Seleksi CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti



Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan segera dibuka pada tahun 2018 mendatang. Informasi ini merupakan kabar baik bagi para guru yang memang menunggu moment-moment seperti ini. Pendaftaran CPN akan diadakan dengan mengadakan formasi di setiap daerah dan kabupaten yang ada di Indonesia. Saat pemerintah membuka lowongan untuk CPNS, saat itu pula peminat informasi tersebut membeludak dengan harapan mereka dapat mengikuti ujian atau tes CPNS secara maksimal. Pada tahun lalu, tepatnya pada tahun 2017 silam, jumlah pelamar CPNS di beberapa kementerian dan instansi mencapai 1.213.778 orang CPNS. Hal ini merupakan jumlah yang besar karena jumlah formasi yang diperebutkan hanya sekitar 17 ribuan Calon Pegawai Negeri Sipil.



Informasi Seleksi CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti


Informasi mengenai seleksi penerimaan CPNS dikutip di Tribun Timur (09/11),  yang menyebutkan bahwa seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi di setiap daerah dan kabupaten akan dilaksanakan pada tahun 2018. Informasi disampaikan oleh Asman Abnur Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan – BR).

Perekrutan untuk penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 di kabupaten kepulauan Meranti dilatar belakangi oleh kurangnya PNS di kabupaten kepulauan Meranti. Jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang ada di daerah tersebut berkurang pada tahun 2017. Pada tahun 2017 dipastikan ada 84 PNS yang pensium dan pada tahun 2018 mendatang jumlah Pegawai Negeri Sipil yang pensiun diperkiraan mencapai 70 orang.

Formasi CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti



Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Meranti telah mengajukan formasi untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 mendatang.

Formasi yang diajukan meliputi tenaga kesehatan, tenaga pendidikan dan tenaga teknis. Baharuddin selaku sekretaris BKD Kabupaten Kepulauan Meranti yang ditemui pada hari Jumat tanggal 17 November 2017 menjelaskan bahwa jumlah masing-masing dari formasi yang telah diajukan ke Menpan – RB adalah sebagai berikut ini:

  • Tenaga Kesehatan untuk RSUD : 170 Orang
  • Tenaga Teknis untuk Dinas Perhubungan (Dishub) : 55 Orang
  • Tenaga Teknis untuk Dinas PU : 94 Orang
  • Tenaga Kesehatan untuk Puskesmas : 119 Orang
  • Guru SMP : 266 Orang
  • Guru SD : 483 Orang

Total Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS ) pada tahun 2018 yang akan diajukan menurut Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti adalah sebesar 1.187 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), namun yang paling mendesak adalah sekitar 874 CPNS. Formasi tersebut telah diajukan kepada Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan – RB) pada tanggal 5 Mei 2017 kemarin. Formasi yang diajukan oleh Bakharuddin.

Secara umum formasi yang dibutuhkan untuk CPNS tahun 2018 yaitu CPN di bidang dkoter, pendidik, teknisi, dan kesehatan dan lain sebagainya. Namun, menurut Bakharuddin formasi CPNS tahun 2018 yang dibutuhkan dan diajukan oleh pemerintah kabupaten kepulauan Meranti didominasi oleh tenaga pendidik.  Sedangkan untuk formasi selanjutnya yaitu pada formasi kedua CPNS yang dibutuhkan adalah tenaga kesehatan dan juga CPNS tenaga teknis untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang nantinya akan ditempatkan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Meranti.

Tahapan Penerimaan CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti


Tahapan untuk penerimaan CPNS tahun 2018 di setiap daerah dan kabupaten dimulai dari pengusulan fomrasi CPNS disetiap Kabupaten/Kota. Tahap pertama mengenai penerimaan CPNS 2018 ini sebenarnya sudah berjalan pada tahun 2017 ini.  Formasi penerimaan CPNS tahun 2018 ditentukan berdasarkan usulan dari Pemerintah Kabupaten/Pemerintah Kota dan Pemerintah Provinsi. Informasi ini disampaikan oleh Gubernur Sumatera Selatan di jalan Urip Sumohardjo, Makassar pada hari Jumat tanggal 9 November 2017 di Koran Online Tribun Timur. Adapun tahapan seleksi CPNS tahun 2018 akan dimulai pada setelah tahapan penerimaan CPNS tahun 2017 gelombang II selesai diselenggarakan.


Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti


Berkas yang perlu dipersiapkan pada saat melakukan pendaftaran CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti merujuk pada persyaratan pendaftaran pada tahun sebelumnya. Adapun berkas yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut:

Formasi Lulusan S1 atau Perguruan Tinggi


  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi Ijazah dan nilai Transkrip yang sudah dilegalisir
  • Surat Keterangan akreditasi yang dibuat oleh BAN PT
  • Foto terbaru ukuran 4 x 6 Cm sebanyak 4 lembar dengan menggunakan background warna merah

Formasi Lulusan SLTA/sederajat dan D3


  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB)
  • Fotokopi ijazah SD
  • Fotokopi ijazah SMP
  • Fotokopi ijazah SLTA
  • Materai Rp. 6.000 sebanyak 2 lembar

Untuk melakukan pendaftaran secara onlien anda dapat langsung menscan berkas-berkas yang harus dipenuhi  tersebut lalu mengirimkannya ke website resmi menpan.go.id. atau anda juga dapat mendapatkan informasi selengkapnya di website resmi pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti di alamat merantikab.go.id


Pelaksanaan Pendaftaran CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti



Pelaksanaan dan pengumuman mengenai penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kepulauan Meranti untuk tahun 2018 . informasi selengkapnya mengenai penerimaan CPNS 2018 dapat anda lihat dengan mengunjungi website resmi kabupaten Meranti yaitu merantikab.go.id, website resmi Mendpan dan website resmi BKN.

Sebelum melakukan pendaftaran sebaiknya anda mendownload formasi CPNS 2018 kabupaten Kepulauan Meranti terlebih dahulu untuk melihat kriteria formasi yang dibuka dan jurusan apa yang ditentukan oleh pemerintah pusat. Berkas formasi CPNS 2018 ini harus anda downlad terlebih dahulu untuk  dijadikan pedoman sebagai penentuan pilihan anda.

 Pengumuman CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti


Pengumuman seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti secara resmi akan ditandatangi oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti yang dapat anda lihat secara langsung di papan pengumuman dikantor Kabupaten Kepulauan Meranti yang beralamat di kota Selatpanjang. Informasi mengenai pengumuman CPNS 2018 Kebupaten Kepulauan Meranti juga dapat anda dapatkan di website resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan meranti yaitu merantikab.go.id.

Pelaksanaan Tes CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti


Pelaksanaan tes CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti akan dilaskanakan pada tahun 2018 mendatang. Untuk menghadapi tes CPNS 2018 tersebut anda harus mempersiapkannya secara matang dengan mempelajari kisi-kisi dan soa-soal baik berupa materi atau latihan soal CPNS tahun sebelumnya. Pelaksanaan tes CPNS 2018 biasanya mengacu pada tes tahun-tahun sebelumnya untuk memperoleh hasil yang maksimal.

 

Waktu pelaksanaan tes CPNS 2018 Kebupaten Kepulauan Meranti masih menunggu keputusan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan – RB), isunya pendaftaran kan dibuka pada awal bulan september tahun 2018.

 

Prediksi Pelaksanaan Tes CPNS tahun 2018 mungkin akan dilaksanakan seperti tahun – tahun sebelumnya yaitu dengan menggunakan system Computer Assisted  Test (CAT). Pengumuman penerimaan CPNS dan jadwal ujian CAT baik untuk tes TKD dan TKB biasanya akan dirilis di website resmi pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti. Terus pantau website resmi penerimaan CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti di website resmi yang telah disebutkan sebelumnya.

 

Itulah beberapa informasi mengenai pengadaan seleksi penerimaan CPNS tahun 2018 di Kabupaten Kepulauan Meranti. Semoga informasi ini bermanfaat.

 
Description
: Seleksi CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Seleksi CPNS 2018 Kabupaten Kepulauan Meranti