Berbicara soal memulai bisnis, tentu yang pertama terpikirkan oleh Anda yaitu modal. Seringkali dalam memulai suatu bisnis, kendala utama sebagai pemula pasti berhubugan dengan masalah modal. Modal digunakan sebagai pengadaan awal barang dalam suatu bisnis. Namun perlu Anda ketahui, tidak semua bisnis memerlukan suatu modal. Benarkah itu?



Seiring majunya teknologi dan perkembangan zaman, sekarang ini bisnis tidak selalu harus menyiapkan modal, mengeluarkan banyak dana, harus memiliki toko, ataupun tempat yang nyata dan utuh. Anda hanya perlu menyiapkan modal internet dan gadget, Anda sudah dapat memulai bisnis. Bisnis yang dimaksud ialah bisnis “online shop”.

 

Apa itu online shop?


Hampir semua orang saat ini telah mengenal dan familiar dengan kata online shop. Online shop yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti “toko online”, merupakan toko yang memudahkan masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang mereka cari atau inginkan secara online. Hanya dengan membuka gadget yang memiliki internet, Anda bisa berbelanja tanpa harus keluar rumah.

 

Bisnis online shop tanpa modal


Sekarang ini banyak sekali penawaran bisnis online yang sering terlihat di internet, bahkan ada yang memberikan perhitungan keuntungan yang berlipat. Sebagai pemula, Anda harus sangat jeli. Ada beberapa penawaran bisnis tanpa modal malah membuat Anda mengeluarkan biaya banyak hanya untuk memberi produk atau barang terlebih dahulu. Lalu bagaimana dengan kesempatan para pemula untuk berbisnis online shop tanpa modal?

 

Tenang saja. Dengan menjadi seorang reseller ataupun dropshipper online shop dari berbagai produk seperti produk kecantikan, gadget dan elektronik, ataupun fashion, bisa menjadi pilihan Anda untuk memulai bisnis tanpa modal. Tentunya Anda juga perlu mempelajari bagaimana cara memulai bisnis online tanpa modal yang cukup mudah bahkan untuk pemula. Anda juga tidak perlu di beratkan untuk memiliki sebuah tempat berbisnis dan pastinya sangat fleksibel. Berikut ini penjelasan mengenai apa itu reseller dan dropshipper dalam online shop.


  • Reseller

Reseller ialah seseorang yang membeli produk atau menyetok barang dari distributor atau supplier suatu online shop dengan harga yang lebih murah dari pasaran kemudian dijual kembali dengan maksud ingin mendapatkan keuntungan dari penjualan barang tersebut.

 

  • Dropshipper

Dropshipper hampir sama dengan reseller. Perbedaanya ialah jika reseller wajib membeli dan punya stok barang, sedangkan dropshipper hanya memerlukan katalog produk atau barang hanya berupa foto-foto yang ditawarkan ke konsumen.

 

Saat ini banyak online shop yang menawarkan kesempatan untuk menjadi reseller ataupun dropshipper dari online shop mereka, dan tentunya denga ketentuan harga yang bersaing di pasaran dan peluangnya pun sangat menjanjikan. Lalu bagaimana cara memulai bisnis online shop tanpa modal?

 

Fasilitas pendukung untuk memulai bisnis online shop tanpa modal


Cara memulai bisnis onine shop tanpa modal cukup mudah. Dalam memulai bisnis ini, tentu diperlukan fasilitas pendukung. Apalah artinya bisnis online shop tanpa modal tidak ada perangkat pendukung online? Berikut fasilitas pendukung yang dibutuhkan untuk memulai bisnis online shop tanpa modal.

  • PC atau laptop

Jika Anda belum memiliki PC atau laptop, Anda dapat membuat website atau akun media sosial dari online shop di warnet sebagai sarana untuk berpromosi. Kemudian Anda dapat mengontrol website maupun akun media sosial Anda melalui smartphone Anda.

 

  • Koneksi dan kuota internet

Jika Anda akan berbisnis online shop, kuota internet yang Anda miliki dan koneksi internet yang ada sangatlah menentukan segalanya. Selama kuota internet Anda ada dan koneksi internet lancar, maka online shop yang Anda miliki tetap aktif dan eksis.

 

  • Website online shop

Jika Anda tidak bisa membuat website online shop Anda, Anda perlu menggunakan jasa pembuatan website online shop dan memerlukan sedikit biaya. Tetapi sebagai pemula yang tidak cukup memiliki modal, Anda dapat menggunakan domain wordpress ataupun blogspot sebagai lahan bisnis online shop Anda. Pembuatannya cukup mudah. Anda hanya perlu memiliki akun Google atau Yahoo, Anda sudah bisa menggunakan blog tersebut untuk dimanfaatkan sebagai lahan bisnis online shop milik Anda.

  • Pengetahuan tentang internet marketing

Bisnis jualan di internet sangatlah berbeda dengan bisnis jualan di pasar atau toko yang langsung berhadapan dengan konsumen. Bisnis jualan di internet, Anda akan berbicara dengan konsumen tanpa melihat wujudnya. Semakin menarik cara internet marketing yang Anda pakai, maka semakin banyak konsumen yang berminat dan bisnis online shop Anda akan semakin menguntungkan

 

Sebagai pemula, tentu dibutuhkan beberapa waktu untuk bisa memahami dan menguasai teknik dan trik dalam internet marketing atau berjualan secara online. Tetapi jika Anda rajin belajar dan mencari tau serta mau mencoba dan tidak putus asa, maka semua akan terasa lebih mudah.

 

Tips memulai bisnis online tanpa modal bagi pemula


Berikut beberapa tips memulai bisnis online shop tanpa modal bagi pemula.

  • Siapkan segala fasilitas

Seperti yang telah dijelaskan diatas, ada beberapa kelengkapan pendukung yang harus Anda siapkan sebelum memulai bisnis online shop tanpa modal. Contohnya saja seperti PC atau laptop, koneksi dan kuota internet, website online shop, dan lainnya.

 

  • Tentukan jenis produk atau barang dijual

Dalam memulai bisnis online tanpa modal, banyak pilihan kategori produk atau barang yang bisa Anda pilih sebagai produk yang akan dijual. Anda dapat menjadi reseller atau dropsipper fashion ala korea, pakaian muslimah syar’i, gadget brand ternama, produk kecantikan, pelangsing tubuh, peninggi badan, ataupun produk kesehatan herbal, dan lain sebagainya. Dengan menentukan jenis produk Anda, Anda dapat lebih jeli dala melihat tingkat penggunaan produk dan menghitung persentase peluang produk yang akan Anda jual serta keberhasilan bisnis online shop Anda.

 

  • Buatlah katalog produk

Membuat katalog produk pada website ataupun media sosial dari online shop Anda. Beberapa fasilitas gratis tersebut dapat Anda gunakan sebagai lahan untuk memasarkan produk dengan cara memajang foto produk, manfaat produk, tutorial penggunaan produk, dan hasil pemakaian produk dalam bentuk katalog. Salah satu cara ini terbukti ampuh sebagai bagian dari strategi pemasaran internet marketing.

 

Dengan pembuatan katalog, pengunjung dan calon konsumen dapat melihat apa saja produk yang Anda tawarkan berikut dengan harga dan kondisi produk. Dari sini juga, Anda dapat melihat traffic pengunjung laman bisnis online shop Anda. Setelah Anda membuat katalog produk, Anda dapat membagikannya ke berbagai media sosial online shop Anda seperti facebook, instagram, twitter, whatsapp, line, dan lainnya. Anda dapat melakukannya secara gratis, tanpa biaya sepeserpun.

 

  • Lengkapi informasi

Dikarenakan konsumen tidak dapat melihat langsung barang yang akan dibeli, maka Anda harus memberikan informasi selengkap mungkin mengenai produk, agar mereka mengetahui dan menghilangkan keraguan untuk membeli produk Anda dari faktor apapun. Jika Anda mendapatkan testimoni dari konsumen, jangan ragu untuk menampilkannya. Hal itu akan membangun kepercayaan calon konsumen Anda. Usahakan juga untuk selalu kooperatif kepada konsumen dalam menjawab pertanyaan mengenai detail produk atau kendala saat membeli produk Anda.

 

  • Sediakan Chat Service

Sediakan informasi kontak atau chat service yang siap sedia saat jam santai. Biasanya pengunjung akan aktif mengunjungi online shop Anda saat jam makan siang hingga jam pulang kerja. Anda dapat menggunakan fasilitas messenger gratis seperti WhatsApp, Facebook Chat, BBM, Line, dan lain sebagainya. Cantumkan juga nomor telepon Anda yang bisa dihubungi setiap waktu.

 

  • Berikan pelayanan yang prima

Selalu aktif, ramah, dan informatif pada konsumen, merupakan bagian dari upaya untuk menarik pengunjung agar betah berbelanja di online shop Anda. Sebagai penjual, Anda harus seramah dan seinformatif mungkin dalam menjawab pertanyaan dari konsumen. Dampaknya ialah konsumen akan merasa nyaman dan kembali untuk membeli produk Anda di lain waktu.

 

Itulah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis online shop tanpa modal bagi pemula dan tentunya bisa langsung Anda praktekkan sekarang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Bagikan :

Description
: Cara Memulai Bisnis Online Shop tanpa Modal bagi Pemula
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Cara Memulai Bisnis Online Shop tanpa Modal bagi Pemula
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Januari 05, 2018