Cara Daftar CPNS 2018 - Lowongan Kerja CPNS, Inilah Nilai Ambang Batas Passing Grade Kelulusan CPNS Periode Dua. Pasalnya penerimaan calon pegawai negeri sipil untuk periode dua tahun anggaran 2018 sudah memasuki babak seleksi kompetensi dasar (SKD). Instansi yang akan melaksanakan ujian SKD CPNS ialah 60 kementerian/lembaga melalui agenda dan lokasi yang sudah ditentukan masing masing lowongan. Seperti yang diketahui bahwa seluruh 60 kementerian/lembaga akan memulai pelaksanaan seleksi tahap berikutnya yaitu seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan memakasi sitem seleksi computer assisted test atau lebih dikenal dengan kependekan CAT. Dikabarkan panitia CPNS sudah mengumumkan nama-nama pelamar CPNS 2018 gelombang II yang akan mengikuti tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD)

Seperti pada penerimaan CPNS periode satu yaitu evaluasi Ambang Batas Passing Grade Kelulusan CPNS juga digunakan supaya bisa memilih apakah peserta mempunyai hasil yang sesuai / standar kelulusan pada masing masing instansi. Pemerintah perlu memilih alat ukur berupa nilai ambang batas tertentu dalam seleksi CPNS ibarat pada pengalaman seleksi sebelumnya, terkait pelaksanaan SKD dengan pertimbangan untuk menjamin terpenuhinya kompetensi dasar oleh setiap CPNS.

Nilai Ambang Batas Kelulusan CPNS Periode Dua
Sebelumnya,  pada 7 September 2018 dilakukan penandatangan terkait nilai ambang batas oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur terkait menandatangani Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 22 Tahun 2018 perihal Nilai Ambang Batas Tes Kompetensi Dasar CPNS Tahun 2018. Penandatanganan itu dilakukan sesuai dengan dasar Permenpan mengenai ujian seleksi kompetensi dasar CPNS tahun 2018 mencakup tes karakteristik pribadi, tes integelegensia umum, tes wawasan kebangsaan.

 
 Inilah Nilai Ambang Batas Passing Grade Kelulusan CPNS Periode Dua Inilah Nilai Ambang Batas Passing Grade Kelulusan CPNS Periode Dua
Inilah Nilai Ambang Batas Passing Grade Kelulusan CPNS Periode Dua

Telah ditentukan passing grade ataupun nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar untuk CPNS Periode dua dalam bahan itu antara lain 143 untuk tes karakteristik pribadi, 80 untuk tes intelegensia umum, dan 75 untuk tes wawasan kebangsaan.

Jadi Berdasarkan Permenpan ini, maka setiap peserta harus mempunyai nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar CPNS terdiri dari TKP, TIU dan TWK sesuai passing grade diatas 

Kamu harus mempunyai kemampuan dan banyak berguru supaya nilai ujian SKD mencakup tes karakteristik pribadi, tes integelegensia umum, tes wawasan kebangsaan diatas nilai ambang batas. 

"Ketentuan sebagaimana dimaksud tidak berlaku bagi peserta yang mendaftar pada jenis gugusan cumlaude atau dengan pujian, penyandang disabilitas, putra-putri Papua/Papua Barat, tidak termasuk untuk jabatan calon hakim," suara pasal 4 ayat 1 Permenpan ini.

Selain itu ditegaskan pula, hasil seleksi kompetensi dasar sebagaimana dimaksud didasarkan pada pemeringkatan.

Untuk gugusan jabatan dokter spesialis, penerbang, pelatih penerbang, rescuer, anak buah kapal, pengamat gunung api, dan penjaga mercu suar, termasuk gugusan untuk Papua, Papua Barat dan kabupaten/kota di Papua dan Papua Barat, berdasarkan Permenpan ini, hasil seleksi kompetensi dasar didasarkan pada pemeringkatan.

Bentuk Soal Soal SKD CPNS Periode dua
Untuk soal soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem Computer Assisted Test (CAT).yang harus anda jawab sebanyak 100 soal di depan komputer. Tahukah anda bahwa Soal yang diujikan dalam SKD ini terdiri dari tiga kelompok, yakni Tes Karakteristik Pribadi  (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 (empat) Pilar Kebangsaan Indonesia

Tes Intelegensi Umum (TIU) dimaksudkan untuk menilai Kemampuan verbal yaitu kemampuan memberikan warta secara mulut maupun tulis, Kemampuan numerik yaitu kemampuan melaksanakan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka, Kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melaksanakan daypikir secara runtut dan sistematis; dan Kemampuan berpikir analitis yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dimaksudkan untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja berdikari dan tuntas, kemauan dan kemampuan berguru berkelanjutan, kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Jadi kunci keberhasilan seseorang untuk lulus dalam tes seleksi ujian CPNS Periode dua ini ialah banyak berguru dan kerja keras. Ingat pengalaman dari banyak sekali peserta CPNS Periode pertama, Mereka menunjukkan kunci keberhasilan hanya dengan satu tanggapan yaitu, Belajar dan terus belajar. Sebagai rekomendasi pembelajaran maksimal, silakan pelajarin soal soal latihan SKD disini

Demikianlah warta mengenai Inilah Nilai Ambang Batas Passing Grade Kelulusan CPNS Periode Dua, semoga saja menjadi warta yang bermanfaat khususnya yang sedang mengikuti ujian cpns periode dua

Bagikan :

Description
: Inilah Nilai Ambang Batas Passing Grade Kelulusan Cpns Era Dua
Rating
: 4.5
Reviewer
: Windari Sanjaya
ItemReviewed
: Inilah Nilai Ambang Batas Passing Grade Kelulusan Cpns Era Dua