Bagi karyawan yang masih bekerja memiliki usaha sampingan merupakan suatu hal yang wajar dan tidak dilarang oleh perusahaan. Dengan kebiasaan bangun pagi anda sudah memiliki jiwa sukses, karena kebanyakan pembisnis selalu bangun pagi, karena salah satu kuncisukses harus bangun pagi. Namun, biasanya karyawan yang masih bekerja belum membangun usaha bisnis sampingannya karena terkendala oleh modal untuk membuka usaha sampingan.


Banyak karyawan yang beranggapan bahwa untuk memulai bisnis harus dengan menggunakan modal yang besar. Banyak orang yang ingin mulai membangun bisnis dengan meminjam uang ke bank, pada akhirnya jika tidak dikelola dengan baik pinjaman tersebut akan membebani usahanya. Bukannya untung malah rugi yang akan didapatkan jika seperti ini.
Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan dengan Modal Kecil
Jika anda membaca postingan sebelumnya mengenai tips membangun bisnis sambil bekerja untuk karyawa, anda akan dapat memahami bahwa untuk membangun sebuah bisnis anda harus menyesuaikan dengan kemampuan diri yang anda miliki.
Untuk menjawab masalah bisnis dengan modal yang besar. Berikut ini beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil yang dapat anda coba dengan modal maksimal Rp. 10 Juta atau kurang:
  1. Jasa Laundry
    Pada saat ini banyak orang yang serba praktis, begitu juga untuk urusan mencuci ataupun menyetrika pakaian. Hal ini dapat anda jadikan peluang untuk membangun bisnis sambil bekerja untuk karyawan. Usaha Laundry dapat anda jadikan pilihan sebagai ide usaha sampingan untuk karyawan.
     
    Agar usaha bisnis ini menguntungkan anda harus mencari pangsa pasar dan tempat (place) yang potensial seperti mahasiswa dan karyawan swasta atau Pegawai Negeri Sipil yang biasanya tidak sempat untuk mencuci.
     
    Anda dapat memulai bisnis jasa laudry ini dengan modal sekitar Rp. 7,5 – Rp. 10 juta yang dapat anda gunakan untuk membeli peralatan dan membayar gaji karyawan.
     
  2. Membuat Toko Online
    Sebelum anda membuka toko online alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu tentang Kendala Membangun Bisnis Online dan Solusi Terbaiknya agar bisnis online yang anda jalankan bisa berjalan dengan lancar dan anda tidak mudah menyerah dengan adanya masalaha kendala yang mungkin akan terjadi.
     
    Toko online juga dapat anda jadikan sebagai pilihan usaha bisnis yang menguntungkan. Pada saat ini semua aktivitas banyak dilakukan di Internet, begitu juga untuk berbelanja. Banyak yang produk yang bisa anda misalnya pakaian, obat herbal, tas, sepatu, jilbab, dan lain sebagainya yang menurut anda banyak dicari orang.
     
    Selain itu, anda juga bisa menjual barang digital seperti ebook, software,theme, musih, video dan plugin. Membuka toko online bukan hal yang sulit, bahkan anda dapat membuka toko online tanpa modal dengan menggunakan sistem dropshipping. Dengan sistem dropship anda tidak perlu repot-repot menyetok dan mengirimkan barang kepada pembeli. Hal yang terpenting yang harus anda lakukan adalah meresearch harga supplier yang paling murah karena anda akan mengambil keuntungan dengan mark-up dari harga supplier.
     
  3. Jasa Cuci Motor
    Ide bisnis usaha sampingan untuk karyawan selanjutnya yang dapat anda coba adalah membuka jasa cuci motor. Banyak orang yang terkadang malas atau bahkan tidak sempat untuk mencuci motornya, motor juga merupakan kendaraan yang menjamur pada saat ini. Semua orang sudah pasti memiliki motor, hal ini dapat anda jadikan peluang usaha bisnis untuk dijadikan usaha dalam membangun bisnis.
     
    Modal yang dibutuhkan untuk membuka jasa cuci motor ini sekitar Rp. 2 juta – Rp. 10 juta dengan alokasi mudal Rp. 5 juta untuk membeli peralatan seperti pompa ait, kain lap, shampoo motor, alat semir ban motor, dan kompresor. Untuk membayar gaji karyawan dan biaya operasional Rp. 3 juta dan Rp. 2 juta untuk menyewa tempat.
     
  4. Membuat Warkop Sederhana
    Ide bisnis sampingan lainnya yang bisa anda coba adalah membuka warung kopi sederhana atau cafe sederhana. Ide bisnis sampingan untuk karyawan ini sangat cocok bila berada di lokasi sekitar kampus atau kawasan industri karena biasanya para mahasiswa dan para buruh atau pekerja nongkrong di warung kopi.
     
    Dengan modal sekitar Rp. 10 juta anda sudah bisa membuka warung kopi sederhana. Modal atau dana tersebut dapat anda alokasikan ke peralatan seperti gelas, senodk, meja, kursi dan lain-lain serta untuk menyewa tempat.
     
    Selain kopi yang dapat anda suguhkan, anda juga dapat menjual makanan seperti gorengan dan mie instan serta minuman lainnya seperti teh dan jus buah manis.
     
  5. Jasa Desain Grafis
    Bagi anda yang memiliki bakat mendesain, anda dapat mencoba ide usaha sampingan untuk karyawan yang bekerja di perusahaan desain atau yang menyukai desain. Anda bisa menawarkan jasa desain baju, maskot, logo, interior, poster, dan lain sebagainya. Jika anda fasih berbahasa inggris, anda juga bis mencoba pasar desainer internasional untuk menjangkau konsumen yang lebih luas.
     
    Untuk modal jika anda menggunakan pasar desain secara online, anda hanya perlu bermodalkan kuota internet atau membayar koneksi internet dan software desain yang anda gunakan.
     
  6. Jasa Les Privat
    Bukan hanya dapat dijadikan sebagai ide usaha sampingan bagi karyawan yang bekerja fulltime, anda juga dapat mengasah keterampilan anda. Jasa les privat yang dapat anda jalani misalnya membuka les bahasa inggris, les musik seperti gitar atau piano.
     
    Untuk biaya les privat yang harus anda bebankan terhadap peserta bergantug pada kondisi ekonomi masyarakat yang berada di sekitar anda. Jika anda berada di sekitar kondisi ekonomi masyarakat yang kurang anda dapat menetapkan harga kursus setengah dari harga di kota besar.
     
    Jika anda ingin membuka les privat yang sederhan dan cukup nyaman bagi para peserta yang mengikuti les anda. Anda dapat mengeluarkan modal atau biaya sebesar Rp. 1,5 juta dengan asumsi anda tidak menyewa tempat untuk membuka kursus. Modal ini dapat anda gunakan untuk membeli papan tulis, spido, penghapus, meja, kursi dan lain-lain.
     
  7. Menjual Pulsa Elektrik
    Banyaknya pengguna telepon seluler dapat anda jadikan peluang ide usaha sampingan untuk karyawan yang bekerja di suatu perusahaan. Menurut beberapa artikel yang saya baca menjual pulsa elektrik dapat mencapai omset sekitar Rp. 20 triliun setahun.
     
    Untuk memulai bisnis pulsa elektrik anda cukup menyediakan modal sebesar Rp. 1 juta hingga Rp. 3 juta. Anda dapat menjual pulsa elektrik tersebut ke rekan kerja anda atau tetangga didekat rumah anda tanpa harus membuat kios atau counter. Sangat simple sekali bukan? Asalkan anda dapat memasarkan produk pulsa elektrik anda, anda sudah dapat menarik banyak pembeli karena memang pulsa sangat dibutuhkan untuk saat ini.
     
  8. Membuat Blog
    Membuat blog juga merupakan suatu ide usaha sampingan untuk karyawan yang bekerja disuatu perusahaan. Ngeblog sudah menjadi tren sejak 5 tahun terkahir ini, pada saat ini ngeblog dijadikan sebagai pekerjaan sampingan untuk menghasilkan uang tambahan.
    Hal-hal yang dapat menjadikan blog dapat menghasilkan uang adalah memiliki postingan yang berkualitas. Blog yang bagus adalah blog yang memiliki konten yang berkualitas dan banyak dicari oleh orang-orang. Anda dapat membuat postingan blog sesuai dengan keahlian yang anda miliki.
     
    Untuk membangun sebuah blog anda hanya perlu mengeluarkan modal sekitar Rp. 1 juta setahun untuk membeli hosting dan domain lokal serta membuat postingan sendiri tanpa harus membayar jasa penulisan artikel.
Itulah beberapa informasi mengenai ide usaha sampingan untuk karyawan bermodal kecil. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.
Description
: Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan Bermodal Kecil