Penasaran dengan info pendaftaran CPNS 2018 di daerah Jawa Tengah? Dan pasti banyak sekali bukan, para pelamar CPNS yang mencari tentang info pendaftaran CPNS 2018 Daerah Jawa Tengah? Memang benar, kabar penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) telah beredar luas di kalangan masyarakat Indonesia. Informasi ini telah disampaikan langsung oleh Asman Abrur selaku menteri dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).

Dikabarkan bahwa setelah proses seleksi CPNS gelombang 2 pada tahun 2017 ini selesai, penyelenggaraan seleksi CPNS pada tahun 2018 ini akan dibuka. Selain itu, ada kabar yang telah beredar bahwa penerimaan CPNS kali ini akan dibuka untuk memenuhi kebutuhan tenaga daerah kabupaten dan kota setanah air dengan jumlah formasi lebih dari 100 ribu orang.
 
Pelaksanaan penerimaan seleksi CPNS 2018 kabarnya akan berlangsung pada awal tahun, yaitu sekitar bulan Februari – Maret. Asman abrur mengatakan bahwa dibukanya lowongan CPNS kali ini lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, tetapi formasi tidak akan melebihi jumlah PNS yang pensiun. Pemerintah provinsi Jawa Tengah telah memastikan bahwa lowongan CPNS akan dibuka pada tahun 2018 ini, sesuai dengan kebutuhan tenaga pegawai PNS pada lingkungan pemerintahan provinsi Jawa Tengah.
 

Provinsi Jawa Tengah

Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang ada di bagian tengah Pulau Jawa. Ibukota provinsi ini yaitu Kota Semarang. Luas wilayah provinsi ini sekitar 34.548 km2 atau sekitar 28.94% dari Pulau Jawa. Provinsi Jawa Tengah bagian barat berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Barat, bagian selatan berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta, bagian timur berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur, sedangkan bagian utara provinsi Jawa Tengah berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Pulau Nusakambangan di sebelah selatan dan Kepulauan Karimun Jawa di Laut Jawa juga termasuk dalam Provinsi Jawa Tengah.
 
Secara geografis dan budaya, kadang Jawa Tengah juga mencakup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Provinsi Jawa Tengah juga dikenal sebagai “jantung” budaya jawa. Walaupun begitu, di provinsi ini juga ada suku bangsa lain yang memiliki budaya berbeda dengan suku Jawa. Contohnya saja ada suku Sunda di daerah perbatasan dengan Jawa Barat. Selain itu juga ada warga blasteran Arab – Indonesia, India – Indonesia, dan Tionghoa – Indonesia yang tersebar di seluruh provinsi Jawa Tengah.
 
Mayoritas penduduk Provinsi Jawa Tengah ialah suku Jawa. Selain itu Jawa Tengah juga dikenal sebagai pusat budaya Jawa. Hal ini dikarenakan masih terdapatnya pusat istana kerajaan Jawa di Kota Surakarta dan Yogyakarta yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Sektor utama perekonomian yang ada di Jawa Tengah yaitu sektor pertanian, dimana mata pencaharian di bidang ini digeluti hampir separuh dari angkatan kerja terserap.
 

Kebutuhan CPNS di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah

Penerimaan CPNS pada Provinsi Jawa Tengah akan digelar dikarenakan saat ini di sejumlah pos dan bidang kerja sangat didesak untuk diisi tenaga terampil baru. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sedang mengajukan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil ke pihak Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).
 
Pada tahun 2018 ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang akan pensiun berjumlah sekitar 4000 tenaga PNS. Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah, Arief Irwanto mengatakan bahwa, dari jumlah ASN sekitar 4000 tenaga PNS yang akan pensiun, pengajuan formasi hanya sekitar 1.800 tenaga saja yang akan disetujui oleh pemerintah pusat. Arief mengatakan “itupun saya gak yakin bisa dikasih semua”.
 
Secara nasional, pada tahun 2018 ini akan ada 225 ribu PNS yang akan pensiun, akan tetapi CPNS yang akan direkrut pada seleksi CPNS 2018 hanya 110 ribu tenaga saja. Dari jumlah itu masih akan dibagi di sektor kementerian dan 34 provinsi yang ada di Indonesia. Selain itu, Pemerintah Pusat memiliki prioritas penempatan PNS di daerah terpencil, perbatasan, dan daerah kantong kemiskinan. Sedangkan untuk provinsi, prioritas pada seleksi CPNS 2018 ini yaitu untuk provinsi baru dan daerah perbatasan, seperti Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Papua, dan Nusa Tenggara Timur.
 
Kementerian PANRB menjanjikan bahwa seleksi CPNS 2018 ini akan tetap memberikan ruang bagi semua daerah sesuai formasi yang diajukan, tetapi hal itu akan diperhitungkan sesuai APBN.
 
Selain menghadapi pensiun sekitar 4 ribu PNS, tahun ini Pemerintah Provinsi Jawa Tengah juga dihadapkan pada kekurangan jumlah guru PNS di SMA atau SMK yang mencapai sekitar 7 ribu orang. Arief mengatakan “tapi hasil pembicaraan di pusat, yang diprioritaskan adalah sektor pendidikan, sektor kesehatan, dan sektor infrastruktur”.
 
Pengalaman seleksi CPNS tahun – tahun sebelumnya, untuk Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2013 dari pengajuan 2 ribu orang hanya mendapat kuota 212 orang dan pada tahun 2014 dari pengajuan 1.500 orang hanya mendapat kuota 168 orang. Untuk pegawai negeri honorer di lingkungan pemerintahan yang akan diangkat menjadi pegawai negeri sipil, secara aturan harus tetap ikut tes seleksi CPNS. Hal ini dikarenakan belum ada kebijakan pengangkatan untuk pegawai negeri honorer.
 
Banyak PNS yang akan pensiun tahun ini, hal ini dikarenakan sekitar tahun 1980 an, terjadi pengangkatan PNS secara besar – besaran yang mencapai ribuan. Oleh karena itu, pensiun tahun ini pun juga sama jumlahnya dengan pengangkatan PNS tahun 1980 an. Rata – rata yang pensiun merupakan tenaga administrasi. Untuk fakta – fakta lain mengenai CPNS 2018 bisa dilihat di Fakta CPNS 2018.
 

Info Pendaftaran CPNS 2018 Daerah Jawa Tengah

Bagi Anda calon pelamar penerimaan CPNS 2018, persyaratan untuk melamar tidak jauh berbeda dengan persyaratan kerja pada umumnya. Selain itu terlebih dahulu Anda juga perlu mendownload file formasi CPNS di website resmi pemerintah provinsi Jawa Tengah. Dalam file formasi tersebut, Anda dapat mengetahui informasi mengenai info pendaftaran CPNS meliputi jurusan apa saja yang dibutuhkan dan bisa Anda jadikan pedoman dalam menentukan pilihan Anda.  Anda dapat mengunjungi website resmi milik Pemerintah provinsi Jawa Tengah untuk mengetahui informasi lengkap mengenai pendaftaran CPNS 2018, persyaratan CPNS 2018, pengumuman penerimaan CPNS 2018, dan informasi lainnya terkait dengan info CPNS 2018.
 

Langkah – langkah mengikuti seleksi CPNS 2018 Daerah Jawa Tengah

Berikut ini merupakan langkah – langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengikuti seleksi CPNS 2018 di Pemprov Jawa Tengah.
  1. Persyaratan
    Untuk persyaratan CPNS 2018 daerah Jawa Tengah, Anda dapat mengetahuinya di website resmi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Anda harus memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan untuk mengikuti tes seleksi CPNS 2018.
  2. Pendaftaran
    Pendaftaran CPNS 2018 dapat dilakukan secara online maupun offline seperti yang sudah dijelaskan diatas. Tata cara pendaftaran CPNS hampir sama dengan tata cara pendaftaran di tahun – tahun sebelumnya. Pendaftaran dapat dilakukan di website resmi masing – masing instansi atau kementerian di Pemprov Jawa Tengah.
  3. Pendaftaran ulang
    Tahap selanjutnya yaitu tahap pendaftaran ulang. Anda akan melakukan proses pendaftaran ulang dengan menyiapkan dan mengirimkan berkas administrasi serta ijazah lengkap berlegalisir dari Sekolah Dasar hingga pendidikan terakhir.
  4. Ujian Kompetensi
    Ujian kompetensi ini terdiri Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakterisik Pribadi (TKP), dan Tes Kompetensi Bidang. Tes ini dilakukan setelah mendapatkan nomor dan kartu ujian.
  5. Tes wawancara
    Selanjutnya yaitu tes wawancara. Pada tes ini Anda akan diwawancara mengenai diri Anda dan pendapat Anda mengenai isu yang sedang terjadi.
  6. Tes kesehatan
    Pada tes kesehatan ini, tes yang dilakukan yaitu pengukuran tinggi badan, berat badan, penglihatan, pendengaran, dan tes lainnya. Tes ini biasanya dilakukan di rumah sakit milik pemerintah.
  7. Diklat pra jabatan
    Diklat pra jabatan merupakan tahap terakhir pada seleksi CPNS 2018. Anda akan di diklat selama 1 bulan dan pada akhir sesi, Anda akan di uji kompetensi lagi. Jika Anda lolos pada tahap ini, Anda akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) bahwa Anda telah diangkat menjadi seorang PNS. Setelah diangkat menjadi PNS, anda akan melakukan beberapa tahapan. Simak panduan lengkap diterima CPNS 2018.
Itulah beberapa info pendaftaran serta jadwal dan persyaratan CPNS 2018 daerah Jawa Tengah. Ingin lolos di CPNS 2018? Pelajarinya tipsnya di tips agar lolos tesCPNS 2018. Semoga bermanfaat dan sukses selalu!
 
Description
: Info Pendaftaran CPNS 2018 Daerah Jawa Tengah Resmi
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Info Pendaftaran CPNS 2018 Daerah Jawa Tengah Resmi