Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pekerjaan yang paling diminati dan diidam – idamkan banyak orang. Hal ini dibuktikan dengan dari tahun ke tahun yang selalu ramai dan jumlah pendaftar selalu mengalami kenaikan drastis.



Tahun lalu, pendaftaran CPNS dibuka dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama dibuka oleh Kementerian Hukum dan HAM, dan gelombang kedua dibuka oleh beberapa Kementerian dan Lembaga. Jumlah pendaftar pun sangat banyak, bahkan melebihi dari jumlah yang diperkirakan sebelumnya. Pada tahun ini yaitu tahun 2018, pemerintah akan membuka kembali pendaftaran CPNS untuk pemerintahan daerah. Kabar baik juga bagi Kamu pendaftar yang gagal di gelombang sebelumnya pada tahun lalu, kamu masih bisa mendaftar kembali pada CPNS 2018 yang dibuka secara besar – besaran ini.

 

Mengenai pendaftaran CPNS yang akan dibuka secara besar – besaran ini, dibenarkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur yang mengatakan “Dalam waktu dekat kita ajukan November dan Desember. Awal tahun kita sudah mulai membuka rekrutmen”. Formasi yang dibuka pada seleksi CPNS kali ini meliputi Kementerian dan Lembaga (KL) Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Formasi juga dibuka untuk Kementerian dan Lembaya yang formasinya tidak terisi pada saat seleksi CPNS yang telah berlangsung pada tahun kemarin dengan Asman yang mengatakan “Sama formasi kemarin tidak terisi, Misalkan BNN ada pelatih anjing pelacak ternyata tidak banyak yang lulus”.

 

Asman juga menambahkan bahwa untuk CPNS Pemerintah Daerah, pihaknya tengah menunggu usulan dari masing – masing daerah. Meskipun penerimaan CPNS menyesuaikan pemerintah daerah, pihak Kementerian PANRB memberikan persyaratan. Salah satu persyaratannya yaitu belanja pegawai tidak boleh lebih dari 50% dengan Asman yang mengatakan “Tergantung kebutuhan riil disana, belanja pegawai tidak boleh lebih dari 50%. Jumlah yang kita terima sesuai dengan kebutuhannya. Konsentrasi kemana pembangunan daerah, itu yang kita prioritaskan”. Menurut Asman, penerimaan CPNS akan disesuaikan dengan usulan bupati dan gubernur daerah masing – masing daerah sesuai dengan kompetensi bidang apa saja yang ingin dikembangkan.

 

Setelah tahapan penerimaan CPNS gelombang 2 tahun 2017 selesai dilaksanakan, seleksi CPNS pada tahun 2018 akan segera dimulai dan Menteri PANRB Asman Abnur sendiri mengharapkan agar perekrutan CPNS khusus daerah  ini akan dilakukan secepatnya dan untuk tahapan CPNS 2018 ini Asman belum memastikan apakah akan digelar serentak atau terpisah.

 

Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan merangkum fakta - fakta menarik mengenai   CPNS 2018 khusus daerah yang harus kamu tahu.

 

Penerimaan CPNS 2018 akan dibuka sekitar Bulan Maret


Masih ada tahapan yang harus dilalui oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi Asman Abnur sebelum mengumumkan pendaftaran CPNS 2018. Asman mengatakan bahwa penerimaan CPNS saat ini sedang ditahap memvalidasi data usulan formasi dari setiap instansi pemerintah yang tahap pertama sudah dilalui yaitu proses usulan formasi dari masing – masing instansi yang akan mengajukan CPNS dan pengajuan tersebut bisa dilakukan melalui sistem e-formasi.  Pembukaan CPNS 2018 ini akan dilakukan pada bulan Maret mendatang.

 

Alasan penerimaan CPNS 2018 dibuka kembali


·        Banyak yang pensiun


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan bahwa lowongan CPNS 2018 kali ini dibuka untuk mengisi kekosongan posisi PNS yang pensiun. Total PNS yang akan pensiun sekitar 220.000 orang baik dari pemerintah pusat maupun daerah. Rencana penerimaan CPNS 2018 kali ini sudah diajukan kepada Presiden Jokowi. Asman berharap rencananya akan disetujui oleh Presiden Jokowi. Cost biaya yang dibutuhkan untuk penerimaan CPNS 2018 sedang dihitung oleh Asman bersama Menteri Keuangan termasuk Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah.

 

·        Banyak lembaga ataupun kementerian yang kekurangan pegawai


Memang ada banyak sekali pendaftar CPNS ketika penerimaan seleksi CPNS dibuka, namun masih ada beberapa lembaga ataupu kementerian yang masih kekurangan pegawai. Hal ini dikarenakan persyaratan yang sulit dan posisi pekerjaan yang tidak begitu disukai oleh kebanyakan orang walaupun disaat mereka diterima, secara otomatis mereka menjadi pegawai negeri sipil. Hal itulah yang menyebabkan lembaga ataupu kementerian bagian tersebut sepi peminat.

 

·        Agar pegawai honorer segera diangkat


Seperti yang kamu ketahui, pembukaan pendaftaran CPNS telah dihentikan selama beberapa tahun berdasarkan keputusan Presiden. Hal itu menyebabkan para pegawai honorer dari sector apapun tidak bisa diangkat menjadi seorang pegawai negeri sipil dan membuat pegawai negeri honorer banyak yang kecewa.

Untuk mengatasi rasa kecewa para pegawai honorer tersebut, akhirnya pemerintah memutuskan untuk membuka kembali pendaftaran seleksi CPNS pada tahun 2018. Dengan adanya pendaftaran CPNS kali ini, para pegawai negeri honorer yang sudah sangat banyak bisa segera mendapat kepastian dan diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS).

 

Jumlah lowongan CPNS 2018 tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (PANRB) saat ini telah mengajukan jumlah penerimaan CPNS ke Kementerian Keuangan dengan mengatakan “Yang jelas pada tahun 2018 itu yang akan pensiun sebanyak 250.000 orang, dimana 38.000 itu pemerintah pusat dan sisanya di daerah. Posisi terakhir baru itu yang kami sampaikan ke Kementerian Keuangan untuk 2018.”

 

Mengingat moratorium yang sampai saat ini belum dicabut oleh Menteri PANRB, pemerintah akan tetap menggunakan sistem zero growth untuk seleksi CPNS 2018. Jadi, penerimaan CPNS kali ini tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun.

 

Jumlah Total Kementerian dan Lembaga (KL) Pemerintah Pusat dan Daerah yang akan Menambah PNS sekitar 534 Pemerintah


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi Asman Abnur mengatakan bahwa sebanyak 34 Pemerintah Provinsi dan 500 Pemerintah Kabupaten dan Kota mengajukan penambahan ASN atau yang biasa dikenal dengan nama PNS. Asman mengatakan bahwa hingga saat ini kabupaten dan kota yang mengajukan kebutuhan ASN sekitar lebih dari 500 kabupaten dan kota, sedangkan untuk provinsi mengajukan kebutuhan ASN sekitar 34 provinsi termasuk kementerian dan lembaga yang ikut mengajukan ASN.

 

Jumlah alokasi yang diajukan pemerintah pusat maupun daerah masih akan bergantung pada kemampuan uang negara. Oleh karena itu saat ini Kementerian PANRB masih berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan terkait hal ini. Keputusan mengenai alokasi jumlah CPNS tergantung dari kemampuan keuangan negara kita, jadi Menteri Keuangan akan menghitung kemampuan APBN negara.

 

Pemerintah Daerah hanya diizinkan membuka lowongan yang spesifik


Pemerintah Daerah hanya diperbolehkan untuk menerima calon PNS yang memang jabatannya sangat dibutuhkan oleh daerah tersebut. Kebanyakan dari persyaratan ini adalah yang berkaitan erat dengan infrastruktur daerah, seperti tenaga medis, guru, dan lain sebagainya.

 

Posisi yang dibutuhkan CPNS 2018


Posisi yang dibutuhkan untuk penyeleksian CPNS 2018 akan menyesuaikan rencana dari strategis masing – masing instansi dan wilayah. Untuk jabatan teknis akan lebih banyak yang memiliki kemampuan khusus. Contohnya saja seperti di daerah Kalimantan, perencanaan strategis kepemerintahan yang dimiliki yaitu sebagai wilayah yang menghasilkan batu bara dan tambang.

 

Posisi yang dibutuhkan pada CPNS kali ini merupakan tenaga keperintahan yang dihubungkan dengan berbagai komoditas. Usulan beragam posisi yang dibutuhkan oleh instansi kepemerintahan, nantinya Kementerian PANRB akan melakukan verifikasi untuk menyesuaikan rencana dari setiap instansi dan wilayah.

 

Itulah fakta – fakta mengenai CPNS 2018 yang harus kamu tahu dan pelajari tips agar lolos tes CPNS 2018 silahkan baca tips agar lulus cpns 2018 di web ini. Dengan mengetahui fakta – fakta ini semoga rasa penarasan kamu mengenai CPNS 2018 sudah terjawab. Semoga bermanfaat.

 

Bagikan :

Description
: Fakta-Fakta Mengenai CPNS 2018 yang Harus kamu Tahu!
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Fakta-Fakta Mengenai CPNS 2018 yang Harus kamu Tahu!