Sistem penjualan online pada saat ini sudah banyak dipilih oleh para pebisnis. Sistem bisnis online dijadikan sebagai pilihan karena memiliki keuntungan yang banyak dan memudahkan kita untuk menjual dan memasarkan produk. Bisnis online dilakukan dimana saja dan kapan saja. Salah satu contohnya anda bisa melakukan bisnis online dari rumah, dengan begitu anda tidak perlu sibuk untuk keluar rumah untuk bekerja dan mencari penghasilan.

Dengan berbisnis online anda bisa dekat dengan keluarga. Seperti yang sudah kami jelaskan di artikel sebelumnya. Jika anda tertarik untuk memulai bisnis online namun bingung untuk memulainya dengan bisnis apa, anda bisa membaca artikel Contoh Kerja Online Tanpa Modal Di Rumah.

Selain Contoh Kerja Online Tanpa Modal Di Rumah yang dijelaskan sebelumnya. Jika anda tertarik untuk menjadi penjual online, anda wajib membaca artikel  Tips Membangun Toko Online Agar Sukses agar tidak gagal dalam menjalankannya. Dengan melakukan penjualan secara online, anda hanya perlu untuk menyiapkan laptop atau komputer sebagai media untuk mengaksesnya.

Tips dan Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online dengan Media Sosial

Cara meningkatkan penjualan onlline bisa anda lakukan dengan menggunakan website ataupun media sosial. Cara meningkatkan penjualan lewat website memiliki beberapa keuntungan, selengkapnya anda bisa membacanya di artikel yang membahas tentang Keuntungan Memiliki Website Toko Online Sendiri. Selain cara meningkatkan penjualan dengan menggunakan website anda juga bisa menggunakan cara meningkatkan penjualan online melalui media sosial seperti facebook, twittter, Instagram dan media sosial lainnya.

Cara meningkatkan penjualan online dengan media sosial juga sangat berguna untuk menambah keuntungan di waktu yang cepat. jika anda memadukan antara cara meningkatkan penjualan onlinne melalui website dan media sosial maka bisnis online anda akan berhasil dan sukses.

Hal-hal yang harus anda perhatikan sebagai cara meningkatkan penjualan online di media sosial adalah sebagai berikut:

  • Gambar dan Keterangan Menarik
    Jika anda mengupload foto atau gambar di media sosial dengan tujuan untuk menawarkan produk anda, maka buatlah semenarik mungkin didukung dengan keterang berupa tulisan yang bersifat mengajak konsumen untuk membeli produk anda.
  • Buat dalam Bentuk Katalog
    Agar pembeli bisa lebih nyaman untuk melihat profil anda di Instagram misalnya, buatlah postingan foto dengan bentuk katalog yang semenarik mungkin.
  • Perhatikan Konten
    Konten merupakan satu hal yang penting dalam menjalan bisnis online. anda harus bisa memanfaatkan berbagai jenis media sosial untuk menyesuaikannya dnegan konten anda agar target pasar tepat sasaran dan mendapatkan keuntungan yang besar.

Cara Meningkatkan Penjualan Online Dengan Cepat

Berbisnis dengan menggunakan media sosial membutuhkan startegi yang tidak terlalu jauh berbeda dengan sistem penjualan secara offline. Begini cara meningkatkan penjualan online dengan mamanfaatkan media sosial untuk mendapatkan keuntungan yang terus meningkat.

  1. Perkuat Pasar Dengan Isi Konten
    Untuk memperkuat pangsa pasar dengan menggunakan isi konten, terdapat tiga hal penting yang harus anda lakukan sebagai pebisnis online. tiga hal tersebut antara lain:

  • Partisipasi
    Cara meningkatkan penjualan online dengan media sosial membutuhkan partisipasi. Yang dimaksud dengan partisipasi adalah follower atau pengikut anda di media sosial harus mendapatkan manfaat dari ide barang yang anda pasarkan, anda bisa memberikan tips atau informasi menarik untuk menarik konsumen dan membuat bisnis online anda terlihat profesional.
  • Antisipasi
    Antisapasi dalam hal ini merupakan cara meningkatkan penjualan online dalam wujud video, artikeldan gambar untuk memberikan gambaran mengenai produk yang anda jual karena produk yang dijual secara online tidak dapat dilihat bentuk fisiknya. Anda bisa membuat konsumen merasa penasaran dengan produk yang anda tawarkan.
  • Koordinasi
    Yang tidak kalah penting dalam cara meningkatkan penjualan online dengan menggunakan media sosial adalah dengan koordinasi. Koordinasi disini bertujuan untuk mengahak followers media sosial anda berinteraksi dengan anda sebagai pebisnis online. anda bisa membuka sesi Q & A untuk berinteraksi dengan para calon konsumen.
     

  1. Menyebarluaskan Konten
    Fitur share dalam media sosial ataupun website sangat bermanfaat sekali dalam melakukan bisnis online. anda bisa melakukan cara meningkatkan penjualan online dengan media sosial melalui fitur share atau berbagi ini. adapun beberapa keuntungan dari fitur share/berbagi dalam media sosial atau website adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan trafik pengunjung
  • Menambh ramai interasi konsumen di media sosial
  • Meningkatkan pendapatan karena adanya follower atau pengikut baru.

Dengan menyebarluaskan konten di media sosial yang saling berhubungan seperti facebook, instagram, twitter, dan juga website akan menjadi rantai untuk mendapatkan target pasar yang luas.

  1. Memanfaatkan Fitur Facebook
    Fitur terbaru yang disediakan oleh facebook bisa anda gunakan untuk mengetahui seberapa tertarik konsumen pada produk yang anda tawarkan. Jika ketertarikan konsumen masih kurang tinggi, anda bisa melakukannya dengan cara membagikan konten menarik yang dapat memainkan fokus pembaca. Konten menarik yang anda bagikan dapat menarik banyak pembaca dan rela untuk membagikan konten atau menyebarluaskan konten anda tanpa anda suruh di akun mereka.
     
    Jadi cara meningkatkan penjualan online melalui media sosial harus menggunakan konten yang bernilai tinggi agar pembaca bisa ikut terlibat untuk mengelike dan mengomentasi konten anda semakin banyak komentar dan pertanyaan menandakan jika pengguna tertarik untuk membeli produk anda.
     
  2. Gunakan Google Authorship
    Fitur googe authorship juga dapat anda jadikan cara meningkatkan penjualan online dengan media sosial dengan mengupload gambar pada konten google. Tidak hanya gambar atau foto saja, tulisan juga harus diperhatikan untuk menarik perhatian dari para pengguna internet di media sosial. Dengan menggunakan Google Authorship, nantinya google akan mengidentifikasi penulisan dari konten dan kualitas gambar yang anda upload.
     
  3. Memanfatatkan Linkedln
    Salah satu cara meningkatkan penjualan online di media sosial adalah dengan menggunakan aplikasi Linkedln yang memiliki fungsi unutk  memasarkan konten anda ke orang lain. anda bisa dengan mudah dalam mengenalkan produk anda kepada orang lain dalam jumlah yang banyak. Dengan memanfaatkan Linkedln ini anda harus mengetahui dan mengenal konsumen anda terlebih dahulu mulai dari lokasi, keinginan dan hoby mereka serta seputar keluarga dan pekerjaannnya.
     
  4. Memanfaatkan Instagram
    Dapat dikatakan instagram merupakan media sosial yang cukup bagus untuk dijadikan sebagai cara meningkatkan penjualan online. instagram merupakan salah satu media sosial yang hanya berfokus pada foto dan juga video dengan durasi yang pendek. Foto dan video merupakan salah satu faktor barang akan dibeli atau tidak oleh konsumen. Konsumen akan tertarik dengan foto yang dengan kualitas yang baik dan mampu menggambarkan bentuk fisik dari produk yang anda jual. Foto yang jelas dan memiliki kualitas yang baik akan membuat konsumen tertarik, hal ini berbeda dengan foto yang kualitasnya jelek dan hanya terdapat 1 hingga 2 foto saja pada media sosial lainnya. tentunya konsumen akan mencari barang lain yang memiliki foto barang yang lebih jelas.

Itulah beberapa cara meningkatkan penjualan online yang bisa kami sampaikan. Cara meningkatkan penjualan online diatas merupakan cara yang jitu dengan mengandalkan media sosial yang akan mendatangkan banyak konsumen dari berbagai macam daerah. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

 

 
Description
: Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Media Sosial
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Cara Meningkatkan Penjualan Online dengan Media Sosial