Rajin bangun pagi akan membuat badan menjadi sehat dan bugar. Udara pagi yang sejuk akan membuat tubuh kita menjadi segar dan siap untuk beraktifitas sepanjang hari. Sejak zaman dahulu, orang tua sering mengingatkan kita untuk selalu bangun pagi agar rejeki tidak dipatok ayam. kata-kata tersebut ternyata bukanlah pepatah dengan omong kosong belaka. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pengusaha sukses yang menerapkan kebiasaan bangun pagi tersebut menjadi salah satu fakto yang dapat membuat bisnisnya berkembang.


Jika anda ingin menjadi pebisnis yang hebat dan sukses anda harus biasakan diri mulai dari sekarang untuk bangun pagi. Dari beberapa buku yang kami baca, sudah banyak pengusaha sukses yang dalam kesehariannya selalu menjaga pola tidur dan bangun di pagi hari walaupun hari libur sekalian.
Selain pebisnis karyawan yang juga membuka usaha sampingan sangat dianjurkan untuk bangun pagi agar dapat mengatur waktu antara kerja dan berwirausaha. Untuk lebih lengkapnya mengenai Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja untukKaryawan anda dapat membacanya didalam artikel tersebut di blog ini.
Manfaat Bangun Pagi Secara Umum
Ada banyak sekali orang yang bekerja hingga malam hari dan tidak terbiasa bangun pagi. Padahal bangun pagi memiliki beberapa manfaat tersendiri bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat bangun pagi yang dapat anda rasakan jika dilakukan secara rutin:
  1. Membuat Lebih Bahagia
    Bangun pagi dapat membuat sausana hati seseorang menjadi lebih bahagia setiap harinya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang terbiasa bangun pagi akan terlihat lebih bahagia.
     
  2. Tubuh lebih Sehat dan Bugar
    Bangun pagi akan membuat anda lebih bersemangat untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Hal ini akan membuat nada memiliki tubuh yang sehat dan bugar. Selain itu bangun pagi juga dapat membuat suasana hati lebih baik dan memberikan energi positif untuk beraktivitas seapanjang hari.
     
  3. Membuat Orang Lebih Sukses
    Hal ini dibuktikan dengan dilakukannya penelitian oleh Universitas Texas pada tahun 2008. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa mahasiswa yang bangun di pagi hari memiliki nilai GPA dan IPK yang lebih tinggi dibandingkan dengan mahasiswa yang jarang bangun pagi.
     
  4. Membuat Mental Lebih Sehat dan Positif
    Orang yang bangun di pagi hari akan membuat suasana hati menjadi lebih baik dan membuat mental kita menjadi lebih optimis.
     
  5. Lebih Produktif
    Bangun pagi akan membuat anda menjadi lebih produktif karena orang yang bangun pagi memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan segalanya dan siap menjalani rutinitas setiap harinya.
Beberapa Alasan Pebisnis Harus Bangun Pagi
Berikut beberapa alasan mengapa anda sebagai pebisnis harus rajin bangun pagi:
  1. Suasana Pagi Hari yang Tenang
    Sebagai seorang pebisnis ketika hari sebelumnya kita sibuk mengerjakan berbagai macam kegiatan usaha suasana pagi hari merupakan salah satu suasana yang paling tenang yang dapat menyegarkan kembali pikiran dan otak anda karena tidak ada suasana setenang pagi hari.
     
    Hal ini karena pada saat pagi hari kita baru saja bangun dari istirahat kita di malam hari dan pada saat tersebut anda masih belum bersentuhan dengan kegiatan apapun sehingga pikiran kita masih fresh dan segar.
     
    Walaupun waktu di pagi hari tergolong sempit, namun di pagi hari merupakan waktu yang sangat efektif sebagai sarana untuk melakukan evaluasi terhadap bisnis yang anda jalani dan merencanakan strategi bisnis untuk hari berikutnya.
     
    Denga pikiran yang masih segar dan fresh biasanya akan memunculkan ide-ide kreatif, segar dan brilian yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Ide kreatif sangat diperlukan untuk mengembangkan bisnis anda sehingga dapat berkembang dan mendapatkan omset yang lebih besar pula.
     
  2. Dorongan Motivasi Yang Kuat
    Terkadang masalah bisnis di hari sebelumnya akan membuat kita merasa down dan membuat khawatir. Dengan rajin bangun pagi dan suasananya yang tenang dan dapat memotivasi diri, rasa khawatir tersebut akan serta merta akan hilang dan luntur bersama dengan matahari pagi yang terus meninggi. Anda akan merasakan adanya dorongan untuk bisa lebih tegar dalam menghadapinya dan memotivasi diri anda sendiri.
     
    Dorongan motivasi sangat penting sekali bagi para pebisnis dengan adanya semangat akan membuat anda melakukan berbagai macam kegiatan dengan baik. Bahkan jika anda terlampau malas, anda bisa saja akan kehilangan kesempatan besar yang memiliki peluang untuk menghasilkan keuntungan dan penghasilan yang besar.
     
  3. Tersedia Waktu yang Lebih Senggang
    Bagi pebisnis dengan kegiatan yang cukup padat, bangun di pagi hari akan membuat kita memiliki waktu yang lebih senggang untuk memulai berbagai kegiatan sepanjang hari. Anda bisa menenangkan pikiran dengan berolahraga dan minum teh untuk sekedar meluangkan waktu bersama keluarga anda.
     
    Bangun pagi juga dapat menghindari anda untuk tidak terburu-buru akibat bangun kesiangn yang akan mengakibatka anda melewatkan pertemuan bisnis dan melupakan hal-hal penting karena tergesa-gesa. Pebisnis harus bisa mengatur waktu dengan baik. Bangun pagi juga akan membuat anda terhindar dari macet sebab berangkat terlalu siang biasanya akan berpotensi terkena macet. Hal ini akan membuat jadwal dan rencana yang anda susun dihari sebelumnya menjadi kacau.
     
  4. Waktu yang Tepat untuk Berdoa
    Di pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat bagi anda untuk memanjatkan doa untuk kelangsungan hidup dan bisnis anda sepanjang hari dan sepanjang hidup anda selanjutnya. Bagi para pebisnis muslim, pasti sudah mengetahui bahwa doa yang bisa terkabul dengan segera adalah doa yang di panjatkan di sepertiga malam hingga subuh. Pada waktu tersebut, merupakan sebuah waktu yang  sangat tepat untuk meminta dan berdoa kepada Allah SWT.
     
    Pebisnis yang sukses biasanya akan selalu berusaha dan berdoa kepada Tuhannya agar bisnis yang dijalankan berjalan dengan lancar. Untuk itu, manfaatkanlah waktu di pagi hari untuk berkomunikasi kepada Tuhan yang maha kuasa untuk kelancaran berbagai macam kegiatan yang akan anda kerjakan sepanjang hari.
     
  5. Menjaga Kesehatan
    Pebisnis yang sukses harusnya bisa menjaga kesehatannya. Menjaga kesehatan merupakan hal yang penting untuk dilakukan oleh semua orang, termasuk pebisnis. Apalagi bagi anda pebisnis pemula menjaga kesehtaan dan kebugaran tubuh dengan pola hidup yang sehat seperti bangun pagi sangat diperlukan untuk mengontrol sendiri bagaimana perkembangan laju bisnis anda. Apabila kesehatan anda terganggu, hal ini akan menganggu laju bisnis anda juga.
     
    Anda dapat memanfaatkan waktu di pagi hari untuk berolahraga seperti senam pagi, lari pagi, ataupun olahraga ringan. Beroloh raga di pagi hari dapat membantu anda cepat dalam mengambil keputusan yang tepat. Tepat dalam mengambil keputusan merupakan hal yang sangat penting karena terlambat dalam mengambil keputusan akan dijadikan sebagai peluang bagi pesaing dan dapat merugikan bisnis anda.
     
  6. Melatih Kedisiplinan
    Bagi para pebisnis kedisiplinan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diterapkan. Dengan rajin bangun pagi, secara tidak langsung anda sedang melatih kedisiplinan diri anda. Kedisiplinan merupakan hal yang sangat penting karena waktu yang sibuk atau senggang yang dimiliki oleh seseorang dapat ditentukan oleh diri anda sendiri sebagai pebisnis.
     
    Orang yang biasa bangun pagi pasti menjaga waktu dan disiplin untuk tidur dan bangun tepat pada waktunya. Dengan disiplin terhadap pola tidur anda, selain dapat melatih kedisiplinan anda juga dapat menjaga kesehatan anda dengan bangun pagi seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.
Itulah beberapa hal yang menjadi alasan seorang pebisnis harus rajin bangun pagi. Ternyata bangun pagi memiliki berbagai macam manfaat yang sangat bermanfaat sekali jika diterapkan oleh pebisnis. Ditambah lagi, pebisnis yang menerapkan disiplin waktu untuk bangun pagi akan berdampak pada perkembanngan bisnis dan usahanya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Bagikan :

Description
: Alasan Seorang Pebisnis Harus Rajin Bangun Pagi
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Alasan Seorang Pebisnis Harus Rajin Bangun Pagi