Formasi Pendaftaran CPNS 2018 Guru di Daerah Jalur Pelamar Umum | Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil atau PNS baik pusat maupun daerah ternyata masih menjadi primadona loh untuk sebagian orang. Berita yang beredar mengenai prekrutan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) oleh pemerintah pada tahun 2018 ini sudah menjadi perbincangan hangat warganet. Terbukti beberapa waktu lalu kata kunci atau keyword pendaftaran CPNS 2018 sempat menjadi trending di mesin penelusuran Google. Apalagi saat ini sudah lama tidak ada bukaan CPNS Daerah, sedangkan pelaksanaannya akan segera berlangsung sekitar februari - maret 2018 ini dengan formasi sebanyak 250 ribu, 38 ribu dari pusat dan sisanya dari daerah.

Namun, apakah Anda sudah mengetahui informasi resmi tentang pendaftaran CPNS 2018? Kalau belum, sebaiknya Anda membaca informasi yang akan kami berikan berikut ini: (sebelumnya lihat juga Pendaftaran CPNS Guru 2018).

Formasi Pendaftaran CPNS 2018 Guru di Daerah Jalur Pelamar Umum
Formasi Pendaftaran CPNS 2018 Guru di Daerah Jalur Pelamar Umum

1. Pendaftaran CPNS Daerah dibuka bulan Februari 2018

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PAN-RB), Asman Abnur, mengatakan bahwa rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) masih dalam proses validasi data usulan formasi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dari setiap daerah di Indonesia.

Rencananya, pembukaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) akan dibuka pada bulan Maret 2018. Namun, pendaftaran CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) itu sendiri akan dimulai sejak bulan Februari 2018. Lihat juga Pendaftaran CPNS 2018 Jalur Umum

2. Persyaratan Umum Pendaftaran CPNS 2018 Daerah

Ada beberapa persyaratan umum untuk para pendaftar CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun ini, diantaranya adalah:

a. Pertama, para pendaftar tersebut haruslah Warga Negara Indonesia (WNI), lalu bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, selanjutnya ia harus setia dan taat kepada Pancasila, Undang - Undang 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta harus sehat jasmani dan rohani, dibuktikan dengan Surat Keterangan Kesehatan (SKK) yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah.

b. Kedua, para pendaftar harus berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan suatu tindakan kriminal.

Pada tahun lalu, pemerintah hanya membuka pendaftaran CPNS untuk beberapa kementerian saja. Perekrutan gelombang pertama untuk mengisi posisi di Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM. Kemudian, gelombang selanjutnya dibuka untuk beberapa Kementerian dan Lembaga yang menjadi rekrutmen CPNS terakhir tahun 2017.

Nah, untuk tahun 2018 ini, ada kabar gembira untuk kita semua. Pemerintah akan membuka pendaftaran CPNS untuk posisi di pemerintahan daerah, dan kuota penerimaannya semakin besar. Sehingga, peluang Anda untuk lolos pun akan semakin besar pula.

c. Ketiga, pendaftar tidak pernah diberhentikan tidak dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

d. Tidak sedang menjabat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri serta tidak menjadi Calon Anggota TNI/Polri dan tidak sedang terikat oleh perjanjian/kontrak kerja dari pihak manapun dan dimanapun.

e. Tidak menjadi pengurus atau pun sebagai anggota partai politiknya.

3. Berkas - berkas penting yang perlu disiapkan

a. Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk)
b. Fotocopy Ijazah dan Transkip Nilai yang telah dilegalisir oleh yang mengeluarkan
c. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi)
d. Pas foto terbaru ukuran harus 4x6 cm sebanyak 4 lembar dan latar belakang berwarna merah.

Dokumen tambahan yang diperlukan bagi lulusa DIII atau SMA/SMK/Sederajat sebagai berikut:
a. Sebuah materai Rp 6.000
b. Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk)
c. Fotocopy ijazah/STTB (Surat Tanda Tamat Belajar)
d. Fotocopy ijazah SD (Sekolah Dasar)
e. Fotocopy ijazah SLTP (Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama)
f. Fotocopy ijazah SLTA. (Sekolah Lanjutan Tingkat Atas)

4. Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018

Mendaftar di masing - masing portal kementerian/CPNS Daerah
Isi formulir yang tersedia dan jangan lupa untuk tanda tangani
Simpan bukti nomor registrasi yang didapatkan
Kirimkan berkas - berkas yang dibutuhkan

5. Kuota Penerimaan CPNS Daerah 2018

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan pensiun tahun 2018 sebanyak 250 ribu, 38 ribu dari pusat dan sisanya dari daerah. Itu artinya, kuota penerimaan CPNS 2018 mencapai 250 ribu.

Sekian informasi mengenai pendaftaran CPNS 2018, siapkan waktu Anda untuk mencari informasi - informasi terbaru pendaftaran CPNS 2018 agar Anda tidak ketinggalan info. Tetap semangat untuk belajar agar lolos tes tahun ini. Jangan pernah menyerah dan terus lah berjuang. Semoga tahun ini Anda lolos.

Bagikan :

Description
: Formasi Pendaftaran CPNS 2018 Guru di Daerah Jalur Pelamar Umum
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Formasi Pendaftaran CPNS 2018 Guru di Daerah Jalur Pelamar Umum