Maraknya Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK pada saat ini menjadi momok bagi para karyawan yang bekerja disuatu perusahaan atau sebagainya. Terkadang setelah mendapatkan PHK, orang akan bingung akan kemana setelah berhenti bekerja.


Bagi anda yang masih menjadi karyawan di sebuah kantor atau perusahaan anda dapat mengantisipasi terjadinya PHK dengan membangun bisnis sambil bekerja, selain anda dapat menghasilkan pendapatan tambahan dari bisnis anda, anda juga dapat mengembangkan bisnis anda menjadi lebih besar lagi dan tidak khawatir jika mengalami pemutusan Hubungan Kerja dari perusahaan atau kantor tempat anda bekerja.



Strategi Membangun Bisnis Sambil Bekerja untuk Karyawan

Bukanlah suatu hal yang sulit untuk membangun bisnis sambil bekerja sebagai karyawan, jika anda mengetahui strategi dan tips serta cara yang tepat untuk menjalani bisnis yang akan anda geluti. Salah satu cara membangun bisnis pada umumnya adalah dengan melakukannya secara total dan fokus. Selain itu juga harus konsisten agar pengelolaan manajemen bisnis dapat diatur dengan baik.

Hal diatas memang benar namun, bagi anda yang masih menjadi kartawan bukan berarti tidak mendapatkan kesempatan untuk membangun usaha dan berbisnis. Pada saat ini tidak jarang pengusaha masih tetap menekuni pekerjaan awalnya sebagai karyawan. Bahkan tidak dapat dipungkiri bahwa hasil yang mereka daptkan dari berbisnis lebih besar dibandingkan dengan gaji yang mereka dapatkan.

Keuntungan Membangun Bisnis Sambil Bekerja Bagi Karyawan

Dalam hal ini yang menjadi sorotan bukanlah sebuah pekerjaan, namun bagaimana anda dapat membagi waktu antara menjadi karyawan dan mengurus bisnis anda agar tetap berjalan dengan baik.

Etos kerja yang seperti demikian patut anda contoh, berikut ini beberapa keuntungan serta manfaat yang akan anda peroleh saat membangun bisnis sambil bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan :

  • Menambah Penghasilan
    Tidak dapat dipungkiri saat anda menjalani suatu bisnis sambil bekerja sebagai karyawan, anda akan berpeluang untuk mencapai kebebasan finansial karena mendapatkan penghasilan ganda yakni dari bisnis yang anda miliki dan dari gaji yang anda dapatkan sebagai karyawan.
  • Antisipasi Terjadinya PHK
    Bisnis yang anda bangun pada saat anda menjadi karyawan bisa saja akan menolong anda pada saat anda mendapatkan PHK dari perusahaan tempat anda bekerja sebagai karyawan. Anda dapat langsung beralik ke usaha anda saat anda mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)
  • Sarana Uji Coba
    Anda dapat menjadikan bisnis yang anda bangun saat menjadi karyawan sebagai kegiatan uji coba, sehingga pada saat anda benar-benar masuk dalam dunia bisnis anda sudah mendapatkan pengalaman yang banyak dari berbisnis.
  • Banyak Relasi
    Dengan  membangun sebuah bisnis, anda akan mendapatkan banyak relasi misalnya konsumen dan supplier serta rekan yang memiliki visi dan misi yang sama.
  • Skill dan Kreatifitas Baru
    Tanpa anda sadari bisnis yang anda geluti saat menjadi karyawan dapat melatih skill dan kreatifitas yang baru.

Itulah beberapa manfaat dan keuntungan dari membangun bisnis sambil bekerja untuk karyawan.

Tips Sukes Membangun Bisnis Sambil Bekerja sebagai Karyawan

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membangun bisnis sambil bekerja bagi karyawan? jika anda tertarik untuk membangun bisnis sambil bekerja, yuk simak tips membangun bisnis sambil bekerja untuk karyawan berikut ini.

  1. Memilih Bisnis yang Tepat
    Tips yang pertama adalah pilihlah bisnis yang tepat bagi anda yang menjadi karyawan fulltime. Bagi karyawan fulltime mungkin akan sulit untuk mendirikan sebuah usaha bisnis yang konsisten dan berfokus ke bisnis. untuk itu anda harus pintar-pintar memilih jenis usaha untuk membangun bisnis sambil bekerja.
  2. Mengukur Kemampuan Diri
    Mengukur kemampuan diri untuk melakoni suatu bisnis sangat penting untuk dilakukan bagi anda yang ingin membangun bisnis sambil bekerja. Pikirkan sejauh mana anda mampu melakoni bisnis yang akan anda bangun dan ukurlah kemampuan finansial anda.
    Usaha bisnis denga modal kecil dapat anda jadikan pilihan untuk membangun bisnis sambil bekerja. Anda dapat memulai membangun bisnis jika anda mulai memikirikan ideusaha bisnis untuk karyawan bermodal kecil.
  3. Hindari Pemakaian Modal Besar
    Ketika anda memutuskan untuk membangun bisnis sambil bekerja, maka disini anda dituntu untuk dapat mengelola bisnis dengan baik dan benar. Jika anda sampai salah anda akan mengalami kegagalan. Pahamilah kesulitan dan hambatan yang mungkin akan terjadi sehingga dapat membuat bisnis dengan modal kecil sebagai pilihan bagi anda untuk membangun suatu bisnis.
  4. Pahami Kontrak Kerja
    Bagi anda yang masih menjadi karyawan disuatu perusahaa, akan lebih baik jika anda memahami terlebih dahulu kontrak kerja yang anda miliki dengan intansi terkait. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kapan waktu luang anda untuk melakukan kegiatan lain yakni membangun bisnis sambil bekerja.
  5. Menjaga Reputasi
    Tetaplah jaga reputasi anda di lingkungan kantora ataupun perusahaan dengan cara menjaga attitude anda dalam bekerja. Anda harus memahami selain mempunyai bisnis, anda juga masih harus bertanggung jawab terhadap tugas anda sebagai karyawan.
  6. Disiplin dan Konsisten
    Walaupun anda menjalani kegiatan ganda yakni membangun bisnis dan menjadi karyawan, anda harus tetap fokus dan disiplin. Pastikan semua pekerjaan yang menjadi tanggung jawab anda tidak terbengkalai.
  7. Buat Jadwal secara Berkala
    Anda dapat mencocokkan waktu antara pekerjaan kantor dan urusan bisnis agar tidak kres antara keduanya, dengan poin ini anda harus bangunpagi agar sukses dan waktu anda tidak banyak terbuang untuk tidur, Jika cara ini anda terapkan saya yakin anda akan lebih leluasa dalam melakukan manajemen waktu antara keduanya.
  8. Siapkan Orang Kepercayaan (Tangan Kanan)
    Bagi anda yang ingin membangun bisnis sambil bekerja, jika usaha bisnis anda sudah mengalami kemajuan anda dapat menyiapkan atau menyuruh orang lain yang anda percaya atau biasa disebut tangan kanan untuk menjalankan bisnis tersebut. Pastikan tangan kanan yang anda suruh dapat dipercaya untuk mengelola usaha anda.
  9. Perizinan Bisnis
    Seperti halnya bisnis yang lainnya, saat anda membangun sebuah bisnis anda juga harus mendaftarkan bisnis anda untuk mendapatkan surat izin usaha. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar bisnis yang anda jalani berjalan dengan lancar tanpa gangguan dan hambatan apapun.
  10. Sarana Pembelajaran
    Ketika anda bekerja sebagai karyawan di suatu perusahaan, anda dapat menjadikannya sebagai media pembelajaran yakni mengetahui cara mengelola usaha dengan baik dan bagaimana menjadi atasan atau pemimpin (leader) yang baik pula bagi para karyawan.
     
    Gunakan waktu anda sebaik mungkin agar anda dapat mengambil pelajaran dari para kolega perusahaan dan dapat menambah ilmu bisnis anda untuk diterapkan pada usaha bisnis yang anda bangun sendiri.

Itulah beberapa informasia menganai tips yang dapat anda jadikan sebagai bahan renungan dan pemikiran untuk membangun usaha yang cocok bagi anda yang ingin membangun bisnis sambil bekerja sebagai karyawan. Semoga artikel ini beramanfaat, Terima kasih telah membaca dan mengunjungi.
Description
: Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja Untuk Karyawan
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Tips Membangun Bisnis Sambil Bekerja Untuk Karyawan