Loker2018.Com ~ Kapan ya jadwal tes CPNS 2018-2019? Pengumuman Jadwal CPNS 2018-2019 berisi tentang jadwal pendaftaran online CPNS 2018-2019 dan juga info jadwal CPNS lainnya yang secara resmi yang berhak mengeluarkan itu adalah Panselnas Menpan ataupun SSCN BKN, selain dari itu tidak benar. Oleh karenanya simak info terbaru dari Panselnas Menpan CPNS dan juga SSCN BKN hanya disini Pengumuman Jadwal Pendaftaran CPNS Online 2018-2019 Panselnas Menpan dan SSCN BKN dari Loker2018.com

Mengutip dari Tempo "Insya Allah Januari sudah mulai kami umumkan," Pernyataan Menpan Asman pada Kamis, 28 Desember 2017 lalu di Jakarta.
Namun tidak lama kemudian muncul kabar bahwa pelaksanaan Pendaftaran CPNS 2018 akan dilaksanakan Februari 2018 untuk pengumuman formasi dan Maret 2018 untuk Pendaftaran Online Peserta CPNS.

Dan yang terakhir dimuat oleh Liputan6, bahwa Menpan Asman mengatakan pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018 berlangsung di bulan Maret dan April Tahun 2018.

"Maret-April. Akan ada pendaftaran, teknis itu, jadi tunggu saja," kata Menpan Asman di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Senij (15/1/2018).
Update terbaru :

Pendaftaran CPNS pada Mei 2018 dan Pelaksanaan Tes CPNS di Bulan Juli 2018, penjelasannya lebih lanjut mengenai Pendaftaran CPNS 2018 tersebut silahkan Lihat Tanggal Pendaftaran CPNS 2018, jangan lupa info resmi hanyalah yang berasal dari menpan.go.id dan bkn.go.id, simak juga info CPNS 2018 lainnya sebagai berikut.



  • Pendaftaran CPNS 2018 Jalur Umum Lulusan SMA
  • Pendaftaran CPNS Guru Jalur UMUM Honorer dan TKS Tahun 2018-2019
  • Formulir Pendaftaran CPNS Daerah 2018 di SSCN.BKN.Go.Id
  • Pengangkatan CPNS Honorer K2 Menjadi CPNS 2018 Beserta Jadwal Dan Alasannya


  • Penantian yang panjang akan bukaan tes CPNS bukan lagi menjadi hal yang langka malahan pendaftaran CPNS itu sendiri yang bisa dibilang langka karena pelaksanaannya tidak bisa berlangsung tiap tahun bahkan ada daerah yang telah menggunakan APBD melebihi 50% tidak diperkenankan melakukan perekrutan CPNS. Bila sebelumnya di tahun 2015, 2016 dan 2017 sedikit sekali bukaan CPNS lalu bagaimana dengan tahun 2018-2019 ini? Yuk simak infonya.

    cpns 2018 2019

    Selanjutnya berapa banyak lowongan CPNS yang akan dibuka pada seleksi CPNS 2018 yang akan datang???

    Menurut Menpan Asman :

    "Sesuai dengan kesepakatan minimum 50 persennya berarti 110 ribu, tergantung nanti kemampuan keuangan,".

    Saat bukaan CPNS resmi ada maka banyak orang berbondong-bondong mengikuti seleksi. Semua ingin menjadi PNS dengan berbagai alasan. Bahkan asumsi PNS yakni kerja santai penghasilan stabil sudah tidak asing lagi ditelinga. Namun itu dulu karena PNS sekarang adalah pelayan masyarakat yang mempunyai jiwa melayani, untuk itu jangan pernah ikut tes CPNS jika hanya ingin kerja santai. Apapu kerjanya maka semua butuh perjuangan dan tak ada yang tidak kerja namun dapat uang. Semua punya timbal balik termasuk profesi sebagai CPNS.


    Ada ragam bidang Kompetensi dalam bukaan CPNS 2018-2019 


    Saat jadwal tes CPNS telah resmi ditetapkan oleh Panselnas Menpan yang turut juga diresmikan oleh SSCN BKN maka ada banyak kompetensi yang dibutuhkan untuk setiap lowongan CPNS yang ada. Dan satu formasi yang diikuti dalam tes CPNS itu akan ada satu kualifikasi bidang ilmu misalnya untuk tes CPNS Guru maka syarat utama yang wajib dipenuhi adalah penyandang gelar Sarjana Pendidikan.

    Prioritas utama adalah yang menunjang pembangunan daerah, dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut maka "ada sarjana teknik, dan sarjana arsitektur yang diprioritaskan," kata Menpan Asman saat ditemui beberapa waktu lalu.

    Bila di era dulu dapat ditemui lulusan ekonomi bisa menjadi guru kemudian lulusan kesehatan menjadi guru bahkan lulusan hukum pun ada menjadi guru maka untuk bukaan tes CPNS ditentukan disiplin ilmunya karena ini merupakan salah satu langkah pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas pegawai dimulai dari perekrutan. Sistem perekrutannya pun berlangsung menggunakan sistem CAT atau menggunakan aplikasi di komputer dengan koneksi internet langsung ke Panselnas. Jadi siapa yang lulus tes adalah yang memperoleh nilai tertinggi dengan syarat lulus ambang batas nilai atau passing grade yang telah ditetapkan.


    Lalu bidang kompetensi apa saja yang ada dalam bukaan tes CPNS 2018-2019? Hal ini didasarkan dari kebijakan moratorium karena jika kebijakan ini menjadi pedoman maka bidang yang mendapatkan pengecualian hanya ada 2 yakni tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Untuk itu di tahun 2018-2019 jumlah yang memenuhi porsi terbesar dalam penerimaan cpns 2018-2019 adalah guru dan tenaga kesehatan.

    Sebagai contoh adalah Pemprov DKI Jakarta yang secara khusus diminta oleh Menteri Asman Abnur untuk mengutamakan pendaftaran CPNS di bidang guru, dokter dan bidan dalam pelamaran CPNS 2018.

    Mengenai ajuan formasi Pemprov DKI mengirimkannya kepada Kemenpan-RB yang ajuan kuota CPNS tersebut telah disampaikan pada 15 Mei 2017. Hal ini mengingat memang sejak 2017 lalu Pemprov DKI perlu tambahan PNS sebanyak 47.325, hal ini dipicu oleh berlakunya kebijakan moratorium sejak 6 tahun lalu atau tepatnya tahun 2012.

    Untuk mengetahui lebih detail mengenai informasi seputar lowongan CPNS 2018 Guru dan CPNS 2018 Kesehatan silahkan Lihat Pendaftaran CPNS Guru 2018-2019.

    Selanjutnya mengenai CPNS daerah tampaknya tak semua daerah hanya menerima CPNS Guru dan tenaga kesehatan melainkan juga ada daerah yang memang butuh bidang lain, misalnya pertanian, lalu staf di BKD atau kementerian tingkat daerah dan apa saja yang memang dibutuhkan pada bukaan tes CPNS 2018-2019. Karenanya pastikan menerima info terbaru terkait hal itu atau bisa dengan pantau terus info dari loker2018.com ini.


    Peran Panselnas Menpan dalam bukaan tes CPNS 2018-2019
     

    Dalam setiap seleksi ada panitia penyelenggara maka dalam bukaan tes CPNS ada Panselnas Menpan yakni Panitia Seleksi Nasional yang merupakan kewenangan dari Menpan, oleh karena itu peran dari Panselnas Menpan itu sangatlah penting dalam penentuan lancar tidaknya proses pendaftaran CPNS 2018-2019 itu. Maka untuk tahun 2018-2019 maka tes CPNS 2018-2019 akan diatur oleh Panselnas Menpan 2018-2019.


    Mengenai prosesnya adalah keputusan diadakannya perekrutan CPNS akan diumumkan terlebih dahulu melalui surat resmi yang dikirim oleh Panselnas Menpan pusat kepada BKD di Kota atau kabupaten penyelenggara, selanjutnya barulah pengumuman resmi ini disebarkan ke publik untuk bisa diikuti oleh peminat CPNS tahun 2018-2019. Jika memang telah resmi diumumkan maka panitia CPNS di daerah akan menambah lagi kebijakan yang ditentukan oleh kepala daerah terkait dengan syarat khusus, misalnya SKCK, Perjanjian denda bila mengundurkan diri dan lain sebagainya.


    Setelah resmi dibuka di publik maka jadwal yang dimaksud sudah resmi dibuka, selanjutnya adalah tinggal proses pendaftaran lalu ujian kemudian pengumuman. Untuk proses pendaftaran dilakukan dengan cara registrasi online di website Panselnas Menpan dan SSCN BKN lalu pengiriman berkas lewat pos kemudian selanjutnya adalah ikut ujian sesuai dengan jadwal ditempat yang telah ditentukan oleh panselnas menpan, tertera di Kartu Tanda Registrasi CPNS 2018-2019.


    Panselnas Menpan sendiri akan membuka proses pendaftaran online CPNS di website resmi miliknya yakni panselnas.menpan.go.id kemudian dilanjutkan pada proses pendaftaran di SSCN BKN.


    Pengumuman Jadwal CPNS Resmi oleh SSCN BKN 


    SSCN BKN merupakan singkatan dari Sistem Seleksi CPNS Nasional Badan Kepegawaian Negara. Karenanya proses pendaftaran CPNS 2018-2019 tidak lepas dari SSCN BKN, pada pelaksanaannya situs resmi SSCN BKN yang beralamat di sscn.bkn.go.id merupakan tempat akses formulir pendaftaran CPNS Online. Selain itu nantinya proses pengumuman CPNS pun akan dilakukan oleh SSCN BKN.


    Lalu kapan jadwal Pendaftaran CPNS 2018-2019 yang ditetapkan oleh Panselnas Menpan dan SSCN BKN? Pelaksanaan pendaftaran CPNS itu akan berlangsung secara nasional oleh karenanya tunggu jadwal terbaru itu hingga ada info resmi dari Panselnas Menpan maupun SSCN BKN atau bisa pantau terus info CPNS melalui loker2018.com ini.

    Bagikan :

    Description
    : Jadwal Pendaftaran CPNS Online 2018-2019 Panselnas Menpan dan SSCN BKN
    Rating
    : 4.5
    Reviewer
    : Windari Sanjaya
    ItemReviewed
    : Jadwal Pendaftaran CPNS Online 2018-2019 Panselnas Menpan dan SSCN BKN