ebanyakan orang beranggapan bahwa hidup di kota lebih enak dan ideal untuk mencari uang. Termasuk juga penulis yang terkadang berpikir bahwa mencari penghasilan di kota lebih gampang dibandingkan dengan di desa. Sebelum anda berpikiran yang sama, kami akan membuka pikiran anda dengan membahas mengenai peluang usaha di desa atau di kampung yang menjanjikan yang dapat anda coba.


Ide peluang untuk membuka usaha di desa atau kampung sebenarnya banyak sekali. Bagi anda yang bercita-cita untuk menjadi karyawan, hidup di kota merupakan pilihan yang sangat tepat karena standar upah minimumnya akan lebih besar dibandingkan dengan di desa. Namun, jika anda hendak membangun sebuah usaha mungkin peluangnya akan sangat kecil untuk di kota.
Beberapa Contoh Usaha di Desa atau Kampung yang Menjanjikan
Adanya jaringan internet yang sudah memasuki daerah pedesaan, membuat kita merasa hidup di desa ataupun di kota akan terasa sama saja dalam hal berbisnis ataupun membuka usaha. Namun, pertanyaan yang sering muncul adalah mau usaha apa di desa? dan siapa yang akan membeli produk kita? Lupakan tentang pertanyaan-pertanyaan demikian. Sekarang coba simak dan cermati contoh-contoh peluang usaha di desa dalam artikel kali ini.
  1. Usaha Bidang Hidroponik
Usaha di bidang hidroponik merupakan salah satu usaha yang dapat anda jalani di desa atau kampung. Sistem hasil pertanian hidroponik sangat digemari oleh masyarakat yang menyukai hala yang lebih higienis. Sistem hidroponik juga dirasa lebih murah dan praktis apabila kita tahu bagaimana caranya.
Bertani sayuran dengan sistem hidroponik justru akan membuat pemanfaatan lahan menjadi lebih efektif. kita bisa mencoba bertani berbagai macam sayuran dengan menggunakan sistem hidroponik.
Tips memilih Jenis Media Tanam Hidroponik
Bagi anda yang ingin melakukan sistem penanaman hidroponik, berikut beberapa tips dan kriteria yang harus anda perhatikan saat memilih jenis media tanam yang akan digunakan:
  • Suatu media yang memiliki kemampuan untuk menyimpan air karena tanaman hidroponik membutuhkan nutrisi yang berada pada air tersebut.
  • Media harus memiliki struktur yang gembur agar nutrisi dapat tersimpan dan tersebar dengan baik.
  • Memiliki kandungan garam yang rendah
  • Media tidak mudah berubah bentuk walaupun terjadi perubahan suhu
  • Media harus bebas hama agar tanaman yang berada di media tumbuh dengan optimal
  • Memiliki kandungan kalsiumm dan kapur yang tinggi.
Untuk mengembangkan bisnis hidroponik dibutuhkan beberapa pengetahuan agar bisnis anda bisa sukses.
  1. Ternak Ayam Kampung
Terbatasnya pemenuhan akan pasokan daging ayam dapat anda jadikan sebegai pluang bisnis. pasalnya dari beberapa sumber yang kami baca, pada tahun 2015 hinggga 2016 kebutuhan akan daging ayam kampung terus mengalami peningkatan. Namun, pemasok ayam kampung hanya mampu memenuhi kebutuhan pasar sebesar 25%-30% saja, hal ini tentu saja tidak memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia secara lebih luas. Jadi dapat disimpulkan bahwa, peluang usaha ternak ayam kampung bisa menjadi peluang dengan prospek keuntungan yang menjanjikan.
Dalam melakukan budidaya ayam kampung di desa, anda dapat melakukannya dengan beberapa metode sebagai berikut:
  • Metode Umbaran
    Metode ini merupakan metode yang sangat populer di kalangan masyarakat desa karena tidak membutuhkan perawatan khusus. Metode umbar merupakan metode ternak ayam kampung dengan cara tradisional yakni membiarkan ayam mencari makanan sendiri. Metode ini merupakan metode yang sangat mudah karena anda hanya perlu menyediakan kandang sebagai tempat berteduh bagi ayam saat hujan atau tidur pada siang dan malam hari.
  • Metode Semi Intensif
    Metode semi intensif adalah dengan cara membuat kandang yang luas agar ayam tidak lepas kemana-mana. Misalnya dengan cara membuat pagar dari jaring ikan pada hamparan yang ada.
  • Metode Intensif
    metode intensif membutuhkan modal yang lumayan besar untuk pembuatan kandang dan biasya pakan. Untuk menerapkan metode ini anda harus memiliki pengetahuan yang cukup agar proses ternak dapat memberikan keuntungan.  Metode intensif biasanya dilakukan dengan mengurung ayam kampung sepanjang hari dan tidak dilepas kemana-mana.
     
  1. Pulsa HP dan Token Listrik PLN juga Bisa Dijalankan di Desa
    Banyaknya pengguna ponsel hingga ke pelosok desa dapat anda jadikan sebagai peluang untuk membuka bisnis pulsa HP dan token listrik PLN atau biasa disebut dengan bisnis pulsa elektrik.
                                      
    Peralatan yang Dibutuhkan untuk memulai bisnis pulsa elektrik
    Peralatan yang Dibutuhkan untuk memulai bisnis pulsa elektrik sangat sederhana, anda bisa menggunakan berbagai macam jenis HP mulai dari HP jadul hingga smartphone. Namun, akan lebih baik jika anda menggunakan smartphone karena saat ini banyak aplikasi canggih yang menyediakan pengisian pulsa elektrik secara cepat dan lebih murah.
     
    Besarnya Modal yang Dibutuhkan untuk Bisnis Pulsa Elektrik
    Besarnya modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, untuk pemula anda hanya membutuhkan uang sekitar Rp. 100 ribu untuk membuka saldo pulsa anda. Hal yang harus anda perhatikan saat menjalani bisnis ini adalah pastikan konsumen anda langsung membayar secara tunai atau gunakan catatan yang lengkap agar keuangan anda sehat karena usaha ini rawan dengan bond (bayar belakangan)
     
  2. Pom Bensin Mini Portable/Pertamini
Saat kita di desa biasanya akan sangat menemukan pom bensin. Dilihat dari bertambahnya jumlah kendaraan motor di desa, bisa dijadikan peluang bagi anda untuk membuka pom bensin mini. Peluang bisnis dapat dibilang cukup menjanjikan jika dikembangkan di wilayah desa yang sudah muali maju.
Rincian Besarnya Modal Usaha Pertamini
Berikut ini merupakan rincian besarnya modal usaha yang anda butuhkan untuk membuka bisnis pertamini ini:
  • Harga satu unit pertamini sekitar Rp. 5.000.000
  • Modal untuk membeli 100 liter bensin dengan harga perliter Rp. 7.500 = Rp. 750.000
  • Biayan listrik per bulan kurang lebih sekitar = Rp. 60.000
  • Alat keselamatan (portable pemadam kebakaran) = Rp. 150.000
  • Biaya lain-lain sekitar = Rp. 1.500.000
  • Total Kebutuhan biaya yang dibutuhkan = Rp. 7.460.000
Diatas merupakan rincian modal secara garis besar saja, secara akurat modal bergantung pada jenis lokasi, peralatan dan biaya lainnya.
  1. Rental PlayStation sebagai Peluang Usaha di Desa
    Bagi anda yang ingin membuka jasa rental, PlayStation khususnya anda harus bisa menjaga hubungan baik dengan masyarakat . Biasanya rental PlayStation akan menjadi musuh bagi orang tua yang ada disekitar rental tersebut. Untuk menjaga hubungan baik dengan masyrakat sekitar, anda dapat mengatur jadwal bermain game dan melarang anak bermain game pada saat jam sekolah.
     
    Anda bisa membuka usaha ini dengan cara bertanya terlebih dahulu pada orang yang sudah membuka usaha rental ini agar mendapatkan gambaran dan mengetahui keuntungan dan kendala dari usaha bisnis ini.
     
    Modal yang dibutuhkan untuk membuka rental Play Station adalah sekutar 3-5 juta rupiah untuk membeli setiap unit LCD dan console PS3, pada saat ini sudah banyak supplier PS3 yang menyediakan paket lengkap untuk usaha ini.
     
    Anda bisa mematok harga sekitar Rp. 3.500 setiap jamnya untuk daerah pedesaan. Untuk wilayah kota dengan fasilitas VIP biasanya akan dibanderol dengan harga hingga Rp. 5.000 untuk setiap jamnya.
Itulah beberapa Contoh peluang Usaha di Desa atau Kampung yang Menjanjikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan semoga menginspirasi anda untuk membangun usaha di desa anda sendiri. Terima Kasih.

Bagikan :

Description
: Contoh Usaha di Desa atau Kampung yang Menjanjikan
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Contoh Usaha di Desa atau Kampung yang Menjanjikan