Apa Itu Bisnis Online Dan Apa Saja Contohnya


Apabila anda sedang menjalankan bisnis dengan cara konvensional seperti membuka toko dan melakukan promosi melalui pamflet atau brosur, maka anda dapat dikatakan sebagai orang yang tidak mengikuti perkembangan zaman. Pada saat ini banyak sekali usaha-usaha yang menggunakan internet sebagai media perantara transaksi jual beli atau pertukaran informasi atau dapat disebut juga bisnis online. Untuk lebih memahami bisnis online, artikel ini akan membahas mengenai pengertian dana pa saja contoh dari bisnis onlie tersebut.

Apa itu Bisnis Online



Pengertian Bisnis

Bisnis adalah kegiatan jual beli barang maupun jasa antara satu orang atau lebih secara berulang-ulang. Sebagai oang yang cedas tettunya hal ini juga bisa di lakukan bagi pelajar yang ingin memulai bisnis online untuk pelajar SMP dan SMA. Tujuan utama dari kegiatan jual beli barang dan jasa tersebut adalah untuk memperoleh keuntungan yang telah diperkirakan. Fungsi dari hadirnya bisnis ini adalah memberikan nilai terhadap suatu produk yang dahulunya kurang bernilai atau kurang diminati. Dengan adanya bisnis akan terjadi proses pengolahan, sehingga barang menjadi lebih diminati. Selain dari faktor pengolahan, adanya permintaan (demand) atas suatu produk barang atau jasa, akan membuat barang dan jasa tersebut memiliki harga jual dan berani memainkan penawaran.

Pengertian Online

Kata online terdiri atas dua suku kata yaitu on dan line. On memiliki arti kata hidup dan line memiliki arti saluran atau jaringan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa online adalah sebuah perangkat yang hidup dan mampu mengakses jaringan atau saluran internet. Sebuah perangkat computer atau laptop yang hidup belum tentu dapat dikatakan online, karena belum tersambung dengan jaringan internet. Seperangkat alat komunikasi yang hidup tanpa tersambung dengan jaringan internet disebut offline.

Pengertian Bisnis Online

Bisnis online adalah aktivitas atau transaksi jual beli antara dua orang atau lebih yang menggunakan media jaringan internet sebagai perantara. Aktivitas atau transaksi tersebut dapat berupa jual beli, pemasaran, dan informasi. Sama halnya dengan bisnis, tujuan dari bisnis online ini adalah memperoleh keuntungan dari transaksi atau aktivitas yang dilakukan baik jual beli, pemasaran, maupun pemberian informasi melalui media website.

Penggunaan jaringan internet sebagai perantara bisnis ini masih tergolong baru karena Indonesia adalah negara yang baru berkembang. Dahulu internet hanya digunakan sebagai alat atau media untuk melakukan komunikasi secara pribadi antara dua orang atau lebih. Namun, seiring berkembangnya zaman dan pola pikir penduduk Indonesia, akhirnya terdapat sosok-sosok kreatif yang mampu melihat peluang memperoeh keuntungan dari jaringan internet ini. Mereka mulai merintis usaha tanpa membuat lapak atau toko untuk menggelar barang dagangan, namun gambar dari barang dagangan tersebut diupload ke internet agar pengguna internet lainnya dapat melihat.

Sebenarnya bisnis dengan menggunakan media internet ini akan memiliki keuntungan yang lebih besar karena mengurangi biaya produksi toko atau lapak. Dengan berkurangnya biaya produksi tersebut, maka pengusaha atau penjual akan menetapkan margin laba yang kecil. Apabila margin laba yang dtetapkan kecil, maka harga jual atas produk barang dan jasa yang diperjualbelikan akan menjadi lebih murah. Seperti yang kita ketahui bahwa naluri manusia adalah mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dengan biaya yang dikeluarkan sekecil-keclinya. Sama halnya dengan kasus jual beli online ini, apabila barang yang dijual memiliki harga yang murah, maka banyak orang yang akan berusaha melihat website dan membeli barang dagangan kita.

Apa Saja Contoh Bisnis Online??

Jual Beli

Contoh usaha rumahan yag bisa di onlinekan, sebelum mengetahuinya anda harus tau apa itu bisnis online. PContoh ertama dari bisnis online adalah jual beli. Apabila seseorang berusaha membuat bisnis online dengan cara mengupload barang dagangannya ke internet, maka para pembelinya pun juga akan melakukan pembelian dengan media internet. Berikut ini adalah contoh bisnis jual beli online dengan menggunakan jaringan internet.

Jual beli pakaian

Contoh pertama dari bisnis jual beli online adalah jual beli pakaian, jualan tas secara online, Bisnis jual beli pakaian secara online atau tas pada saat ini adalah salah satu bidang bisnis yang sangat diminati oleh para pengusaha. Bukan hanya dari kalangan pengusaha, pada saat ini bisnis jual beli pakaian secara online ini juga sangat diminati oleh para pelajar maupun mahasiswa karena memang modal dan alur penjualan yang tidak terlalu rumit. Biasanya pengusaha jual beli pakaian online ini akan menggunakan media social Instagram, facebook, dan website.

Para pengusaha jual beli pakaian online tersebut tidak perlu repot-repot membuat lapak atau toko untuk menggelar barang dagangan mereka. Selain itu, para pengusaha tersebut juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyetok barang persediaan. Hal tersebut dikarenakan para penjual tersebut akan langsung mengirim barang dagangan yang dibeli pelanggan dari distributor langsung ke alamat pembeli.

Transportasi online

Contoh kedua dari bisnis jual beli online adalah moda penggunaan jasa transportasi menggunakan jaringan internet. Sama halnya dengan bisnis jual beli pakaian online, penggunaan jasa transprtasi online ini pada saat ini sangat diminati oleh para penduduk Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan munculnya banyak perusahaan transportasi online seperti gojek, uber, grab, dan masih banyak lagi.

Selain melakukan transportasi online, perusahaan tranportasi online tersebut juga melayani pembelian makanan dan minuman dengan menetapkan tarif yang telah disepakati. Untuk menggunakan layanan jasa tranportasi dan jasa pembelian makanan tersebut, anda dapat mengunduh aplikasi dengan nama yang sama pada play store di ponsel anda.

Pemasaran

Contoh kedua dari bisnis online adalah pemasaran. Dengan menggunakan media internet, anda dapat melakukan pemasaran atas suatu barang maupun jasa. Biasanya pemasaran secara online ini dilakukan dengan meggunakan media website untuk memberikan penjelasan mengenai informasi dan keunggulan atas suatu barang maupun jasa tertentu.

Selain menggunakan website, pemasaran secara online ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan media social seperti Instagram dan youtube. Salah satu contoh dari pemasaran dengan media social adalah endorse. Endorse adalah pemasaran atas produk dan jasa tertentu dengan menggunakan jasa selebgram atau artis. Dengan penggunaan artis atau selebram sebagai perantara pemasaran, maka produk barang dan jasa yang ditawarkan akan dianggap lebih kredibel dan terpercaya.

Selain media social Instagram, youtube juga dapat digunakan sebagai media pemasaran secara online. Pada saat ini banyak orang yang ingin membagikan kegiatan sehari-hari atau perjalanannya menggunakan media video yang diunggah ke youtube, dengan harapan banyak orang yang akan menontonnya. Sama halnya dengan endorse pada media social Instagram, pemasaran dengan youtube ini juga akan menggunakan tokoh-tokoh yang dikenal dan disukai oleh masyarakat.

Pemberian Informasi

Contoh ketiga dari bisnis online adalah pemberian informasi melalui media internet. Mengumpulkan informasi atas berbaga hal kemudian menuliskan dan menguploadnya ke website dengan bantuan internet adalah salah satu jenis bisnis online. Para blogger tersebut akan mendapatkan keuntungan atas pengunjung yang mengunjungi website atau blog mereka. Salah satu contoh bisnis online pemberian informasi adalah artikel yang saya tulis ini. Artikel ini berisi informasi mengenai pengertian dan contoh dari bisnis online agar banyak orang yang lebih memahami bisnis online itu sendiri.

Nah, demikialah sedikit pembahasan mengenai pengertian dan apa saja contoh dari bisnis online. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk lebih memahami moda bisnis dengan media internet ini.

Bagikan :

Description
: Apa Itu Bisnis Online Dan Apa Saja Contohnya
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Apa Itu Bisnis Online Dan Apa Saja Contohnya