Lolos dari seleksi CPNS merupakan impian dari semua pendaftar yang ikut dalam seleksi CPNS tiap tahunnya. Setiap orang yang ingin menjadi pegawai negeri sipil berharap untuk lolos tes seleksi CPNS. Calon pegawai harus berusaha dalam setiap tahapan yang dijalani agar lolos dalam tes seleksi.
 
 

Jika Anda lolos dari tes seleksi CPNS, tentu Anda harus mensyukuri hal itu dikarenakan memang selain sulit untuk didapatkan dan harus bersaing dengan banyak peserta tes lain. Apalagi jika bisa lolos murni tanpa sogokan itu bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi Anda ditengah kepercayaan masyarakat yang saat ini minim sekali untuk mempercayai bahwa tes CPNS itu berlangsung secara transparan, terbuka, dan akuntabel.
 
Semenjak digunakannya sistem CAT (Computer Assisted Test), semua persepsi mengenai tindak korupsi dalam penyelenggaraan seleksi CPNS mulai mengalami perubahan dikarenakan sistem CAT ini dapat menutup kesempatan bagi para oknum yang berniat mencari keuntungan pribadi dalam setiap penyelenggaraan CPNS tiap tahunnya.
 
Para oknum tidak akan bisa memiliki kesempatan untuk memanipulasi dikarenakan nilai yang diperoleh peserta tes langsung dapat dilihat beberapa detik saat setelah selesai mengerjakan soal tes CPNS disaat pelaksanaan tes CPNS yang diselenggarakan. Selain itu juga ada passing grade yang menjadi ukuran nilai dalam menentukan siapa saja yang lolos dan nantinya akan diseleksi kembali melalui perangkirangan berdasarkan semua peserta yang lolos dalam ambang batas nilai tersebut.
 
Saat ini, banyak calon pegawai yang kerap kali meminta tips dalam menghadapi tes CPNS dan lolos dengan nilai masuk dalam passing grade yang ditentukan. Berikut merupakan beberapa trip yang Anda gunakan agar lolos tes CPNS 2018 dari loker2018.com.
 

Memastikan persyaratan sudah lengkap saat mendaftar

Apabila keinginan Anda untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS) bisa terwujud, maka persiapan yang matang tentu sangat diperlukan. Anda harus mempersiapkan kemampuan diri untuk menghadapi dan mengikuti berbagai tahapan tes seleksi CPNS. Tidak hanya itu, Anda juga harus mempersiapkan persyaratan dan beberapa kelengkapan administrasi yang juga mutlak harus diperhatikan dengan teliti. Hal ini dilakukan agar Anda lolos dalam tahap seleksi administrasi.
 

Pelajari kisi – kisi tes CPNS

Sebelum seleksi CPNS dimulai, biasanya dari pihak Kementerian PANRB memberikan kisi – kisi mengenai seleksi dan materi – materi yang akan keluar saat tes seleksi berlangsung. Pastikan Anda membaca dan memahami kisi – kisi tersebut dengan teliti dan baik.
 

Berlatih mengerjakan soal – soal tes CPNS sebelumnya

Anda dapat berlatih mengerjakan soal – soal tes CPNS yang pernah digunakan untuk seleksi sebelum – sebelumnya. Anda dapat menemukan contoh soal tersebut dari toko buku yang menjual buku kumpulan soal – soal tes CPNS atau bisa juga meminjam kepada teman, saudara, atau keluarga yang pernah mengikuti tes seleksi CPNS sebelumnya dan memiliki buku tersebut. Dalam beberapa situs juga ada yang menyediakan contoh soal yang pernah diujikan dalam tes seleksi CPNS sebelumnya dengan mendownload file dari link yang diberikan atau ada juga situs yang menyediakan contoh soal beserta jawabannya. Contohnya di Contoh Soal CPNS 2018 dan Latihan Soal CPNS. Anda bisa mengerjakan soal – soal tersebut sembari berlatih meningkatkan kemampuan Anda.
 

Menghitung waktu dalam mengerjakan soal

Dalam beberapa tahapan tes seleksi CPNS, ada yang namanya Tes Intelegensi Umum (TIU). Tes ini dilakukan untuk menilai calon pegawai dalam kemampuan verbal. Kemampuan verbal merupakan kemampuan calon pegawai dalam menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Selain itu, tes ini juga dilakukan untuk menilai calon pegawai dalam kemampuan numerik. Kemampuan ini merupakan kemampuan calon pegawai dalam melakukan operasi, perhitungan angka, dan melihat hubungan diantara angka – angka.
 
Saat Anda berlatih mengerjakan soal tes CPNS, Anda juga perlu menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan soal tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda dapat membagi waktu mengerjakan dan benar – benar bisa menggunakan waktu tes yang ditentukan dengan baik dan bijak.
 

Mempelajari seluk beluk posisi PNS yang diinginkan

Lakukanlah riset mengenai seluk beluk posisi yang Anda inginkan sebagai calon pegawai negeri sipil. Pelajari seluk beluk posisi tersebut sebanyak – banyaknya agar rasa panik yang kemungkinan akan melanda diri Anda runtuh dan akhirnya percaya diri dengan posisi yang diinginkan. Hal ini sangat penting agar Anda memiliki senjata ampuh untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang mungkin terjadi saat menjalani tes CPNS 2018 nanti.
 

Menyiapkan tubuh dan mental dalam kondisi terbaik

Jantung yang terus berdegup kencang, pikiran yang tidak tenang, dan sikap khawatir merupakan contoh yang sering dialami orang yang akan menghadapi tes masuk kerja. Hal ini merupakan hal yang wajar dan bisa saja mengganggu Anda untuk mengerjakan tes dengan baik. Jadi, agar terhindar dari hal ini pastikan sebelumnya kondisi tubuh dan mental Anda dalam kondisi terbaik dan benar – benar siap untuk menghadapi tes. Olahraga dan tidur yang cukup bisa menjadi solusi untuk Anda dan membuat Anda makin siap menghadapi tes seleksi CPNS 2018.
 

Tidak berbohong saat mengisi tes kepribadian

Dalam beberapa tahapan tes seleksi CPNS, ada juga yang namanya Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Tes ini dimaksudkan untuk menilai integritas diri, kemauan, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, kemampuan beradaptasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, dan kemampuan belajar berkelanjutan dari calon pegawai.
 
Dikarenakan tes ini bersifat pribadi, maka pastikan jawaban yang Anda isi benar – benar jujur dan tidak berbohong sedikitpun. Hindari juga jawaban yang mengada – ada hanya agar lolos dan diterima menjadi pegawai negeri sipil (PNS).
 

Berdoa

Wajib bagi umat beragama untuk selalu berdoa bila menginginkan keberhasilan dalam sebuah usaha yang sedang dirintis dan dijalankan. Doa adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan rohani dan aspek agama. Selain itu, doa restu dari kedua orang tua juga merupakan keharusan dalam mencapai keberhasilan suatu usaha. Contohnya saja doa untuk keberhasilan dalam mengikuti seleksi CPNS 2018. Doa Anda dan kedua orang tua Anda sangat berpengaruh dalam usaha Anda untuk mencapai keberhasilan tes seleksi CPNS 2018 ini.
 

Survey lokasi tes dan tatacara tes

Datang ke tempat lokasi tes CPNS sehari sebelum tes diadakan dan memastikan dimana lokasi tempat tes merupakan hal yang sangat perlu dilakukan. Jangan sampai disaat hari H Anda kehabisan waktu dan kebingungan hanya untuk mencari lokasi tes CPNS ataupun bingung dengan tatacara tesnya. Apalagi sekarang sudah menggunakan sistem CAT, Anda harus benar – benar paham tatacara tes seleksi CPNS 2018.
 

Tidak datang terlambat

Jika Anda terlambat datang pada saat tes seleksi CPNS 2018 berlangsung, maka peluang Anda untuk lolos tes akan jauh berkurang. Waktu yang ditentukan sudah berkurang, Anda pun juga tidak bisa berkonsentrasi dalam menjawab soal dan semua persiapan Anda untuk mengikuti tes seleksi CPNS 2018 ini akan sia – sia. Datang sejam lebih awal dari waktu mulai yang ditentukan bisa menjadi solusi Anda agar lebih rileks dan tidak tergesa – gesa dalam mengerjakan soal.
 

Tidak cepat menyerah

Sangat jarang memang yang baru ikut sekali tes CPNS langsung lulus. Namun Anda harus yakin meskipun ini akan menjadi pertama kali maupun sudah beberapa kali untuk lolos tes seleksi CPNS 2018 dan menjadi pegawai negeri sipil.
 
Itulah beberapa tips agar lolos tes CPNS 2018 dari loker2018.com dan simak juga syarat wajib dan penting yang harus dipenuhi bagi CPNS 2018. Dengan mengetahui tips – tips ini semoga Anda berhasil lolos tes seleksi dan impian menjadi seorang pegawai sipil tercapai. Semoga bermanfaat.
 
Description
: Tips Agar Lolos Tes CPNS 2018 Dari Loker2018.com
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Tips Agar Lolos Tes CPNS 2018 Dari Loker2018.com