dan latihan soal CPNS agar nantinya Anda dapat mengerjakan dengan lancar pada saat pelaksanaan tes uji kompetensi.

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk melamar pada CPNS 2018. Persyaratan terdiri dari persyaratan umum dan khusus. Persyaratan umum merupakan persyaratan yang isinya hampir sama dengan persyaratan melamar kerja pada umumnya. Persyaratan khusus merupakan persyaratan yang biasanya ditentukan oleh panitia penyelenggaraan lowongan kerja. Contohnya, persyaratan khusus mengenai persyaratan yang harus sesuai dengan surat edaran mengenai pembukaan CPNS 2018 yang dikeluarkan oleh kepala daerah Jawa Barat. Persyaratan yang harus disiapkan pada pendaftaran online meliputi
  • KTP,
  • KK,
  • Pas photo resmi,
  • Ijazah, dan
  • Nilai IPK terakhir.

Setelah pendaftaran online telah dilakukan, Anda akan mendapatkan print out kartu tanda registrasi pendaftaran online CPNS 2018. Setelah itu Anda harus mempersiapkan persyaratan lainnya yang dibutuhkan untuk pengajuan lamaran CPNS 2018 yang akan dikirim ke Kantor Badan kepegawaian Daerah (BKD) atau BKPP Jawa Barat tempat penyelenggaraan tes seleksi CPNS 2018 Jawa Barat melalui kantor pos.
 
Persyaratan yang harus dilengkapi tergantung dari kebijakan penyelenggara tes seleksi CPNS Jawa Barat. Hal ini dikarenakan sudah berlakunya sistem otonomi daerah di Jawa Barat. Secara umum persyaratan yang harus dilengkapi seperti fotocopy ijazah berlegalisir, surat lamaran pekerjaan ditulis tangan (sesuai contoh daerah Jawa Barat), surat keterangan sehat dari dokter, surat SKCK dari pihak berwajib, dan lainnya.
 
Apabila Anda sudah melengkapi persyaratan dan sudah Anda kirim ke pihak penyelenggara CPNS 2018, maka Anda akan menerima surat balasan dengan 2 kemungkinan. Kemungkinan pertama Anda akan mendapat balasan berupa kartu tes seleksi CPNS 2018 dikarenakan Anda lolos tahap administrasi, yang kedua dikembalikannya berkas pengajuan Anda dikarenakan kurangnya syarat yang diajukan.
 

Persyaratan umum

  • Warga negara Indonesia.
  • Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Setia dan taat pada NKRI, Pancasila, maupun UUD 1945.
  • Sehat jasmani & rohani.
  • Berkelakuan baik.
  • Tidak pernah dihukum atau dikurung di penjara.
  • Tidak pernah diberhentikan dari pekerjaan secara tidak hormat
  • Tidak memiliki kedudukan sebagai CPNS, PNS, calon anggota TNI / Polri, TNI, Polri, dan atau pengurus / anggota parpol.
  • Tidak memiliki ikatan perjanjian kerjasama dengan pihak apapun.
 

Persyaratan Khusus

  • Memiliki ijazah Diploma, Sarjana, Magister / Master sesuai dengan formasi jabatan yang dipilih.
  • Lulusan perguruan tinggi negeri atau swasta berakreditasi dari BAN-PT atau perguruan tinggi luar negeri yang disahkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  • Nilai IPK minimal 2.65 untuk Sarjana dan 3.00 untuk Magister / Master.
  • Minimal berusia 18 tahun.
  • Maksimal berusia 30 tahun untuk Sarjana dan 32 tahun untuk Magister / Master.
  • Nilai TOEFL minimal 400 untuk Sarjana dan 500 untuk Magister / Master. (Pelaksanaan tes TOEFL minimal tahun 2015.

Jadwal CPNS 2018 Jawa Barat

Dikabarkan jadwal PNS akan segera diumumkan setelah tahapan penerimaan CPNS 2017 gelombang II selesai dilaksanakan. Diperkirakan CPNS 2018 akan dibuka pada bulan Februari – Maret. Saat ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) masih ada ditahap yang harus dilalui sebelum mengumumkan jadwal CPNS 2018.
 
Sekian mengenai info jadwal dan persyaratan CPNS 2018 Jawa Barat. Simak juga info daftar formasi lowongan CPNS 2018 Jawa Barat. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari peserta yang lolos menjadi PNS dalam seleksi CPNS 2018 Jawa Barat. Semoga sukses.
 

Bagikan :

Description
: Jadwal dan Persyaratan CPNS 2018 Jawa Barat
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Jadwal dan Persyaratan CPNS 2018 Jawa Barat
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Januari 17, 2018