Bisnis sablon merupakan salah satu bisnis yang tergolong mudah untuk dilakukan dan dijalankan. Usaha sablon pada saat ini sudah cukup membaur dan pesaingnya juga cukup banyak. Namun anda sudah tidak perlu ragu lagi, jika anda melakukan promosi dengan benar dan berhasil maka anda dapat dengan mudah menarik minat konsumen yang berada di sekitar anda.
Membuka usaha sablon tidak memandang jenjang pendidikan yang kalian miliki, semua orang bisa menjalankan peluang usaha ini termasuk juga bagi anda lulusan SMK. Jika anda memiliki keahlian dalam bidang desain seperti yang dijelaskan di Peluang Bisnis Bagi Lulusan SMK PalingMenjanjikan, anda bisa membuka usaha sablon ini.
Modal yang Diperlukan untuk Memulai Usaha Sablon
Untuk membuka usaha sablon, anda tidak harus menggunakan modal yang besar, usaha ini dapat dimulai dengan modal yang kecil. Membuka usaha sablon juga hanya memerlukan modal yang cukup kecil yakni sekitar Rp. 3 juta hingga Rp. 5 juta saja. Modal yang dibutuhkan sesuai dengan banyaknya peralatas, promosi, gaji pegawai, dan lain sebagainya. Untuk menghemat biaya, sebaiknya anda jangan mencari karyawan terlebih dahulu sebelum  usaha berkembang semakin besar dan membutuhkan banyak karyawan. Namun, dalam dunia bisnis yang perlu anda ketahui adalah semakin besar modal yang anda tanamkan maka akan semakin baik kualitas dan kuantitas dari usaha sablon yang anda miliki.
Artikel kali ini akan membahas mengenai peluang usaha sablon mengenai kiat sukses dan analisa modal awal yang mungkin diperlukan. Artikel tentang peluang usaha sablon dapat anda jadikan sebagai referensi dan sumber ilmu sebelum anda memutuskan untuk membuka usaha bisnis sablon.
 
Kiat Sukses Peluang Usaha Sablon
Walaupun bisnis sablon merupakan suatu bisnis yang tergolong mudah dan membutuhkan biaya yang tidak terlalu besar untuk menjalankannya. Namun, untuk mencapai keberhasilan juga dibutuhkan kiat-kiat atau usaha agar bisnis sablon anda berjalan lancar dan sukses. Beberapahal yang harus anda perhatikan dalam menjalankan usaha sablon ini adalah sebagai berikut.
  1. Promosi
    Agar usaha sablon yang anda jalani berjalan dengan lancar dan sukses anda harus pintar-pintar untuk mempromosikan usaha sablon yang anda miliki. Banyaknya pesaing bisnis yang sejenis menuntut anda untuk kiat dan giat dalam melakukan promosi untuk menarik minat konsumen.
     
    Bisnis sablon biasanya akan ramai ketika musim pilkada, yang mana pada saat itu akan banyak tim sukses dari masing-masing pendukung yang akan membuat dan membagikan kaos sablonan dengan gambar logo ataupun foto dari sang calon. Untuk itu, prosikan usaha sablon anda di tempat-tempat yang sekiranya berpotensi untuk menarik minat konsumen yang ingin menyablon. Anda bisa mencari tempat yang strategis misalanya lokasi yang berada di pinggir jalan raya, dengan membuat atau mencetak banner dan membagikan selebaran brosur pada setiap orang atau menempelnya ditempat yang sekiranya dapat terlihat oleh orang yang berjalan melewatinya.
     
  2. Harga
    Hal yang kedua yang harus anda perhatikan adalah penetapan harga pada usaha bisnis sablon anda. Harga merupakan suatu hal yang sensitif sekali, dengan banyaknya pesaing yang juga berbisnis sablon harga menjadi suatu penunjang dan kunci sukses anda untuk keberhasilan usaha sablon yang anda miliki.
     
    Untuk mensiasati itu, pastikan anda menetapkan harga yang murah namun berkualitas, itulah hal yang paling dicari-cari oleh konsumen. Usahakan anda dapat menetapkan harga dengan margin keuntungan sekitar 10% hinggan 20% saja pada setiap kali anda melakukan sablon. Hal yang terpenting yang harus anda perhatikan adalah pastikan banyak orang yang tertarik untuk menyablon di tempat usaha bisnis anda.
     
  3. Kualitas Sablon
    Berbicara tentang harga, hal yang juga dapat anda lakukan sebagai kiat sukses peluang usaha bisnis sablon yang lainnya adalah menjaga kualitas dari sablon yang anda buat. Pastikan usaha bisnis sablon anda memberikan kualitas yang bagus dan baik selain harganya yang murah. Memang kualitas tergantung dengan harga, namun seperti yang sudah saya jelaskan tadi “harga murah, kualitas baik” merupakan suatu hal yang dapat menarik minat konsumen secara luas.
     
    Jadi, semakin bagus kualitas sablon yang anda hasilkan maka akan semakin bagus pula untuk kesuksesan usaha bisnis sablon anda. Kesan pertama dari konsumen merupakan suatu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Konsumen yang merasa puas dengan hasil sablonan yang anda lakukan akan membuat konsumen menjadi senang dan tidak kapok untuk membuat sablonan di tempat usaha bisnis sablon anda. Usahakan untuk membeli mesin sablon dengan  kualitas yang bagus dan harga yang murah untuk memaksimalkan hasil sablonan.
     
  4. Pelayanan
    Faktor penting yang harus anda perhatikan dalam menjalankan usaha sablon, anda harus memberikan pelayaran yang memuaskan baik dari segi sikap, kecepatan atau waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sablona, hasil yang baik dan memuaskan serta lain sebagainya.
     
    Selain harus bersikap ramah kepada konsumen anda, juga harus didukung oleh pelayanan akan ketepatan waktu dalam pengerjaan suatu bisnis sablon juga harus diperhatikan. Jangan sampai mengulur waktu dan membuat konsumen merasa tidak puas karena kecepatan penyelasaian sablon yang ada ditempat anda.
Analisa Modal Awal Peluang Usaha Sablon yang Harus Anda Siapkan
Pertanyaan selanjutnya adalah berapa kira-kira modal yang diperlukan bagi anda untuk membukan usaha sablon yang harus dipersiapkan. Berikut rincian mengenai modal awal dalam menjalankan peluang usaha sablon yang harus anda persiapkan:
MODAL AWAL
Peralatan Sablon
Rp. 1.500.000
Bahan Baku Sablon
Rp. 500.000
Biaya Promosi atau iklan
Rp. 200.000
BIAYA OPERASIONAL
 
Bahan Baku
Rp. 1.000.0000
Gaji 1 Orang Pegawai
Rp. 800.000
Biaya Listrik, Telepon, Transportasi
Rp. 500.000
Biaya Lain-lain
Rp. 500.000
Total
Rp. 5.000.000
PENDAPATAN
 
Omset Setiap Bulan
Rp. 5.000.000
Laba Setiap Bulan
Rp. 2.000.000
Analisa BEP sekitar 1-3 Bulan
 
Cara Menyablon yang Bagus, Baik dan Benar
Mengenai cara menyablon yang bagus, anda dapat menggunakan metode dengan dua cara yakni metode sablon secara manual dan sablon dengan menggunakan sistem transfer paper. Berikut beberapa langkah untuk melakukan sablon secara manual agar hasil bagus dan baik
  1. Mendesain Kaos
    Langkah pertama adalah anda harus menyiapkan desain kaos yang akan anda sablon sebelum mencetaknya. Anda bisa mendesain sesuai dengan yang diminta oleh konsumen dengan menggunakan aplikasi photoshop ataupun corel draw. Setelah anda melakukan desain, edit desain kaos tersebut dalam bentuk klise film yang dapt dicetak berdasarkan warna-warna yang sesuai dengan selera konsumen anda.
     
  2. Tahap Pra-Afdruk
    Tahap ini merupakan tahap pembersihan atau tahan persiapan screen. Siapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk menyablon seperti sabun colek, kain spon, dan air. Cuci screen sablon dengan menggunakan sabun lalu bilas hingga bersih dengan menggunakan ait lalu usap dengan menggunakan kain spon agar kering. Jemur screen dengan di bawah sinar matahari untuk mempercepat proses pengeringan. Hal ini penting untuk dilakukan agar afdruk screen benar-benar bersih dan kering.
     
  3. Tahap Afdruk Screen Sablon
    Pada tahap ini anda bisa melakukan pemberian obat, pembakaran screen hingga pencucian obat pada screen yang akan digunakan. Peralatan yang perlu untuk dipersiapkan adalah sebagai berikut:
  • Kipas Angin/blower
  • Screen
  • Obat Afdruk
  • Alat perata Screen.
                Caranya:
  • Campur obat afdruk dengan warna cairan merah dan putih, masukan sedikit demi sedikit pada screen, lalu ratakan.
  • Keringkan screen dengan menggunakan kipas angin atau blower. 
  • Hindari proses pengeringan dari  sinar matahari, lakukan pengeringan di ruang tertutup.
     
  1. Tahap pembakaran screen
    Proses selanjutnya siapkan materi seperti :
  • Kaca,
  • Desain kaos yang telah diedit,
  • Screen,
  • Kain warna hitam,
  • Busa screen,
  • Papan.
    Caranya:
  • Ambil Papan, letakkan busa di atas papan
  • Letakkan kain warna hitam di atas busa, lalu ambil screen yang sudah disiapkan
  • Olesi dengan minyak goreng agar kertas pada gambar tembus sinar
  • Letakkan screen diatas kain berwarna hitam setelah itu ambil gambar yang telah diedit dan tempel diatas screen letakkan kaca diatas screen.
  • Sinari screen dengan sinar matahari kurang lebih sekitar 3 sampai 5 detik.
  • Bersihkan untuk menghilangkan bekas-bekas obat yang ada di screen tersebut harus dicuci untuk membersihkan bekas-bekas obat.
  • Gunakan alat penyemprot untuk membersihkan obat yang tersisa di sela-sela gambar yang terdapat pada screen.
     
  1. Tahap penyablonan  teknik sablon
    Pada tahap ini, alat-alat yang dibutuhkan antara lain:
  • screen(yang telah difilm),
  • minyak cat dan cat,
  • meja berkaca,
  • pengunci screen,
  • rakel(alat pengesut),
  • Bahan kain.
Caranya adalah sebagai berikut:
  • Ambil screen dan kunci screen pada meja berkaca, lalu campurkan minyak cat dengan cat.
  • Letakkan kain yang akan disablon diatas meja berkaca,
  • Selanjutnya tuang cat pada screen secukupnya kemudian kesut menggunakan rakel.
     
  1. Penghapusan film
    Pada tahap ini kita membutuhkan obat pencuci film. Caranya adalah basahi screen dengan menggunakan air, lalu masukan obat pencuci screen pada screen. Gosok dengan menggunakan kain spon lalu bilas dan keringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.
Itulah informasi mengenai kiat sukses dan analisa modal awal peluang usaha sablon yang dapat anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.
Description
: Peluang Usaha Sablon, Kiat Sukses dan Analisa Modal Awal
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Peluang Usaha Sablon, Kiat Sukses dan Analisa Modal Awal