Saat ini banyak pekerjaan yang bisa menjadi peluang bisnis. Salah satunya ialah menjadi penulis lepas artikel. Bisnis yang sangat mudah dilakukan ini masih masuk kategori bisnis online dikarenakan artikel yang dibuat akan dipasarkan secara online, baik melalui website, blog, facebook, twitter, dan media online lainnya. Simaklah artikel kali ini yang akan membahas mengenai peluang bisnis penulis lepas artikel website dan blog.

 


Apasih penulis lepas artikel itu?


Penulis lepas artikel sendiri di dunia online memiliki banyak julukan, contohnya seperti Freelance, Penulis Lepas, Content Writer, Pembuat Artikel, Jasa Pembuat Artikel, Freelance Writer, dan julukan lainnya. Dari banyak julukan tersebut memiliki inti yang sama, yaitu membuat artikel dan menjualnya kepada orang yang membutuhkan.

 

Peluang bisnis penulis lepas artikel


Bisnis penulis lepas artikel saat ini masih terbilang masih jarang yang menjalaninya. Padahal peluang bisnis menjadi penulis artikel sangatlah menggiurkan dan bahkan prospek bisnis ini sangat menjanjikan. Banyak website dan blog yang membutuhkan artikel. Dalam sehari saja, ada ratusan ribu website baru yang membutuhkan artikel, baik website yang ada di Indonesia maupun di luar negeri.

 

Menjadi penulis lepas artikel bisa dilakukan siapa saja dan bisa dikerjakan siapa saja. Anda pun yang memiliki bakat menulis dan memiliki ide karangan atau tulisan, sangat cocok jika memulai bisnis ini tanpa harus memandang latar pendidikan. Anda hanya membutuhkan kemauan dan ketekunan untuk menjadi seorang penulis lepas artikel.

 

Jaman dulu pekerjaan penulis hanya bisa dilakukan oleh para pegiat sastra dengan cerpen atau novelnya, para akademisi dengan catatannya, atau para wartawan dengan artikel beritanya. Namun seiring berjalannya waktu dan berkembangnya jaman, saat ini pekerjaan penulis bisa dilakukan siapa saja. Apalagi saat ini di internet peluang bisnis jasa penulis artikel sangatlah lebar.

 

Saat ini banyak sekali blog atau website yang membuka lowongan pekerjaan bagi para penulis lepas artikel. Banyaknya website atau blog yang dikelola oleh tenaga professional, membuat jasa penulis lepas artikel menjadi sebuah idaman. Banyak dari mereka yang menjadi penulis lepas artikel untuk sebuah website atau blog, telah menghasilkan gaji atau upah yang sangat besar bahkan ada yang menghasilkan Rp. 7.000.000/bulan. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, berikut merupakan beberapa hal yang harus Anda ketahui agar bisnis penulis lepas artikel Anda bisa membuahkan hasil.

Kualitas artikel


Konten merupakan dasar utama dari suatu blog ataupun website. Konten bisa berupa tulisan, gambar, video, dan lainnya tergantung dari jenis blog atau website itu sendiri. Semakin bagus dan baik suatu blog atau website itu tergantung dari kualitas konten atau artikel yang disajikan. Jika Anda ingin memulai bisnis ini, Anda harus bagaimana cara membuat artikel yang berkualitas baik dari segi tata bahasa, tata letak konten, kaya informasi, dan lainnya.

 

Harga artikel


Harga artikel ditentukan dari Anda sendiri. Tetapi ada juga yang ditentukan dari kesepakatan bersama dengan calon pembeli. Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga artikel, seperti bahasa dan panjang artikel. Berikut ini contoh harga artikel berdasarkan bahasa dan panjang artikel.

  • Artikel Bahasa Indonesia

  • 300 kata           Rp. 5.000 – Rp. 6.000
  • 500 kata           Rp. 7.000 – Rp. 9.000
  • 1000 kata         Rp. 12.000 – Rp. 15.000

 

  • Artikel Bahasa Inggris

  • 300 kata           Rp. 12.000
  • 500 kata           Rp. 18.000
  • 1000 kata         Rp. 25.000

 

Cara menjual artikel


Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjual artikel. Namun perlu Anda ketahui, Anda tidak boleh membuat artikel kemudian Anda jual. Tetapi Anda harus mencari calon pembeli dahulu, kemudian Anda baru membuat artikel jika pembeli telah memesan dan mengirimkan uang. Hal ini dikarenakan belum tentu artikel yang sudah Anda kerjakan sesuai dengan topik artikel yang dipesan pembeli, jika Anda membuat artikel sebelum ada yang memesan artikel. Biasanya pembeli meminta topik tentang bisnis, kesehatan, teknologi, fashion, dan lainnya. Berikut beberapa cara untuk menjual artikel.

Secara pribadi. Anda dapat menjual artikel secara pribadi melalui website maupun media sosial yang berisi tentang bisnis online.

Secara bekerjasama dengan website penjual artikel

Hal ini dilakukan dengan cara menjadi karyawan dari website penjual artikel. Usahakan Anda mencari website yang memiliki pembeli banyak, dengan begitu Anda akan mendapat banyak pesanan artikel.

 

Pelayanan terhadap pembeli


Dikarenakan pembeli adalah raja, pastikan Anda memberikan pelayanan yang prima, baik dari segi komunikasi, waktu pengiriman artikel, maupun lainnya. Pastikan juga saat Anda menerima pesanan, Anda mampu mengerjakannya sesuai deadline yang ditetapkan. Jangan sampai Anda menerima pesanan, padahal Anda tidak mampu mengerjakannya dikarenakan pesanan sudah banyak dan tidak ada waktu lagi untuk mengerjakannya

 

Kerjasama dengan orang lain


Jika Anda sudah cukup terpercaya dan memiliki nama yang cukup terkenal dihadapan para pembeli, tidak ada salahnya jika Anda mengajak orang lain untuk bekerja sama. Apalagi disaat Anda sudah sering mendapat pesanan banyak, saran ini sangat baik untuk Anda coba. Bisa dikatakan nantinya Anda akan menjadi seorang pemimpin dari orang – orang yang Anda ajak untuk bekerja sama.

 

Keuntungan menjadi penulis lepas artikel


Berikut merupakan beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan jika menjadi penulis lepas artikel.

Fleksibilitas waktu


Dengan menjadi penulis lepas artikel, Anda tidak akan dikekang waktu. Hal ini dikarenakan artikel dapat dikerjakan kapan saja dan dapat disesuaikan dengan keseharian Anda, seperti saat setelah pulang kantor, pulang sekolah, pulang kuliah, pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, tengah malam, ataupun hari libur.

 

Meskipun waktu pengerjaannya fleksibel, bukan berarti Anda dapat mengerjakannya sekehendak hati. Anda harus memperhatikan tenggat waktu atau deadline pengiriman artikel yang telah ditetapkan pembeli. Pandai – pandailah Anda dalam mengatur waktu dan usahakan artikel yang Anda kerjakan dikirim sebelum tenggat waktu tiba.

 

Fleksibilitas tempat


Dengan menjadi penulis lepas artikel, tidak ada aturan bahwa Anda harus mengerjakannya di kantor. Anda dapat mengerjakannya dimana saja, seperti di kamar, kafe, lapangan, perpustakaan, ataupun di tempat lainnya.

 

Dalam pemilihan tempat, tentu harus disesuaikan dengan situasi dan kenyamanan Anda dalam mengerjakan. Misalkan saja, Anda lebih nyaman saat dikerjakan di kamar Anda. Sepi dan sunyinya suasana kamar Anda, membuat Anda lebih berkonsentrasi dan ide akan mudah muncul.

 

Mengenal blogger dan pemilik website ternama


Dengan menjadi penulis lepas artikel, memungkinkan Anda untuk mengenal sejumlah blogger atau pemilik website ternama. Anda bisa banyak belajar dari mereka jika mengenalnya. Misalnya saja, Anda dapat belajar cara manajemen waktu, manajemen bisnis yang tepat, pengelolaan daya bisnis, dan masih banyak lagi ilmu lainnya.

 

Potensi pendapatan yang besar


Salah satu keahlian yang harganya mahal ialan menulis. Jika Anda melakukannya dengan antusias dan sungguh – sungguh, banyak pendapatan yang akan Anda hasilkan. Harga penulisan artikel blog berbahasa Indonesia saat ini sekitar Rp. 10.000 – Rp. 15.000 per 1000 kata. Coba Anda hitung. Jika ada blogger yang memesan artikel dengan jumlah 10 artikel per 1000 kata tiap artikel dengan harga artikel Rp. 12.000, maka Anda akan mendapatkan Rp. 120.000 (10 x Rp. 12.000). Bayangkan jika Anda mendapat pesanan 10 pesanan tiap bulan, Anda akan mendapatkan Rp. 1.200.000. Itu saja masih untuk harga penulis lepas artikel pemula. Semakin lama dan semakin terampil Anda menjadi penulis lepas artikel, pendapatan yang akan Anda dapatkan semakin besar.

 

Tidak perlu resign dari profesi asli


Dengan menjadi penulis lepas artikel, Anda tidak perlu resign dari pekerjaan asli Anda saat ini. Penulis lepas artikel bisa jadi pekerjaan sampingan Anda selain pekerjaan yang Anda geluti saat ini. Contohnya saja, apabila Anda seorang PNS, Anda dapat mengerjakan artikel di malam hari, setelah pulang kerja, atau setelah waktu subuh. Intinya Anda mengisi waktu luang dengan menghasilkan uang.

 

Meningkatkan kreativitas


Semakin Anda sering menulis, maka kreativitas dan keterampilan menulis Anda semakin meningkat. Dengan kreativitas dan keterampilan menulis anda, bisa saja Anda akan menjadi penulis ternama seperti Boy Candra. Selain itu dengan menulis dapat membantu Anda menunda kepikunan dikarenakan otak Anda akan terus terlatih dan terasah.

 

Menambah pengetahuan


Ketika Anda menulis beraneka ragam jenis artikel, secara tidak langsung pengetahuan Anda akan bertambah. Dikarenakan saat membuat artikel dengan tema atau judul yang dipesan, terlebih dahulu Anda harus membaca referensi dari berbagai sumber.

 

Itulah beberapa informasi yang dapat Anda gunakan untuk memulai bisnis penulis lepas artikel website dan blog dan tentunya bisa langsung Anda praktekkan sekarang. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 
Description
: Peluang Bisnis Penulis Lepas Artikel Website dan Blog
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Peluang Bisnis Penulis Lepas Artikel Website dan Blog