Daftar Formasi Lowongan CPNS 2018 Jawa Timur


Kabar gembira bagi Anda warga Jawa Timur yang tertarik untuk mengabdi bagi bangsa dan negara sebagai Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kabar CPNS 2018 yang akan dibuka secara besar – besaran semakin santer terdengar dikalangan masyarakat luas. Apa saja formasi yang akan dibuka pada lowongan CPNS 2018 Jawa Timur kali ini? Oleh karena itu kami akan memberi info selengkapnya disini mengenai daftar formasi lowongan CPNS 2018 Jawa Timur dan fakta–fakta mengenai CPNS 2018.



Provinsi Jawa Timur  


Jawa Timur adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia. Letak provinsi ini berada di sebelah timur Pulau Jawa. Ibukota provinsi terletak di Kota Surabaya. Luas wilayahnya sekitar 47.922 km2 dan jumlah penduduknya ditahun 2015 sekitar 42.030.633 jiwa (jumlah penduduk terbanyak kedua di Indonesia). Jawa Timur merupakan provinsi terluas di antara 6 provinsi lain di Pulau Jawa.

 

Batasan – batasan wilayah Jawa timur terdiri atas:

  • Bagian timur berbatasan langsung dengan Selat Bali,
  • Bagian selatan berbatasan langsung dengan Samudera Hindia,
  • Bagian barat berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah, dan
  • Bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa.



Wilayah Jawa Timur selain di bagian timur Pulau Jawa, ada wilayah lain yang juga merupakan wilayah Jawa Timur meliputi Pulau Madura, Pulau Bawean, Pulau Kangean, sejumlah pulau – pulau kecil di Laut Jawa (Kepulauan Masalembu), dan Samudera Hindia (Pulau Sempu dan Nusa Barung). Jawa Timur terkenal sebagai pusat Kawasan Timur Indonesia. Perekonomian yang ada di provinsi ini memiliki signifikasi yang tinggi. Hal itu yang menyebabkan Provinsi Jawa Timur ikut berkontibusi dalam Produk Domestik Bruto Nasional (PDBN) sebesar 14.85%.

 

Mayoritas penduduk Jawa Timur ber-suku Jawa dan menyebar diseluruh wilayah Jawa Timur. Selain itu juga ada suku Madura yang mendominasi penduduk Jawa Timur di daerah Tapal Kuda yang wilayahnya sebagian besar berada di pesisir utara dan selatan.

 

Penerimaan CPNS 2018


Kabar penerimaan CPNS anggaran 2018 ini memang sudah dihembuskan oleh pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dan telah beredar luas di kalangan masyarakat Indonesia. Penerimaan CPNS 2018 dikabarkan akan dibuka setelah proses seleksi CPNS 2017 gelombang II selesai dan penerimaan CPNS kali ini akan dibuka untuk kebutuhan tenaga untuk daerah kabupaten dan kota di Indonesia dengan jumlah formasi mencapai lebih dari 100 ribu orang.

 

Kabar yang telah beredar mengatakan bahwa pelaksanaan penerimaan CPNS 2018 akan diselenggarakan pada awal tahun sekitar bulan Februari – April. Menteri PANRB Asman Abrur mengatakan bahwa dibukanya lowongan CPNS, formasi yang akan diterima tidak akan melebihi jumlah pegawai negeri sipil yang pensiun. Hal ini sesuai dengan kebutuhan tenaga PNS yang dibutuhkan di lingkungan pemerintah provinsi Jawa Timur yang memastikan akan membuka lowongan CPNS di tahun 2018 ini.

 

Pemprov Jawa Timur pastikan buka formasi di CPNS 2018


Saat ini sejumlah pos dan bidang kerja mengalami kekosongan dan mendesak untuk diisi tenaga terampil baru. Sekretaris daerah provinsi Jawa Timur Ahmad Sukardi mengatakan bahwa di era saat ini dituntut tenaga kerja yang bisa diandalkan dan pihaknya membutuhkan banyak tenaga di bidang teknologi informasi atau IT dan akuntansi keuangan.

 

Beberapa tahun belakangan ini di daerah Jawa Timur memang tidak ada lowongan CPNS untuk lingkungan pemerintah daerah. Hal ini dikarenakan Pemprov Jawa Timur masih terikat moratorium rekrutmen CPNS di lingkungan pemerintah ini. Saat ini Sukardi mengatakan bahwa pihaknya telah mendapat kepastian bahwa beberapa bula kedepan Jawa Timur berhak membuka lowongan CPNS.

 

Daftar formasi lowongan CPNS 2018 Jawa Timur


Pemerintah Provinsi Jawa Timur saat ini masih berkoordinasi dengan pihak Kementerian PANRB. Pihak Pemprov Jawa Timur menyampaikan bahwa kebutuhan PNS di lingkungan Pemerintah provinsi Jawa Timur membutuhkan sekitar 10 ribu lebih tenaga PNS. Total PNS yang ada di kantor pemerintah provinsi Jawa Timur saat ini berjumlah sekitar 19 ribu an orang. Jumlah tersebut membawahi 38 kabupaten kota, yang seharusnya jumlah ideal total harus ada 30 ribu an PNS. Dan jumlah itupun belum termasuk guru PNS yang jumlahnya sekitar 35 ribu orang.

 

Pada tahun 2018 ini, kebutuhan guru di wilayah Pemprov Jawa Timur sangat diperlukan. Sukardi mengatakan bahwa setiap tahun paling sedikit ada 60 PNS yang pensiun. Posisi tersebut harus terisi kembali dengan tenaga PNS yang lebih ahli dan terampil. Selain dikarenakan tuntutan era yang semakin maju, memang karena juga dibutuhkan.

 

Pemprov Jawa Timur sudah mengajukan formasi dan kebutuhan tenaga PNS untuk tahun 2018 ini. Tidak hanya tenaga IT dan akuntansi keuangan, tenaga medis dan tenaga dibidang lainnya juga akan dibuka formasinya di CPNS 2018. Kebutuhan ideal tenaga PNS baru dari semua bidang, Pemprov Jawa Timur membutuhkan sekitar 5 ribu orang. Namun Sukardi memprediksi bahwa tahun 2018 ini Jawa Timur akan mendapatkan kuota formasi hanya sekitar 300 orang dan itu akan bertambah formasinya di tahun berikutnya. Pemprov Jawa Timur memastikan bahwa tahun 2018 ini akan mendapatkan jatah kebutuhan tenaga PNS untuk ikut melakukan lowongan CPNS 2018.

 

Langkah – langkah mengikuti CPNS 2018


Dalam mengikuti seleksi CPNS 2018, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum benar – benar menjadi seorang PNS. Berikut ini langkah – langkahnya.


Persyaratan


Langkah pertama yaitu mempersiapkan persyaratan – persyaratan yang dibutuhkan untuk mengikuti tes seleksi CPNS 2018. Seorang calon pelamar CPNS 2018 harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan untuk mengikuti tes seleksi CPNS 2018. Persyaratan ada yang bersifat umum dan khusus. Lebih jelasnya bisa dilihat di Jadwal dan Persyaratan CPNS 2018 Jawa Timur.

 

Pendaftaran


Langkah kedua yaitu melakukan Pendaftaran CPNS 2018 yang dilakukan secara online. Lebih jelasnya bisa dilihat di Panduan Pendaftaran Online Lowongan CPNS 2018. Tahap ini dinamakan tahap seleksi administrasi.

 

Pendaftaran ulang


Jika Anda sudah melakukan pendaftaran online, Anda akan melakukan proses pendaftaran ulang dengan menyiapkan dan mengirimkan berkas administrasi dan dikirim ke Kantor Badan kepegawaian Daerah (BKD) atau BKPP Jawa Timur tempat penyelenggaraan tes CPNS 2018 Jawa Timur melalui kantor pos setempat.

 

Ujian Kompetensi


Setelah melakukan proses pengiriman berkas administrasi, Anda akan mendapatkan balasan surat berupa nomor dan kartu ujian. Anda akan mendapatkannya jika Anda lolos tahap administrasi. Kemudian tahap selanjutnya yaitu ujian kompetensi. Anda akan melakukan ujian yang terdiri Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakterisik Pribadi (TKP), dan Tes Kompetensi Bidang.

 

Tes wawancara


Tahap kelima yaitu tes wawancara. Tes ini meliputi pertanyaan mengenai diri Anda dan pendapat Anda mengenai isu yang sedang terjadi saat ini.

 

Tes kesehatan


Tahap keenam yaitu tes kesehatan. Tes ini biasanya dilakukan di rumah sakit milik pemerintah. Tes kesehatan yang dilakukan seperti pengukuran tinggi badan, berat badan, penglihatan, pendengaran, dan tes lainnya.

 

Diklat pra jabatan


Tahap terakhir pada seleksi CPNS 2018, ialah diklat pra jabatan. Dalam tahap ini Anda akan di diklat selama 1 bulan dan diakhiri dengan uji kompetensi lagi. Jika Anda lolos pada uji kompetensi ini, Anda akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) bahwa Anda telah diangkat menjadi seorang pegawai negeri sipil. Setelah diangkat menjadi PNS, Anda akan melakukan beberapa tahapan.

 

Itulah beberapa informasi mengenai daftar formasi lowongan CPNS 2018 Jawa Timur. Semoga info tersebut dapat memberikan Anda gambaran apa yang akan terjadi setelah tahapan seleksi CPNS 2017 gelombang II selesai dan apa saja formasi yang benar – benar akan dibuka oleh Pemprov Jawa Timur pada CPNS 2018. Semoga sukses.

 

 

Bagikan :

Description
: Daftar Formasi Lowongan CPNS 2018 Jawa Timur
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Daftar Formasi Lowongan CPNS 2018 Jawa Timur