Terlepas dari 3 K/L yang sudah mengumumkan kelulusan CPNS 2018, dengan adanya perubahan ini maka semua kelulusan CPNS baik Pemerintah Daerah maupun K/L kini sepenuhnya berada di tangan Panselnas dan akan diumumkan paling cepat tanggal 21 Desember 2013 di sscn.bkn.go.id dan instansi hanya akan merelay pengumuman tersebut.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) semenjak awal sudah menetapkan jadwal rinci rangkaian tes CPNS 2018. Di antaranya yaitu pengumuman hasil ujian format lembar tanggapan komputer (LJK), yakni antara pekan keempat sampai 3 Desember, namun jadinya jadwal itu dikoreksi panitia.

Kemen PAN-RB telah memastikan bahwa pengumuman hasil tes CPNS 2018 akan dirilis pada 17 Desember. Itu artinya mundur sekitar dua pekan dari jadwal semula. Penyebab penundaan ini murni disebabkan urusan teknis pemindaian lembar jawaban.

Semula pengumuman hasil seleksi CPNS dari pelamar umum dijadwalkan sebagai berikut:

- Instansi yang menggunakan LJK (Lembar Jawaban Komputer)


- Instansi dengan ujian CAT


Berdasarkan perubahan lampiran SURAT EDARAN Nomor : SE/10/M.PAN-RB/08/2013, jadwal pengumuman seleksi CPNS mundur sekitar 2 ahad baik untuk honorer maupun pelamar umum. Dibawah ini jadwal tahapan seleksi CPNS dari Pelamar Umum:

1. Lembar Jawaban Komputer (LJK)
 

















2. Computer Assisted Test (CAT)




Sebagai citra jumlah K/L yang mendapat gugusan CPNS 2013 sebanyak 69 K/L, Pemerintah Provinsi sejumlah 23 sedangkan Pemkab/Kota mencapai 237 instansi.

Dari 69 K/L tersebut sebanyak 47 instansi menggunakan ujian TKD dengan CAT sisanya sejumlah 22 instansi melakukan ujian TKD sistem LJK.  Ke-22 K/L tersebut ada dalam daftar dibawah ini:

Daftar K/L dengan LJK*:


























* sisanya menggunakan CAT

Dengan klarifikasi di atas, setidaknya sanggup diperkirakan waktu pengumuman tiap tahapan seleksi CPNS (misalnya: pengumuman hasil TKD/TKB dan kelulusan). Patokannya yaitu model sistem ujian TKD, menggunakan CAT atau LJK, lalu apakah instansi tersebut juga mengadakan ujian TKB selain TKD.

Hasil resmi nanti akan diumumkan pada website website Kemen PAN-RB atau Badan Kepegawaian Negara (BKN).


Bagikan :

Description
: Perubahan CPNS 2018 Kegiatan Pengumuman Hasil Tes Cpns
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Perubahan CPNS 2018 Kegiatan Pengumuman Hasil Tes Cpns
Posted by: Windari Loker2018.com Updated at:Juni 15, 2017