Anda warga DKI Jakarta? Kabar gembira bagi Anda yang tertarik untuk mengabdi kepada bangsa dan negara dengan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kabar lowongan CPNS 2018 yang akan dibuka secara besar – besaran semakin santer terdengar dikalangan masyarakat luas. Salah satu daerah yang juga akan ikut serta menyelenggarakan seleksi CPNS 2018 yaitu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Apa saja formasi yang akan dibuka pada lowongan CPNS 2018 DKI Jakarta kali ini? Simaklah artikel kali ini yang akan memberikan info selengkapnya mengenai daftar formasi lowongan CPNS 2018 DKI Jakarta dan fakta-fakta mengenai CPNS 2018.

Provinsi DKI Jakarta

Daerah Khusus Ibukita Jakarta (DKI Jakarta) merupakan ibukota negara Indonesia yang letaknya dibagian barat Indonesia, yaitu di pesisir bagian barat laut Pulau Jawa. DKI Jakarta merupakan kota satu – satunya yang memiliki status setara atau setingkat dengan provinsi. Dulunya DKI Jakarta pernah dikenal dengan beberapa nama seperti Batavia, Sunda Kelapa, dan Jayakarta. Dalam dunia internasional, DKI Jakarta juga mempunyai julukan seperti J-Town dan The Big Durian (karena dianggap kota yang sebanding dengan kota New York (Big Apple) di Indonesia.
 
DKI Jakarta memiliki luas wilayah sekitar 7.659,02 km2 dan jumlah penduduknya pada tahun 2011 sekitar 10.199.700 jiwa. Wilayah metropolitan yaitu Jabodetabek, berpenduduk sekitar 28 juta jiwa. DKI Jakarta merupakan metropolitan terbesar se Asia Tenggara atau terbesar kedua sedunia. DKI Jakarta terkenal sebagai pusat bisnis, politik, dan kebudayaan. Selain itu Jakarta merupakan tempat berdirinya kantor pusat BUMN, tempat kedudukan lembaga – lembaga pemerintahan, kantor pusat ASEAN, perusahaan swasta, dan perusahaan asing.
 

Penerimaan CPNS 2018

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sudah memastikan kabar akan dibukanya penerimaan CPNS anggaran 2018 dan telah beredar luas dikalangan masyarakat Indonesia. Lowongan CPNS 2018 dikabarkan akan segera dilaksanakan setelah proses seleksi CPNS 2017 gelombang 2 selesai. Penerimaan CPNS kali ini akan dibuka khusus untuk pemerintah daerah kabupaten dan kota seluruh Indonesia dengan jumlah formasi yang mencapai lebih dari 100 ribu orang.
 
Menurut kabar yang beredar, pelaksanaan penerimaan CPNS 2018 akan diselenggarakan pada awal tahun sekitar Februari – April. Asman Abrur selaku Menteri PANRB mengatakan, dibukanya lowongan CPNS kali ini formasi yang akan diterima tidak akan melebihi jumlah pegawai negeri sipil yang pensiun. Sesuai juga dengan kebutuhan tenaga PNS yang dibutuhkan di lingkungan pemerintah provinsi DKI Jakarta, pihak Pemprov DKI Jakarta memastikan akan ikut serta dalam menyelenggarakan lowongan CPNS 2018.
 

Pemprov DKI Jakarta pastikan buka formasi di CPNS 2018

Pemerintah provinsi DKI Jakarta merupakan salah satu daerah yang akan melakukan seleksi penerimaan CPNS pada tahun 2018 ini. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengaku bahwa pihaknya telah meminta Pemprov DKI Jakarta untuk memprioritaskan penerimaan CPNS untuk tenaga pendidik (guru) dan tenaga kesehatan (bidan dan dokter). Menurut Asman, tenaga PNS DKI Jakarta di dua bidang tersebut sedang mengalami kekurangan, dikarenakan banyaknya pegawai yang telah pensiun.
 
Tidak hanya di dua bidang tersebut, Asman mengatakan bahwa penerimaan CPNS juga diprioritaskan untuk bidang – bidang utama yang mendukung program kerja Gubernur DKI Jakarta. Contohnya saja di bidang infrastruktur dan pengairan. DKI Jakarta benar – benar membutuhkan pegawai yang sesuai dengan program kerja yang akan diluncurkan Bapak Gubernur Anies Baswedan.
 
Kementerian PANRB berencana akan membuka lebih dari 100 ribu posisi untuk mengganti 200 ribu PNS yang akan pensiun di tahun 2018. Oleh karena itu, Asman meminta Pemprov DKI Jakarta untuk menyusun formasi prioritas yang benar – benar dibutuhkan dalam penerimaan CPNS 2018 Pemerintah Daerah.
 

Daftar formasi lowongan CPNS 2018 DKI Jakarta

Pemprov DKI Jakarta sudah pernah mengirimkan surat kepada Kementerian PANRB untuk mengajukan permohonan kuota CPNS pada tanggal 15 Mei 2017. Hal ini dikarenakan pada tahun 2017 Pemprov DKI Jakarta mengalami kekurangan PNS sekitar 47.325 orang. Ini terjadi karena adanya moratorium penerimaan CPNS DKI belum dicabut selama 5 tahun.
 
Pengajuan permohonan kuota CPNS tersebut ditolak oleh Kementerian PANRB dikarenakan masih dibutuhkannya kajian dan adanya pertimbangan yang harus dipikirkan untuk mengurangi beban APBN DKI Jakarta terutama mengenai besarnya pembayaran uang pensiun. Penolakan tersebut muncul akibat saat itu pihak Kementerian PANRB belum membuka formasi CPNS secara nasional.
 
Kebutuhan PNS di Pemprov DKI Jakarta nantinya akan disaring lagi oleh pihak Kementerian PANRB dan CPNS 2018 DKI Jakarta diutamakan untuk tenaga pendidikan dan kesehatan. Permohonan Pemprov DKI Jakarta akan coba mereka penuhi sesuai dengan anggaran yang ada.
 

Langkah – langkah mengikuti CPNS 2018

Dalam mengikuti seleksi CPNS 2018, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum benar – benar menjadi seorang PNS. Berikut ini langkah – langkahnya.
 

1)      Persyaratan

Merupakan tahap pertama yang harus dilakukan untuk ikut seleksi CPNS 2018, yaitu mempersiapkan persyaratan – persyaratan yang dibutuhkan dan sudah ditetapkan oleh Pemprov DKI Jakarta untuk mengikuti tes seleksi CPNS 2018 DKI Jakarta. Persyaratan ada yang bersifat umum dan khusus.
 

2)      Pendaftaran

Merupakan tahap kedua yaitu melakukan Pendaftaran CPNS 2018 yang dilakukan secara online di website resmi instansi milik DKI Jakarta. Lebih jelasnya bisa dilihat di Panduan Pendaftaran Online Lowongan CPNS 2018.
 

3)      Pendaftaran ulang

Merupakan tahap ketiga yaitu menyiapkan dan mengirimkan berkas administrasi dan dikirim ke Kantor Badan kepegawaian Daerah (BKD) atau BKPP DKI Jakarta tempat penyelenggaraan tes CPNS 2018 Jawa Tengah melalui kantor pos setempat. Setelah melakukan tahap ketiga ini, nantinya akan diberi surat balasan yang terdiri dari 2 kemungkinan, yaitu:
  1. Mendapat balasan berupa kartu peserta tes seleksi CPNS 2018 dikarenakan lolos tahap administrasi.
  2. Dikembalikannya berkas pengajuan lamaran dikarenakan tidak lolos tahap administrasi (kurang lengkapnya syarat).
 

4)      Ujian Kompetensi

Merupakan tahap keempat yaitu ujian kompetensi. Peserta tes seleksi CPNS 2018 akan melakukan beberapa ujian yang terdiri dari:
  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK),
  • Tes Intelegensia Umum (TIU),
  • Tes Karakterisik Pribadi (TKP), dan
  • Tes Kompetensi Bidang.
 

5)      Tes wawancara

Merupakan tahap kelima yaitu tes wawancara. Tes wawancara ini meliputi pertanyaan mengenai diri Anda dan pendapat Anda mengenai isu yang sedang terjadi saat ini.
 

6)      Tes kesehatan

Merupakan tahap keenam yaitu tes kesehatan. Tes ini biasanya dilakukan di rumah sakit milik pemerintah. Tes kesehatan yang dilakukan seperti pengukuran tinggi badan, berat badan, penglihatan, pendengaran, dan tes lainnya.
 

7)      Diklat pra jabatan

Merupakan tahap terakhir pada seleksi CPNS 2018, yaitu diklat pra jabatan selama 1 bulan dan diakhiri dengan uji kompetensi lagi. Jika lolos di tahap akhir ini, Anda akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) bahwa Anda telah diangkat menjadi seorang pegawai negeri sipil. Setelah diangkat menjadi PNS, Anda akan melakukan beberapa tahapan.
 
Itulah beberapa informasi mengenai daftar formasi lowongan CPNS 2018 DKI Jakarta. Semoga info ini bermanfaat dan keinginan Anda menjadi seorang PNS tercapai. Semoga sukses.
 

Bagikan :

Description
: Formasi CPNS 2018 DKI Jakarta yang Akan Segera di Buka
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Formasi CPNS 2018 DKI Jakarta yang Akan Segera di Buka