Salah satu modal utama untuk menambah penghasilan anda melalui bisnis penerjemah online adalah keahlian dalam berbahasa asing. Anda dapat menawarkan jasa terjemahan online anda melalui media sosial, bisnis ini sangat mudah di jalankan dan sifatnya fleksibel karena dapat anda pilih sebagai pekerjaan sampingan dan bisa anda kerjakan pada waktu luang.

Peluang usaha satu ini dapat dipilih oleh semua kalangan seperti penerjemah untuk pelajar, sebagai sampingan mahasiswa, bisnis sampingan untuk karyawan atau bahkan ibu rumah tangga. Bahasa asing yang di utamakan dalam bisnis ini adalah bahasa inggris karena bahasa ini telah menjadi bahasa internasiomal dan dapat di terima dan di pahami oleh semua di negara mana saja. Saat ini telah banyak dokumen yang banyak di terbitkan melalui bahasa inggris, maka akan banyak permintaan terjemahan baik itu bahasa indonesia ke bahasa inggris maupun bahasa inggris ke bahasa indonesia.
Bagi anda yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam berbahasa asing terutama bahasa inggris maka anda dapat menggunakan keahlian anda untuk memulai bisnis penerjemah online yang menjanjikan keuntungan ini. sebelum menjadi seorang penerjemah, anda harus mempersiapkan semua hal yang berkaitan dengan bisnis yang anda tekuni saat ini, anda harus memastikan bahwa anda benar-benar mempunyai keahlian dalam berbahasa inggris dan anda juga harus memahami cara memulai bisnis ini.
8 cara memulai bisnis Online yang menjanjikan keuntungan
  • Mempersiapkan kemampuan dan pengalaman
Apapun usaha yang akan anda jalani, pasti membutuhkan modal sebab tak ada usaha yang tidak membutuhkan modal. apabila anda berniat untuk menjalankan dan menekuni bisnis penerjemah online ini maka anda harus mempersiapkan modal yakni keahlian dalam berbahasa inggris. Karena kemampuan dalam berbahasa inggris merupakan modal utama menjalankan bisnis ini. anda harus memastikan kemampuan anda dan juga pastikan anda telah memiliki pengalaman dalam menjalankan bisnis ini.
Jika anda seorang mahasiswa, atau sarjana dari pendidikan bahasa inggris atau sastra inggris pasti anda sudah pernah melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dimana di tempat KKN tersebut anda sudah melakukan praktek dari ilmu yang anda dapatkan, anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai modal awal. Modal pendukung lainnya dapat anda berikan dari produk hasil terjemah anda, namun jika anda masih belum punya anda dapat melakukan kerjasama dengan teman, misalnya jika teman anda memiliki suatu usaha yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa inggirs, anda dapat menawarka jasa anda. anda dapat melakukan penawaran secara gratis sebagai pelanggan pertama. Pastikan anda memiliki pengalaman yang berkaitan dengan jasa yang anda tawarkan agar pelanggan dapat mempercayai jasa dan layanan yang anda berikan.
  • Mulai bergabung dengan situs jasa penerjemah online
Jika anda sudah mempunyai kemampuan dan keahlian dalam berbahasa inggris, langkah selanjutnya adalah anda harus mencari pasar untuk menawarkan bisnis anda. nah salah satu cara untuk mencari pasar tersebut adalah dengan bergabung dengan forum jasa penerjemah online. Silahkan anda mendaftarkan diri pada situs tersebut untuk mendapatkan username dan password. Setelah memiliki akun dari situs penerjemah tersebut maka anda dapat mengirim biodata secara spesifik dan sertakan keahlian dan pengalaman yang anda miliki.
Setelah anda masuk dalam situs tersebut langkah selanjutnya anda dapat mencari lowongan-lowonan dari orang yang sedang membutuhkan jasa anda. lalu posting jasa yang akan anda tawarkan jangan lupa untuk meyertakan kelebihan yang anda miliki. Dari postingan tersebut maka jika ada pelanggan yang sedang membutuhkan jasa penerjemah bisa langsung menghubungi kontak anda. sertakan kontak anda yang bisa dihubungi oleh calon pelanggan anda, situs jasa penerjemah online yang bisa anda kunjungi seperti tomodes.com, Proz.com, Tranlation cafe dan beberapa situs lainnya.
  • Membuat Situs Jasa Penerjemah Sendiri
Anda dapat membuat situs jasa penerjemah sendiri jika anda tidak tertarik untuk bergabung dnegan situ jasa penerjemah online untuk menjalankan bisnis anda, dalam membuat situ jasa penerjemah sebenarnya juga memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan.
Untuk kelebihan dalam membuat situs jasa penerjemah ini adalah anda akan mempunyai pelanggan sendiri dan anda dapat mempunyai pengunjung sendiri. Jika pengunjung situ anda sudah banyak dan besar makan anda dapat mendaftarkan kerjasama dengan pengiklan melalui google adsense. Sedangkan kelebihan lain yang dapat anda peroleh adalah anda dapat menentukan tarif sendiri dari usaha anda jadi tidak perlu mengikuti aturan atau kebijakan dari pemilik situs karena situs tersebut milik anda sendiri. Ketika anda bergabung dengan situs penerjemah milik orang lain maka tarifnya juga akan di tentukan oleh pemili situs itu sendiri berdasarkan kesepakatan yang ada.
Sedangkan untuk kelemahannya, dalam menjalankan bisnis penerjemah online ini anda tidak memahami teknik promosi dan anda tidak memahami teknik pengembangan situ yang tepat dan sesuai maka situ yang anda dirikan hanya dapat bertahan pada tahap itu saja. Dapat di artikan bahawa situs anda akan sulit dikembangkan karena jika anda memilih membuka usaha penerjemah online yang menjanjikan keuntungan dengan membuatnya sendiri, maka anda harys memahami betul bagaimana teknik promosi dan pengembangan situs yang tepat.
  • Berikan layanan kepada pelanggan dengan baik
Untuk menjalankan bisnis penerjemah online ini produk utama yang anda miliki adalah otak anda atau kemampuan anda, anda harus memberikan produk terbaik kepada pelanggan anda. pelayanan yang baik dapat mempertahankan pelanggan yang anda miliki. Meskipun anda sedang merasa lelah karena sudah bekerja dan melayani permintaan pelanggan, anda menjadi tidak sadar bahwa anda tidak memberikan pelayanan yang bai pada pelanggan. Hal tersebut harus anda perhatikan dan dapat anda hindari, karena bisa saja dengan sikap anda yang seperti itu dapat menghilangkan pelanggan dan tidak mau melakukan order lagi pada anda. jadi pelayanan yang baik harus anda utamakan.
  • Perhatikan Modal
Anda juga harus memperhatikan modal yang harus anda persiapkan, untuk modal materi dapat dikatakan relatif kecil, modal lain yang anda butuhkan adalah kemapuan bilingual (kemampuan memahami bahasa lebih dari satu ) dan dilengkapi dengan komputer serta koneksi internet yang mendukung.
  • Menerima Pesanan Freelance
Sebagai pebisnis pemula, anda dapat memulai dengan menerima pesanan freelance. Anda dapat mencoba nya dengan mencari orang yang sedang membutuhkan jasa ini, anda juga dapat mempromosikan diri di lingkungan anda, pada teman dekat, kenalan, tetangga maupun keluarga.
  • Ajak Teman
Jika anda sudah menjadi penerjemah terkenal dan memiliki banyak pesanan serta anda sudah mulai keteteran dengan tuga yang anda miliki, maka anda dapat mencari partner kerja untuk membantu pekerjaan jasa penerjemah online anda. anda dapat mengajak orang yang juga memiliki kemampuan berbahasa inggris yang baik, atau bahkan bukan hanya bahasa inggris saja namun bahasa asing laiinya seperti bahasa Arab, Korea, Jepang, Prancis dan bahasa lainnya. Semakin banyak teman kerja yang berkualitas maka akan semakin luas pasar yang anda dapatkan.
  • Kelompokkan Pelanggan
Anda dapat memilih beberapa bidang dan menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Misalnya pada kalangan mahasiswa, anda harus menyesuaikan dengan struktur terjemahan anda sesuai dengan kemampuan mereka. Namun jika pelanggan anda adalah sebuah perusahaan, maka anda harus memahami prosedur yang baik, istilah serta komponen dalam kegiatan perusahaan tersebut.
Itulah beberapa informasi tentang Cara Memulai Bisnis Penerjemah Online yang Menjanjikan Keuntungan, semoga artikel ini bermanfaat.
Description
: Cara Memulai Bisnis Penerjemah Online yang Menjanjikan Keuntungan
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Cara Memulai Bisnis Penerjemah Online yang Menjanjikan Keuntungan