Bagi anda yang ingin sekali menjadi pegawai negeri sipil, anda bisa bernafas lega sekarang. Pasalnya rekrutmen CPNS 2018 akan dibuka secara besar-besaran pada tahun 2018 ini. Jika anda mengalami kegagalan pada saat daftar CPNS 2017, jangan khawatir anda bisa mengikuti pendaftaran rekrutmen CPNS yang alan diselenggarakan pada tahun 2018 ini.


Rekrutmen besar-besaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2018 pada saat ini di buka besar-besaran. Hal ini merupakan kabar gembira bagi para pencari kerja yang mengincar status sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Pemerintah akan membuka pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS 2018 melalui kementerian pemberdayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi (PAN-RB)  RI akan membuka lagi penerimaan CPNS 2018 yang baru.

Pengangkatan CPNS 2018 Mengutamakan Guru dan Tenaga Kesehatan

Informasi mengenai Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka secara besar-besaran tenaga menjadi perbincangan hangat pada saat ini. pendaftaran CPNS 2108 menjadi harapan baru bagi para guru honorer dan tenaga medis atau tenaga kesehatan yang juga masih berstatus sebagai tenaga honorer. Pasalnya pemerintah akan membuka formasi guru dan tenaga kesehhatan sebagai formasi yang diprioritaskan, itu artinya kuota CPNS 2018 guru dan tenaga keseahatan lebih banyak dibandingkan dengan formasi lainnya. Kabarnya pemerintah akan mengangkat 100 ribu lebih CPNS 2018 akan diterima padaFormasi Guru.

Tentu saja, pengangkatan 250 ribu guru honorer tersebut tidak akan serta merta mengangkat tanpa syarat. Seperti biasa, pemerintah akan mengadakan test CPNS yang dilakukan secara terbuka. Namun teknis pasti bagaimana perekrutan CPNS tahun 2018 belum ada info yang pasti dari kemenpan.

Berita terbaru dari situs kemenpan RB adalah adanya surat yang mengatakan bahwa tenaga pendidikan dan tenaga kesehatan akan menjadi prioritas dalam pengangkatakan CPNS tahun 2018. Tentu saja, ini menjadi berita yang sangat menggembirakan bagi para guru honorer dan tenaga medis honorer.

Terkait dengan pendaftaran CPNS tahun 2018 tersebut, ada baiknya kita selalu mengupdate informasi berkaitan dengan formasi, persyaratan dan cara pendaftaran CPNS tahun 2018. Tentu saja dengan tujuan agar kita tidak ketinggalan informasi sehingga menyesal kemudian.

Informasi penting yang berkaitan dengan lowongan CPNS 2018 diantaranya adalah tentang formasi CPNS 2018, persyaratan pendaftaran CPNS 2018 dan cara pendaftaran CPNS 2018. Informasi mengenai ini semua tentunya akan disediakan secara resmi oleh pemerintah, jadi saya sarankan agar anda tidak mengambil informasi dari sumber-sumber lain yang tidak terpercaya. Karena dikhawatirkan selain informasi tidak valid, juga akan terjadi penipuan dengan mengatas namakan pendaftaran CPNS tahun 2018.

Formasi Lowongan CPNS Tahun 2018

Informasi sementara, bahwa pemerintah akan memprioritaskan tenaga pendidikan dan kesehatan dalam pengangkatan CPNS 2018 nanti. Adapun jumlah formasi yang dibutuhkan belum ada informasi resmi dari pemerintah yang biasanya diumumkan via website resmi kemenpan. Nah, agar anda tidak ketinggalan informasi penting ini, saya sarankan agar anda mencatat situs kemenpan atau membookmark situs kemenpan. Untuk masuk situs kemenpan silakan klik di sini.

 

Persyaratan Pendaftaran CPNS Tahun 2018

Berkaitan dengan persyaratan CPNS, seperti biasa akan terbagi menjadi 2 bagian yaitu persyaratan umum dan persyaratan khusus. Persyaratan umum berkitan dengan hal-hal umum seperti harus sebagai WNI, berkaitan dengan usia minimal dan maksimal, dan lainnya yang bersifat umum.

Sedangkan persyaratan khusus berkaitan langsung dengan formasi yang akan dilamar. Misal anda melamar sebagai guru SD, maka anda harus memiliki ijazah S1 PGSD dan persyaratan lainnya yang akan ditentukan oleh kemenpan.

Mengenai persyaratan, baik persyaratan umum maupun khusus akan di sediakakan bersamaan dengan pengumuman lowongan CPNS. Nah, agar anda tidak ketinggalan dalam menyiapkan persyaratan-persyaratan tersebut, silakan untuk selalu mengupdate informasi dari kemenpan dengan membuka situs resminya berikut  ini https://www.menpan.go.id

Cara Pendaftaran CPNS 2018

Mengenai cara pendaftaran CPNS 2018 kita harus berhati-hati, karena biasanya bersamaan dengan dibukanya pendaftaran CPNS oleh pemerintah maka akan banyak bertebaran link-link yang menyesatkan bahkan link-link yang berujung pada penipuan. Agar kita tidak terjebak pada link sesat dan penipuan maka harus memiliki patokan.

Kita tahu, pada tahun-tahun sebelumnya pemerintah melakukan pendaftaran CPNS melalui link reg panselnas, tapi pada pendaftaran CPNS tahun 2017 pendaftaran resmi melalui sub domain milik BKN, yaitu pada alamat https://sscn.bkn.go.id.

Mengenai teknis pendaftaran online melalui sscn.bkn.go.id tentu tidaklah sulit, karena kita tinggal mengisi semua form yang tersedia. Kebetulan untuk saat ini link tersebut belum aktif, jadi saya belum bisa memberikan screen shoot dari form pendaftaran online CPNS. Selain itu, bisa saja pada tahun 2018 ini ada perubahan baik link maupun struktur form, untuk itu silakan tunggu aja info resminya dari https://www.menpan.go.id atau dari http://www.bkn.go.id

Langkah-langkah mengikuti CPNS 2018

Secara umum langkah untuk mengikuti tes CPNS 2018 yang akan dilaksanakan tahun depan hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu:

  1. Pendaftaran
    Calon PNS harus melakukan pendaftaran baik secara online maupun offline seperti yang sudah dijelaskan diatas
  2. Persyaratan
    Calon PNS harus memenuhi persyaratan seperti yang sudah dijelaskan diatas baik persyaratan yang bersifat umum hingga persyaratan yang bersifat khusus.
  3. Pendaftaran Ulang
    Untuk mengetahui apakah anda lolos seleksi tahap pertama atau tidak yakni seleksi administrasi anda dapat mengunjungi situs resmi untuk melihat pengumuman secara online. Anda harus rajin untuk mengupdate situs tersebut. Jika lolos seleksi administrasi panitia biasanya akan melakukan pendaftaran ulang. Dalam pendatfaran ulang ini anda harus menyiapkan dan mengirimkan berkas administarasi serta ijazah lengkap dari SD hingga Pendidikan terakhir yang sudah dilegalisir
  4. Ujian Kompetensi
    Setelah anda mendapatkan nomer dan kartu ujian anda dapat mengikuti ujian kompetensi mulai dari Tes Wawasan Kebangsaan, tes Kepribadian, dan tes pengetahuan umum.
  5. Wawancara
    Tes wawancara ini meliputi pertanyaan menganai diri anda dan pendapat anda mengenai isu yang sedang terjadi pada saat itu.
  6. Tes Kesehatan
    Tes kesehatan biasanya dialkukan di rumah sakit milik pemerintah yang dilakukan dengan melakukan pengukuran tinggi dan berat badan, warna, pendengaran dan lainnya.
  7. Diklat Pra Jabatan
    Setelah anda lolos tes yang sudah anda lakukan sebelumnya selanjutnya adalah CPNS akan diminta untuk mengikuti diklat pra jabatan selama 1 bulan. Usai diklat masih ada uji kompetensi lagi, jika anda lulus pada uji kompetesi ini, baru anda akan mendapatkan Surat Keputusan (SK) bahwa anda telah diangkat menjadi PNS 100%.

Nah itulah informasi yang merupakan pembuka atau awalan menyambut pendaftaran CPNS 2018 yang konon katanya akan dibuka secara besar-besaran. Silakan persiapkan diri anda dengan terus mengupdate info seputar lowongan CPNS dari situs resmi yang sudah saya cantumkan di atas yaitu dari menpan dan BKN.

 
Description
: Formasi Guru dan Tenaga Kesehatan akan Menjadi Prioritas dalam CPNS 2018
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Formasi Guru dan Tenaga Kesehatan akan Menjadi Prioritas dalam CPNS 2018