Pada saat ini di era globalisasi, perkembangan dunia digital dapat dirasakan memiliki dampak positif yang banyak meskipun di iringi dengan dampak negatif pula yang akan timbul. Salah satu dampak positif yang dapat kita lihat secara nyata sekarang ini adalah mulai berkembangnya bisnis toko online. Bisnis toko yang berjualan dengan metode online ini sekarang banyak peminatnya dibandingkan dengan bisnis toko offline atau transaksi secara tatap muka langsung.

Bisnis toko online yang sering kita dengar ini adalah bisnis berjualan yang dimana took tersebut melakukan transaksi secara online dan produknya di kirim melalui jasa kurir. Namun pada awalnya memang kebanyakan toko online ini tadinya menjual secara offline, hanya saja dikarenakan adanya internet, penjual juga menginginkan jaringan konsumen yang lebih luas dan tidak terbatas, yaitu dengan membuka toko online.

Saat ini potensi yang ditawarkan bisnis toko online sangat banyak mendatangkan keuntungan. Akan tetapi, tidak sedikit pula para pelaku bisnis toko online yang membuat kelalaian dalam mengelola sehingga membuat olshopsepi. Setiap bisnis pasti ada pasang surutnya dalam hal keuntungan, begitu pula bisnis toko online. Ada saatnya, para pebisnis toko online mengalami hambatan yaitu usaha sepi pengunjung. Sehingga perlu anda pahami pula penyebab dan bagaimana cara mengatasi toko yang sepi agar tidak mengalami kerugian. Berikut ini akan dijelaskan beberapa alasan yang dapat menyebabkan toko online sepi dan bagaimana cara mengatasinya.

Harga yang Tidak Kompetitif

Hal yang paling sensitive untuk dibahas dalam urusan bisnis yaitu harga. Tidak semua konsumen bangga dengan barang yang berharga mahal ataupun yang terlalu murah, apalagi mereka membelinya secara online. Maka memastikan harga yang ditawarkan tersebut kompetitif yakni tidak terlalu mahal serta tidak terlalu murah.

Harga jual produk yang tidak kompetitif ini juga menjadi salah satu alasan mengapa toko online sepi jika di bandingkan dengan toko lain. Saat ini konsumen semakin pintar dan mereka pasti melakukan survey harga terlebih dahulu, baru menentukan produk mana yang paling murah dengan kualitas sama yang akan mereka beli.

Tips: Sebaiknya, seperti yang konsumen lakukan, anda juga erlu melakukan survey harga ke beberapa toko online lain yang menawarkan produk yang sama. Jangan sampai anda menawarkan harga yang terlalu tinggi sampai tidak ada orang yang mau membeli, serta jangan sampai memberikan harga yag terlalu murah sehingga hal ini akan mengurangi keuntungan anda.

Loading Website Toko Online yang Terlalu Berat

Memang terdengar begitu sepele, namun hal ini anda juga tidak boleh meremehkannya. Masalah seperti inilah yang akan memicu para pengunjung menjadi malas untuk mengunjungi toko online anda kedua kalinya. Walaupun produk yang anda jual begitu menarik, tetapi apabila website terlalu lama untuk diakses, pengunjung akan bosan dan akhirnya membatalkan untuk mengunjungi toko online anda.

Penyebab loading website toko online ini tentu beragam sekali, tapi yang paling sering menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu penggunaan script yang terlalu banyak, memasang berbagai plugin yang akan mengakibatkan loading web yang memberatkan server, serta dapat disebabkan oleh pemilihan lokasi server yang kurang tepat.

Tips: sebisanya anda menghindari penggunaan script dari luar situs (import script). Jika anda menggunakan ukuran script dalam jumlah banyak melebihi ukuran rata-rata tentunya akan berdampak pada loading website yang akan semakin berat pula, maka dari itu gunakan ukuran script yang kecil yakni berkisar 10 kb – 100 kb. Dan jika target pasar kita adalah masyarakat lokal, anda hanya perlu menggunakan server lokal dengan data center yang berada di Indonesia.

Jarang Melakukan Promosi

Walaupun saat ini anda sudah membuat toko online, lantas anda lupa untuk melakukan promosi. Promosi ini sangat penting dilakukan bagi para pebisnis baik itu offline maupun online, mengingat pula saat ini persaingan di dunia online shop semakin sengit. Jangan sampai toko online anda menjadi sepi pengunjung yang diakibatkan hanya karena kalah promosi dengan toko lain.

Tips: Banyak sekarang ini para pelanggan yang memanfaatkan promosi berupa diskon, voucher, sampai gratis ongkir di hari-hari tertentu. Selain promosi yang dapat menguntungkan pembeli, promosi juga bisa berupa memanfaatkan berbagai media social yang dapat memasarkan produk anda dengan baik. Contohnya saat ini adalah Facebook, Twitter, atau bisa membuka toko online di Instagram, dan masih banyak lagi. Akan tetapi anda juga perlu memperhatika bahasa promosi anda yang menarik tetapi masih memiliki etika. Selain itu, anda juga harus bisa menginformasikan tentang promo yang sedang berlaku saat itu juga. Jangan sampai pelanggan anda kecewa sampai marah karena tidak mendapatkan info yang asti tentang promo seperti voucher tersebut.

Kepercayaan yang Kurang dari Pembeli

Sebuah kepercayaan dari calon pembeli ini sangat penting anda perhatikan, karena anda juga tahu bahwasannya bisnis online berbeda dengan bisnis offline. Pembeli toko online hanya dapat melihat gambar barang dan harga yang tertera serta deskripsinya saja, mereka tidak tahu secara nyata tentang barang yang akan mereka beli. Maka dari itu, bangun kepercayaan pelanggan itu merupakan syarat mutlak untuk menjalani bisnis toko online.

Penyebab kurangnya kepercayaan dari calon pembeli ini biasanya adalah:

  • Tampilan website toko online yang kurang menarik dan terkesan tidak professional
  • Penggunaan domain yang gratisan
  • Tidak menyertakan contact person yang dapat dihubungi.
  • Tidak ada testimoni dari pembeli sebelumnya yang akan meyakinkan calon pembeli untuk bertransaksi.

Tips: cara mengatasinya sebenarnya mudah saja. Anda hanya perlu memperhatikan dan memperbaiki dari penyebab-penyebab diatas. Rubah sedikit penampilan toko online anda menjadi lebih menarik dan professional dengan menampilan contact person anda yang dapat dihubungi dan juga jangan lupa mengupload testimoni dari pembeli sebelumnya. Anda juga dapat mengganti extensi domain dari yang awalnya tadi gratisan menjadi berbayar, seperti dot com, web id, atau dot id, agar jauh lebih baik kualitasnya.

Gambar Produk yang Kurang Jelas dan Tidak Menarik

Gambar produk pada toko online merupakan penentu bagi calon pembeli untuk memutuskan jadi atau tidaknya calon pembeli tersebut membeli produk anda. Maka dari itu, alasan mengapa toko online anda sepi dari pembeli adalah gambar atau foto yang di pasang tidak jelas serta tidak menarik karena beresolusi rendah. Resolusi gambar yang rendah juga dapat mengakibatkan gambar menjadi pecah saat pada mode zoom, yang nantinya akan mengurangi minat pelanggan untuk membeli.

Tips: seharusnya anda dapat menggunakan kamera yang beresolusi tinggi untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas dan menarik. Serta jika anda memiliki budget yang lebih banyak, anda juga data menyewa seorang fotografer professional untuk mengambilkan gambar produk anda agar mendapatkan hasil yang lebih menarik hasrat konsumen untuk membeli.

Deskripsi Produk yang Kurang atau Berlebihan

Selain gambar, para calon pembeli pastinya juga membutuhan dekripsi dari produk yang sejelas-jelasnya. Berikan deskripsi yang menarik namun juga harap berhati-hati ketika anda memberikan deskripsi produk tersebut. Jangan samai terlalu memaksakan diri yang akhirnya terkesan berlebihan dan mengada-ada.

Tips: tetaplah bersikap dan memberikan informasi produk yang jujur dan jelas. Pastikan anda menulis deskripsi produk sesuai dengan kondisi produk yang sebenarnya.

 

Itulah beberapa alasan yang paling sering menjadikan bisnis toko online sepi pengunjung dan disertai dengan tips untuk mengatasinya. Semoga bermanfaat bagi anda yang memulai atau sedang menjalankan bisnis toko online. Sekian dan terima kasih.

Bagikan :

Description
: Alasan, Mengapa Toko Online Anda Sepi Pembeli Serta Tips Mengatasinya
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Alasan, Mengapa Toko Online Anda Sepi Pembeli Serta Tips Mengatasinya