Gagal dalam seleksi CPNS tahun – tahun sebelumnya? Jangan khawatir, mungkin tahun 2018 ini akan menjadi perjuangan terakhir anda ikut dalam seleksi CPNS. Kabar gembira bagi para pencari kerja yang mengincar posisi pekerjaan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).


 


Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRP) akan membuka kembali pendaftaran CPNS di tahun 2018 atau digelombang ketiga seleksi CPNS. Pada gelombang ketiga ini dilakukan khusus untuk penerimaan CPNS untuk formasi pemerintah daerah. Lihat fakta CPNS 2018 lainnya juga di Fakta-FaktaMengenai CPNS 2018.

 

100 Ribu akan Diterima pada Formasi Guru


Pada gelombang pertama, telah diterima sebanyak 17.521 CPNS untuk Kementerian Hukun dan HAM, sedangkan pada gelombang kedua, telah diterima sebanyak 17.928 formasi untuk mengisi jabatan pada 30 kementerian, 30 lembaga negara, dan 1 pemerintah provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara. Jumlah total CPNS yang diterima pada dua gelombang di tahun 2017 sebanyak 35.449 pendaftar dari 1.2 juta pendaftar. Pada gelombang ketiga nantinya yang akan diselenggarakan tahun ini, akan menerima CPNS jauh lebih banyak sekitar 100 ribu lebih untuk formasi guru. Selain itu untuk formasi tenaga kesehatan juga terbanyak pada CPNS 2018 kali ini.

 

CPNS 2018 diprioritaskan untuk Formasi Guru dan Tenaga Kesehatan


Pihak Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian PANRB Republik Indonesia saat ini masih sedang memvalidasi data usulan formasi dari tiap – tiap instansi yang diajukan. Herman Suryatman merencanakan akan selesai pada bulan ini.

 

Selama dua bulan kedepan, Kementerian PANRB akan menetapkan formasi yang dibutuhkan dari usulan – usulan tiap instansi dan akan mengumumkan pembukaan seleksi CPNS kepada masyarakat Indonesia. Asman selaku menteri dari Kementerian PANRB mengatakan bahwa penerimaan CPNS kali ini akan diprioritaskan untuk formasi guru dan tenaga kesehatan.

 

4 Tahun tanpa Penerimaan CPNS


Setelah 4 tahun tidak ada perekrutan calon pegawai negeri sipil baru, kini penerimaan CPNS akan dibuka kembali pada tahun 2018. Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Asman Abnur mengatakan bahwa pembukaan 100 ribu lebih lowongan atau posisi akan dilakukan berdasarkan perhitungan PNS yang pensiun. Asman mengatakan “Inshaa allah kita buka pakai metode minus gross. Akan ada 120 ribu orang calon PNS termasuk formasi untuk pegawai daerah”

 

Selama 4 tahun terakhir, Indonesia sudah melaksanakan moratorium penerimaan CPNS. Dalam waktu 4 tahun tersebur, ada sekitar 400 ribu PNS yang sudah pensiun. Jika tidak dilakukan segera penerimaan CPNS nantinya akan terjadi ketimpang pejabat eselon II dan eselon III. Pada tahun 2017, sudah sebanyak 37 ribu PNS yang diterima untuk formasi pemerintah pusat. Formasi tersebut telah diperebutkan sebanyak 1.2 juta pendaftar CPNS. Setelah dihitung dan dikalkulas, masih ada posisi kosong sebanyak 220 ribu dikarenakan ditinggal pensiun.

 

Menteri PANRB juga meminta agar Provinsi DKI untuk cepat mengajukan formasi penerimaan CPNS di daerahnya. Beliau meminta DKI agar Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk menghitung beban kerja yang dibutuhkan, terutama untuk formasi tenaga guru dan tenaga kesehatan. Asman mengatakan “Tolong prioritaskan guru dan kesehatan, 2018 mohon kalau awal januari sudah menerima rencana usulan”. Kabar gembira dan jangan berkecil hati untuk masyarakat yang belum lolos pada seleksi CPNS tahun sebelumnya. Pada tahun ini yaitu tahun 2018, pemerintah akan kembali membuka seleksi penerimaan CPNS 2018.

 

Jika pada tahun 2017 seleksi CPNS mayoritas dilakukan untuk Kementerian atau Lembaga di pemerintahan pusat, kali ini pada tahun 2018 penerimaan CPNS akan didominasi untuk pemerintah daerah. Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengatakan bahwa pihak Kementerian PANRB telah mengusulkan jumlah formasi PNS untuk penerimaan seleksi CPNS 2018 ke Kementerian Keuangan.

 

Penerimaan CPNS tidak akan Melebihi PNS yang Pensiun


Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (PANRB) saat ini telah mengajukan jumlah penerimaan CPNS ke Kementerian Keuangan dengan mengatakan “Yang jelas pada tahun 2018 itu yang akan pensiun sebanyak 250.000 orang, dimana 38.000 itu pemerintah pusat dan sisanya di daerah. Posisi terakhir baru itu yang kami sampaikan ke Kementerian Keuangan untuk 2018.”

 

Pada penerimaan seleksi CPNS 2018, pemerintah akan tetap melakukan seleksi dengan menggunakan sistem zero growth. Hal ini dikarenakan moratorium yang sampai saat ini belum dicabut oleh Asman Abnur, selaku menteri dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

 

Usulan Posisi dan Jadwal Seleksi CPNS 2018


Kementerian PAN-RB saat ini sudah menerapkan model e-formasi untuk melakukan proses validasi pada usulan posisi yang dilakukan oleh instansi pemerintahan. Dengan digunakannya sistem ini, proses validasi akan membutuhkan waktu lebih singkat dibandingkan tidak menggunakan sistem tersebut. Kementerian PANRB akan menyetujui posisi – posisi yang sesuai dengan visi misi masing – masing pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

 

Untuk jadwal seleksi CPNS 2018, pihak Kementerian PANRB mengaku masih belum memastikan bulan apa akan dilaksanakan tetapi pihaknya memiliki tenggat waktu yang diharapkan. Setiawan mengatakan bahwa biasanya mereka kalau sudah mengusulkan, nantinya akan ditunggu usulan dari instansi pemerintahan. Baru nanti mereka akan memvalidasi dan akan mereka lakukan di bulan Februari – Maret 2018. Jika sudah selesai, baru akan ada persiapan pembukaan lagi.

 

Alasan Penting menjadi Seorang PNS


Berikut ini merupakan alasan – alasan penting mengapa Anda perlu menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

 

Banyak tunjangan diluar gaji pokok


Jika Anda menjadi pegawai negeri sipil, ada berbagai tunjungan selain gaji pokok yang akan Anda terima. Contohnya seperti tunjangan keluarga, tunjangan makan, dan tunjangan kinerja.

 

 

Tidak perlu khawatir di PHK


Anda tidak perlu khawatir akan diberhentikan dari pekerjaan dikarenakan suatu hal jika Anda menjadi pegawai negeri sipil. Contohnya saja seperti dikarenakan kondisi perekonomian maupun instansi tempat Anda bekerja. Anda hanya perlu fokus pada bidang pekerjaan yang Anda geluti agar hasil pekerjaan yang Anda kerjakan menjadi lebih baik dan bagus. Meskipun gaji seorang PNS tidak sebanding dengan pekerja swasta, dengan adanya tunjangan, profesi sebagai PNS menjadi profesi yang diidam – idamkan banyak orang.

 

Memiliki waktu berwirausaha


Mempunyai dua pekerjaan dalam satu waktu merupakan hal yang wajar jika Anda menjadi PNS. Jika Anda seorang wirausahawan tetapi diterima menjadi pegawai negeri sipil, itu adalah hal yang patut dibanggakan dan tidak perlu dikhawatirkan akan kehabisan waktu untuk membagi pekerjaan. Seorang PNS memiliki jam kerja, jadi Anda dapat memanfaatkan waktu luang Anda untuk mengerjakan usaha Anda atau merintis suatu usaha baru untuk dijadikan pekerjaan sampingan.

 

Ikut turun tangan membantu pemerintahan


Jika Anda menjadi pegawai negeri sipil, Anda dapat langsung turun tangan membantu pemerintahan dengan menjadi salah satu bagian dari suatu lembaga atau kementerian terkait. Jadi usaha anda untuk adanya perubahan nyata pada negara Indonesia menjadi lebih mudah terwujud.

 

Bertemu orang penting di Indonesia


Anda memiliki kesempatan untuk bertemu orang – orang penting di Indonesia jika Anda menjadi pegawai negeri sipil. Terutama jika Anda bekerja di bagian lembaga atau kementerian yang terkait dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh wakil rakyat.

 

Itulah beberapa informasi mengenai jumlah formasi guru yang akan diterima pada seleksi CPNS 2018. Semoga bermanfaat.

 

 

Bagikan :

Description
: 100 Ribu Lebih CPNS 2018 Akan Diterima Pada Formasi Guru
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: 100 Ribu Lebih CPNS 2018 Akan Diterima Pada Formasi Guru
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Januari 17, 2018