Kenali dan Persiapkan Diri Untuk Ikuti 3 Tes CPNS di Kabupaten Alor ~ Diketahui, terdapat tiga jenis tes yang harus diikuti untuk menjadi PNS di Kabupaten Alor. Tes jenis apakah yang harus diikuti? Cari tahu jawabannya disini.


Untuk menjadi PNS, diharuskan mengikuti tes bukanlah hal yang rahasia lagi. Hampir semua orang di Indonesia mengetahui hal tersebut, termasuk pelamar dari Kabupaten Alor. Namun pertanyaan yang muncul kemudian adalah jenis ujian apakah yang akan muncul dalam tes CPNS tersebut? Karena dengan mengetahui jenis dan materinya, maka pelamar dapat melakukan persiapan sebelumnya. Untuk mengetahui jenis tes yang mungkin diberikan, bacalah artikel ini hingga usai dan temukan jawabannya.

3 Tes yang Akan Dihadapi Calon Peserta CPNS Kabupaten Alor

Sebenarnya, tes ini tidak hanya dapat dilakukan untuk suatu daerah. Karena, semua pelamar disetiap daerah harus melalui tes ini. Lantas, apakah tes yang harus diikuti? Berikut informasinya,

1. Tes Karakteristik Pribadi

Berbeda dengan jenis tes yang lainnya, tes yang kali ini akan menunjukkan karakter diri. Di mana didalamnya meliputi, orientasi pelayanan, kemampuan, semangat prestasi, motivasi kerja, kerjasama, mampu mengintegritas diri dan yang lainnya. Melalui nilai ini, tentunya calon tempat bekerja di Kabupaten Alor, dapat menilai apakah pelamar layak untuk ditempatkan dibagian yang diinginkan atau tidak.

2. Tes Wawasan Kebangsaan

Karena Anda akan bertugas sebagai pelayan masyarakat dan negara, maka dibutuhkan sedikit pengetahuan tentang negara. Biasanya, pelamar akan ditanyakan tentang penguasaan pengetahuan dan implementasi 4 pilar, sistem negara, bahasa Indonesia yang baik dan benar, dll. Jika memang belum terlalu mengerti tentang hal tersebut, sebaiknya belajar dari sejak dini. Agar dapat berhasil untuk melaluinya.

3. Tes Intelegensia Umum

Bagian ini, pelamar akan dihadapkan dengan soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan verbal dan kemampuan numerik. Atau dapat dikatakan, tes ini akan menelaah kemampuan logika pelamar. Bagi Anda yang ingin mempersiapkan tes ini, sebaiknya mencari latihan soal TPA yang banyak dijual di toko buku.

Untuk beberapa kementrian ataupun dinas, biasanya akan diadakan tes lain selain ketiga tes ini. Oleh karenanya, bagi pelamar PNS di Kabupaten Alor, pastikan mengetahui tes yang diadakan oleh kementrian tersebut. Agar dapat mempersiapkannya sebelum tes dimulai.

Pemerintah Kabupaten Alor kemungkinan akan membuka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk tahun 2018. Alasan utama Pemerintah Daerah Kabupaten Alor masih tetap akan membuka CPNS Tahun ini yakni karena masih kekurangan PNS dan banyaknya PNS yang pensiun tiap tahunnya.

Pembukaan Pengumuman Penerimaan CPNS Tahun ini Kabupaten Alor dijadwalkan sekitar bulan Oktober 2018 nanti. Karena memang selama ini berdasarkan aku, penerimaan CPNS biasanya dibuka mulai sekitaran bulan September, Oktober, November setiap tahunnya.

Formasi Jabatan yang akan dibuka oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Alor untuk CPNS Tahun ini nantinya yakni menyerupai Tenaga Guru, Tenaga Teknis, Tenaga Kesehatan, Tenaga Penyuluh dan Tenaga Lainnya.

Persyaratan CPNS Tahun ini
Persyaratan CPNS Tahun ini Kabupaten Alor kemungkinan masih menyerupai CPNS tahun lalu. Contoh: Pelamar yakni warga Indonesia, Tidak pernah di aturan penjara, Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Sehat jasmani dan rohani dan lain-lain.

Tata Cara Pendaftaran CPNS Tahun ini
Tata Cara Pendaftaran untuk CPNS Tahun ini Kabupaten Alor nantinya masih menyerupai biasanya, yaitu melaksanakan registrasi CPNS secara online di www.panselnas.menpan.go.id dan www.sscn.bkn.go.id

Sebelum anda melaksanakan pendaftaran, disarankan Anda mendownload gugusan CPNSnya dulu. Untuk melihat gugusan yang dibuka dan jurusan yang diterima silahkan Bapak/Ibu download pengumuman resminya. Formasi ini harus Anda download biar anda sanggup menentukan pilihan Anda. Untuk mendownload gugusan CPNS Tahun ini ini sanggup anda download dari browser Mozilla Firefox, Google Chrome atau browser yang lain. Formasi ini akan berbentuk file PDF, sehingga lebih cepat untuk didownload. Namun, jikalau Anda menentukan tidak mendownload formasinya, Anda sanggup eksklusif melaksanakan Pendaftaran awal.

Tahapan Seleksi Pendaftaran CPNS Tahun ini
Tahapan seleksi Pendaftaran CPNS itu menyerupai Seleksi Administrasi, mencetak kartu registrasi serta melaksanakan verifikasi dengan cara pelamar mengantar eksklusif berkas  registrasi atau mengirim berkas melalui kantor pos ke Kantor BKD Kabupaten Alor yang beralamat di kota Kalabahi. Kalau sudah lulus Administrasi biasanya akan mendapat yang namanya Kartu Nomor Ujian. Setelah itu gres menunggu agenda dan seleksi pelaksanaan TKD dan TKB

LAIN-LAIN
Pengumuman Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 Kabupaten Alor akan dimuat di website Panselnas, Menpan, sscn.bkn dan website resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Alor di www.alorkab.go.id. Begitu sudah dimuat, kau tinggal mendownload gugusan CPNS Tahun ini dari website tersebut diatas.
Sebelum gugusan CPNS Tahun ini ditetapkan oleh Menpan, biasanya pemda Kabupaten Alor mengusulkan terlebih dahulu anjuran Formasi CPNS Tahun ini, nantinya tertangkap berair disana berapa orang yang diterima dan jabatan apa yang dibutuhkan
Menurut aku, ujian CPNS Tahun ini nanti masih memakai sistem CAT. Karena pengalaman CPNS 2014 ujian yang dilaksanakan dengan sistem CAT sanggup dinilai cukup sukses, dan pastinya akan didukung oleh masyarakat bila ujian CPNS Tahun ini nanti memakai CAT.
Jadwal ujian TKD dan TKB CPNS Tahun ini dengan sistem CAT akan diumumkan di website resmi Kabupaten Alor, bahkan ada juga pemda yang mengumumkan lewat fanspage Facebook resmi mereka.
Pengumuman hasil ujian TKD dan TKB 2018 akan diumumkan di website Menpan.go.id dan website resmi Kabupaten Alor.
Pengumuman daftar nama yang dinyatakan lulus CPNS Tahun ini akan dimuat di website resmi Kabupaten Alor dan di surat kabar lokal.

Bagikan :

Description
: 3 Tes yang Akan Dihadapi Calon Peserta CPNS Kabupaten Alor
Rating
: 4.5
Reviewer
: Cessa Morena
ItemReviewed
: 3 Tes yang Akan Dihadapi Calon Peserta CPNS Kabupaten Alor