Jadwal dan Persyaratan CPNS 2018 Jawa Tengah


Kabar segera dibukanya seleksi penerimaan CPNS 2018 memang bukanlah berita baru lagi, terutama dikalangan para pelamar kerja mengenai pembukaan seleksi CPNS 2018 sudah simpang siur diberitakan. Hal ini juga disambut gembira oleh masyarakat Jawa Tengah karena ada dugaan peluang CPNS 2018 dibuka di wilayah Jawa Tengah.


 


Kapankah jadwal CPNS 2018 Jawa Tengah dimulai? Apa saja persyaratan yang harus dipenuhi calon pelamar CPNS 2018 Jawa Tengah? Bagaimana panduan pendaftaran online CPNS 2018? Simaklah artikel berikut ini yang akan memberikan selengkapnya mengenai jadwal dan persyaratan CPNS 2018 Jawa Tengah dan tips agar lolos tes CPNS 2018.

 

Provinsi Jawa Tengah


Salah satu provinsi di Indonesia yang letaknya berada di bagian tengah Pulau Jawa yaitu Provinsi Jawa Tengah. Provinsi ini ber-ibukota Semarang, dimana Semarang merupakan kota besar dengan padat penduduk. Luas wilayah yang dimiliki provinsi ini sekitar 32 ribu km2 atau lebih dari 28% keseluruhan Pulau Jawa. Selain bagian wilayah Provinsi Jawa Tengah ada di Pulau Jawa, bagian lain dari provinsi ini yaitu pulau Nusakambangan (sebelah selatan) dan Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa.

 

Berikut ini batasan – batasan wilayah provinsi Jawa Tengah.

  • Bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa,
  • Bagian timur berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur,
  • Bagian selatan berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan
  • Bagian barat berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat.

 

Provinsi Jawa Tengah dalam geografis dan budaya, kadang juga mencakup Daerah Istimewa Yogyakarta. “Jantung Budaya Jawa” merupakan julukan yang dimiliki provinsi Jawa Tengah. Meskipun begitu, juga ada suku bangsa lain yang memiliki budaya berbeda dengan Suku Jawa di provinsi Jawa Tengah ini. Suku Sunda contohnya. Suku ini ada di daerah perbatasan bagian barat, yaitu dengan Jawa Barat. Selain itu juga ada warga blasteran yang tersebar di seluruh provinsi Jawa Tengah, seperti Arab – Indonesia, India – Indonesia, dan Tionghoa – Indonesia.

 

Jawa Tengah terkenal sebagai pusat budata Jawa. Hal ini dikarenakan masih adanya pusat istana kerajaan Jawa yang masih berdiri kokoh hingga saat ini, yaitu terletak di Kota Surakarta dan Yogyakarta. Sektor pertanian merupakan sektor utama perekonomian yang ada di Jawa Tengah, dimana separuh dari penduduk Jawa tengah ber mata pencaharian dibidang ini.

 

CPNS 2018 Jawa Tengah


Sejumlah pos dan bidang kerja di daerah Jawa Tengah sangat didesak untuk diisi tenaga terampil baru. Oleh karena itu, Provinsi Jawa Tengah ikut menggelar penerimaan besar – besaran CPNS 2018. Pada tahun ini, PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan pensiun sekitar 4 ribu orang. Menurut kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Arief Wiranto mengatakan bahwa dari jumlah total PNS yang akan pensiun, hanya sekitar 1.800 tenaga saja yang akan disetujui oleh pemerintah pusat. Itupun tidak yakin bisa disetujui semua.

 

Pada tahun 2018 ini, akan ada 225 ribu PNS yang akan pensiun secara nasional, akan tetapi CPNS yang akan direkrut pada CPNS 2018 kali ini hanya sekitar 110 ribu tenaga saja. Jumlah tersebut masih akan dibagi di sektor kementerian dan provinsi – provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, ada CPNS kali ini pemerintah pusat memprioritaskan penempatan PNS di daerah terpencil, perbatasan, dan daerah kemiskinan. Sedangkan untuk pemerintah daerah provinsi, CPNS 2018 diprioritaskan untuk provinsi baru dan daerah perbatasan, seperti Kaltim, Kalbar, Papua, dan NTT.

 

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menjanjikan di CPNS 2018 akan tetap memberikan ruang bagi semua daerah sesuai formasi yang diajukan walaupun hal itu masih akan diperhitungkan sesuai APBN negara. Selain menghadapi pensiun, Pemerintah Provinsi Jawa tengah juga menghadapi kekurangan guru PNS yang mencapai 7 ribu orang. Tetapi CPNS 2018 Jawa Tengah akan diprioritaskan untuk sektor pendidikan, sektor pendidikan, dan sektor infrastruktur.

 

Banyaknya PNS yang akan pensiun di tahun 2018, dikarenakan pada tahun 1980 an telah terjadi pengangkatan PNS secara besar – besaran yang mencapai ribuan. Oleh karena itu, jumlah PNS yang akan pensiun hampir sama dengan jumlah PNS yang diangkat pada tahun 1980 an.

 

Persyaratan CPNS 2018 Jawa Tengah


Melamar di seleksi CPNS 2018 tidak jauh berbeda dengan melamar kerja pada umumnya. Persyaratan yang harus dipenuhi terdiri dua macam, yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus. Persyaratan umum merupakan persyaratan melamar pekerjaan pada umumnya, sedangkan persyaratan khusus merupakan persyaratan yang ditentukan khusus oleh pihak yang membuka lowongan pekerjaan. Contoh persyaratan khusus seperti persyaratan yang harus sesuai dengan surat edaran mengenai pembukaan CPNS 2018 yang dikeluarkan oleh Kepala Daerah Jawa Tengah. Berikut beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk pendaftaran online CPNS 2018 Jawa Tengah.

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Pas photo resmi
  • Ijazah
  • Nilai IPK terakhir

Setelah Anda selesai melakukan pendaftaran online, maka Anda akan mendapatkan print out kartu tanda registrasi pendaftaran online seleksi CPNS 2018. Setelah itu Anda harus mempersiapkan persyaratan lainnya yang dibutuhkan untuk pengajuan lamaran CPNS 2018 yang dikirim ke Kantor Badan kepegawaian Daerah (BKD) atau BKPP Jawa Tengah tempat penyelenggaraan tes CPNS 2018 Jawa Tengah melalui kantor pos setempat.

 

Persyaratan lain yang harus dilengkapi untuk pengajuan lamaran CPNS 2018 tergantung dari kebijakan Pemerintah provinsi Jawa Tengah sebagai penyelenggara CPNS 2018 Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan sudah berlakunya sistem otonomi daerah di provinsi ini. Berikut beberapa persyaratan yang harus dilengkapi untuk pengajuan lamaran CPNS 2018.

  • Fotocopy ijazah berlegalisir
  • Surat lamaran pekerjaan bertulis tangan
  • Surat keterangan sehat (dari dokter)
  • Surat SKCK (dari pihak berwajib)
  • Dan lain - lain

 

Jika Anda sudah mengirim berkas persyaratan pengajuan CPNS 2018 melalui kantor pos, Anda akan menerima surat balasan dari pihak penyelenggara CPNS 2018 dengan dua kemungkinan, yaitu yang pertama mendapat balasan berupa kartu peserta tes seleksi CPNS 2018 dikarenakan lolos tahap administrasi dan kedua dikembalikannya berkas pengajuan lamaran Anda dikarenakan kurangnya syarat.

 

Berikut apa saja persyaratan umum dan persyaratan khusus untuk CPNS 2018.

Persyaratan Umum


  • Berkewarganegaraan Indonesia
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Setia dan taat pada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945
  • Sehat baik jasmani maupun rohani.
  • Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum atau dikurung di penjara.
  • Tidak pernah diberhentikan dari pekerjaan secara tidak hormat dan bukan atas permintaan sendiri.
  • Tidak memiliki kedudukan sebagai CPNS, PNS, calon anggota TNI, TNI, calon aggota Polri, dan atau Polri.
  • Tidak memiliki ikatan perjanjian kerjasama dengan pihak manapun.
  • Tidak menjadi pengurus atau anggota parpol.

 

Persyaratan Khusus


  • Memiliki ijazah Diploma D3, Sarjana S1, Master / Magister sesuai dengan formasi jabatan yang dipilih.
  • Surat keterangan akreditasi dari BAN –PT
  • Memiliki nilai IPK minimal 3.00 (S2) dan 2.65 (S1).
  • Berusia minimal 18 tahun.
  • Berusia maksimal 30 tahun (S1) dan 32 tahun (S2).
  • Nilai TOEFL minimal 400 (S1) dan 500 (S2). (pelaksanaan tes TOEFL minimal di tahun 2015.

 

Jadwal CPNS 2018 Jawa Tengah


Jadwal CPNS 2018 Jawa Tengah akan diumumkan setelah tahapan penerimaan CPNS 2017 gelombang 2 selesai dilaksanakan. Kabar yang beredar CPNS 2018 akan dibuka pada bulan Februari – Maret. Menteri PANRB mengatakan bahwa saat ini masih ada tahapan yang harus dilalui sebelum mengumumkan jadwal CPNS 2018.

 

Sekian mengenai info jadwal dan persyaratan CPNS 2018 Jawa Tengah. Simak juga info pendaftaran CPNS 2018 Daerah Jawa Tengah dan daftar formasilowongan CPNS 2018 Jawa Tengah. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari peserta yang lolos menjadi PNS dalam seleksi CPNS 2018 Jawa Tengah. Semoga sukses.

 

 
Description
: Jadwal dan Persyaratan CPNS 2018 Jawa Tengah
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Jadwal dan Persyaratan CPNS 2018 Jawa Tengah