Daftar Formasi Lowongan CPNS 2018 DKI Jakarta


Pemerintah Kabupaten/Kota yang terdapat di DKI Jakarta akan mulai membuka Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2018 mendatang. Yang menjadi latarbelakang dari dibukanya Penerimaan CPNS 2018 adalah karena Pemerintah Kabupaten/Kota DKI Jakarta masih kekurangan Pegawai Negeri Sipil. Penyebab dari kurangnya Pegawai Negeri Sipil tersebut adalah lantaran banyaknya PNS yang telah pensiun setiap tahunnya.


Secara Nasional pada tahun 2018 akan ada 225.000 ASN yang akan pensiun, namun yang akan direkrut melalui Seleksi CPNS 2018 hanya 110.000 saja. Jumlah itu masih dibagi pada sektor kementrian dan 34 provinsi di Indonesia. Selain itu, pemerintah pusat mempunyai prioritas penempatan ASN di daerah-daerah terpencil, perbatasan, dan daerah kantong kemiskinan serta pembelanjaan pegawainya di APBD tidak boleh lebih dari 50 persen. KemenpanRB menyatakan bahwa akan tetap memberikan ruang bagi semua daerah sesuai formasi yang telah diajukan, namun akan diperhitungkan sesuai dengan APBN.

Informasi Pembukaan Penerimaan CPNS 2018 di DKI Jakarta

Kabar bahagia bagi anda yang bercita-cita untuk menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berada di Kabupaten/Kota DKI Jakarta. Karena untuk peserta CPNS yang tidak lolos seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 tidak perlu khawatir, pasalnya  Penerimaan CPNS 2018 formasi Kabupaten/Kota DKI Jakarta akan segera dibuka. Penerimaan CPNS secara besar-besaran merupakan salah satu Fakta-Fakta Mengenai CPNS 2018.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Asman Abnur di Makassar pada tanggal 9 November 2017 lalu. Namun, Menteri Asman masih belum mengetahui mengenai tahapan CPNS 2018 ini akan diadakan secara serentak seluruh Indonesia atau terpisah sesuai Kabupaten/Kota masing-masing. Informasi ini merupakan kabar baik bagi para guru yang telah menanti-nanti moment dimana pemerintah akan mengadakan penerimaan CPNS besar-besaran pada tahun 2018.

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil  akan diadakan dengan formasi setiap daerah dan kabupaten yang ada di seluruh Indonesia. Informasi mengenai Penerimaan CPNS 2018 akan dijadwalkan pada bulan Oktober 2018 mendatang. Pada tahun-tahun sebelumnya, Penerimaan CPNS memang cenderung diadakan pada akhir tahun sekitar bulan September s/d November. Sebelumnya memang belum pernah terjadi penerimaan CPNS dibuka pada awal bulan seperti bulan Januari, Februari atau Maret bahkan Juni. Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil memang dibuka pada bulan menjelang akhir tahun.

Untuk informasi mengenai Ujian CPNS 2O18 akan digunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Untuk mempermudah dalam mengerjakan Ujian CPNS 2018, anda diwajibkan untuk mengikuti latihan Ujian CAT CPNS 2018 guna mempelajari persiapan Tes CPNS 2018 mendatang.

Berikut ini adalah nama-nama daerah Kabupaten/Kota di DKI Jakarta yang kemungkinan sebagian atau seluruhnya akan membuka Seleksi Penerimaan CPNS 2018, diantaranya:

  1. Kepulauan Seribu
  2. Jakarta Barat
  3. Jakarta Pusat
  4. Jakarta Selatan
  5. Jakarta Timur
  6. Jakarta Utara

Namun, sebelum anda mulai untuk melakukan pendaftaran CPNS 2018, disarankan untuk mendownload formasi CPNS terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan untuk melihat formasi yang dibuka beserta jurusan yang diterima. Silahkan anda download pengumuman resmi dari Pemerintah. Dikutip dari Tribun-timur.com bahwa Penerimaan CPNS 2018 akan dibuka pada bulan Maret 2018, namun untuk Pendaftaran CPNS 2018 akan dibuka sejak bulan Februari 2018. Anda dapat mendownload formasi CPNS 2018 melalui beberapa browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, dan lain-lain. Formasi CPNS 2018 berbentuk file PDF, sehingga akan lebih mudah dan cepat untuk di download.

Persyaratan CPNS 2018 di DKI Jakarta

Mengenai persyaratan CPNS 2018 di Pemerintah Kabupaten/Kota DKI Jakarta kemungkinan masih sama seperti persyaratan CPNS tahun 2017. Contohnya adalah Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan warga Negara Indonesia, Tidak berkedudukan sebagai PNS, Sehat jasmani dan rohani, Tidak pernah di hukum penjara dan lain-lain.  Adapun berkas yang harus dipersiapkan untuk Calon Pegawai Negeri adalah sebagai berikut:

Formasi Lulusan S1 atau Perguruan Tinggi

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah dan nilai Transkrip yang sudah dilegalisir
  • Surat Keterangan akreditasi yang dibuat oleh BAN PT
  • Foto terbaru ukuran 4 x 6 Cm sebanyak 4 lembar dengan menggunakan background warna merah

Formasi Lulusan SLTA/sederajat dan D3

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB)
  • Fotokopi ijazah SD
  • Fotokopi ijazah SLTP
  • Fotokopi ijazah SLTA
  • Materai Rp. 6.000 sebanyak 2 lembar

Apabila anda ingin melakukan pendaftaran secara online anda dapat langsung menscan berkas-berkas yang harus dipenuhi tersebut, kemudian mengirimkannya ke website resmi dari Pemerintah Kabupaten/Kota DKI Jakarta.

 

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018 di DKI Jakarta

Untuk Tata Cara Pendaftaran CPNS 2018 di Pemerintah Kabupaten/Kota DKI Jakarta masih sama seperti biasanya, yaitu dengan cara melakukan pendaftaran secara online di website resmi yaitu www.panselnas.menpan.go.id dan www.sscn.bkn.go.id.

Tahapan Seleksi Pendaftaran CPNS 2018 di DKI Jakarta

Pada Tahapan Seleksi Pendaftaran CPNS 2018 sama seperti Seleksi Administrasi, yaitu dengan cara mencetak kartu pendaftaran dan melakukan verifikasi dengan mendatangi kantor Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten/ Kota DKI Jakarta. Jika anda telah lulus pada Seleksi Administrasi, Maka anda akan mendapatkan Kartu Nomor Ujian. Setelah itu, anda harus menunggu jadwal dan seleksi pelaksanaan TKD dan TKB.

Formasi yang Dibutuhkan

Adapun formasi yang sangat diprioritaskan di Seleksi CPNS 2018 di Kabupaten/Kota DKI Jakarta  adalah Tenaga Guru, Tenaga Kesehatan, Tenaga Teknis, Tenaga Penyuluh dan Tenaga lainnya.

Informasi Tambahan

Untuk informasi tambahan mengenai Pendaftaran CPNS 2018 adalah sebagai berikut:

  • Pengumuman Penerimaan CPNS 2018 Kabupaten/Kota DKI Jakarta akan dimuat di website sscn.bkn, Pansewlnas, Menpan, dan website resmi lain pemda setempat. Di website tersebut anda cukup mendownload formasi CPNS 2018 di salah satu website yang anda inginkan.
  • Sebelum Menpan menetapkan formasi CPNS 2018, biasanya pemda di setiap Kabupaten / kota akan mengusulkan terlebih dahulu mengenai usulan format CPNS 2018, sehingga akan diketahui berapa PNS yang dapat diterima dan jabatan apa saja yang dibutuhkan.
  • Menurut kabar terbaru, ujian CPNS 2018 mendatang masih menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Menurut pengalaman sebelumnya pada CPNS 2014 ujian yang dilaksanakan menggunakan sistem CAT dapat dikatakan cukup sukses dan didukung penuh oleh masyarakat apabila ujian CPNS 2018 mendatang menggunakan sistem CAT.
  • Jadwal ujian TKD dan TKB untuk CPNS 2018 dengan menggunakan sistem CAT akan diumumkan melalui website resmi pemda Kabupaten/Kota setempat, serta anda juga dapat melihat di fanspage Facebook resmi milik pemda Kabupaten/Kota DKI Jakarta.
  • Pengumuman hasil ujian TKD dan TKB untuk CPNS 2018 akan diumumkan melalui website Menpan.go.id dan website resmi pemda Kabupaten/Kota setempat.
  • Pengumuman daftar nama Calon Pegawai Negeri yang telah dinyatakan leles CPNS 2018 akan dimuat di website resmi pemda Kabupaten/Kota setempat serta dimuat pula di surat kabar lokal.
  • Keputusan Panitia bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

Itulah beberapa informasi mengenai Daftar Formasi Lowongan CPNS tahun 2018 di Pemerintah Kabupaten/Kota DKI Jakarta. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

 
Description
: Daftar Formasi Lowongan CPNS 2018 DKI Jakarta
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Daftar Formasi Lowongan CPNS 2018 DKI Jakarta