Indonesia siap menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Pelaksanaan Asian Games 2018 akan diadakan di dua lokasi di Indonesia yaitu Jakarta dan Palembang. Jakarta merupakan ibukota dari Indonesia,  sedangkan Palembang merupakan ibukota provinsi Sumatera Selatan. Pada hari senin tanggal 18 September 2017, Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) sebagai panitia penyelenggara Asian Games resmi mengumumkan pendaftaran sukarelawan atau volunteer Asian Games yang akan diadakan pada tahun 2018 mendatang di Jakarta - Palembang telah dibuka untuk masyarakat umum. Pendaftraan sukarelawan ini dibuka untuk seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa terkecuali, jadi bagi anda yang ingin ikut serta asalkan.




Bagi anda yang ingin bergabung menjadi bagian dari terselenggaranya Asian Games tahun 2018 mendatang anda dapat mendaftarkan diri anda. Berikut ini informasi selengkapnya mengenai pendaftaran Sukarelawan atau biasa disebut dengan volunteer untuk Asian Games yang akan diadakan pada tahun 2018 mendatang.

 

Informasi Umum Mengenai Asian Games 2018


Asian Games merupakan pesta olahraga yang diadakan empat tahun sekali yang dapat diikuti dan memang diselenggaran untuk negara-negara di Benua Asia. Indonesia sangat bangga dan merasa terhormat dapat menjadi tuan rumah dari pesta olahraga terbesar dan bergengsi di seluruh Asia. Asian Games 2018 akan diikuti oleh peserta atau para atlet-atlet hebat dari berbagai negara Asia termasuk juga Indonesia. Pasalnya Asian Games 2018  akan berlangsung di dua lokasi yakni di DKI Jakarta dan Kota Palembang (Sumatera Selatan). Pelaksanaan Asian Games di negara Indonesia yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang ini merupakan pesta olahraga asia edisi ke-18 atau XVIII.

 

Pendaftaran Volunteer Asian Games 2018


Berkaca pada pelaksanaan Asian Games pada tahun 2014 yang diadakan di Incheon, Korea Selatan yang melibatkan 12.300 relawan/volunteer yang melombakan 36 cabang olahraga dengan total atlet sebanyak 9.501 orang dan diikuti oleh 45 negara. Selain itu, Asian Games yang diadakan pada tahun 2019 di Guangzhou, China malah lebih fantastis dengan mengikutsertakan volunteer/sukarelawan yang lebih banyak lagi yakni sekitar 25.000 orang yang diikuti oleh 2.405 atlet dari 41 negara lainnya. Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games tahun 2018 akan 41 cabang olahraga dengan memperebutkan medali emas.

 

Dengan berkaca pada kedua negara tersebut Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) sebagai panitia penyelenggara Asian Games membuka kuota volunter sebanyak 13 ribu orang volunteer untuk mendukung kesuksesan terselenggaranya event besar yang diadakan 4 tahun sekali ini.



Persyaratan Peserta Volunteer Asian Games 2018


Ketua Inasgoc, Erick Thohir memberitahukan bahwa pihak INASGOC membutuhkan sukarelawan dengan persyaratan berikut ini:

  • Berstatus sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia 18- 40 tahun dan siap untuk menjalankan berbagai macam tugas.
  • Mampu dan Aktif Berbahasa Inggris
  • Berinisiatif dan mampu bekerja sama dengan tim
  • Bersemangat dan senang pengalaman baru

 

Persyaratan yang paling penting menurut Erick Thohir selaku ketua INASGOC adalah relawan yang berusia 18-40 tahun dengan kamampuan berbahasa inggris atau salah satu bahasa negera peserta Asian Games edisi ke-18 akan menjadi nilai tambah bagi calon relawan. Jika anda memenuhi persyaratan yang ada di atas, anda dapat mendaftarkan diri secara online dengan mengunjungi website resmi volunteer Asian Games yang beralamat di volunteer.jakarta-palembang2018.org atau volunteer.asiangames2018.id.

 

Erick menghimbau kepada pelamar volunteer agar tidak memberikan imbalan dalam bentuk apapun kepada para panitia yang betugas untuk melakukan seleksi Asian Games 2018 karena pendaftaran volunteer atau sukarelawan Asian Games 2018 tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Selain tidak dipungut biaya, INASGOC akan menyediakan uang transortasi, uang makan, dan fasilitas pendukung lainnya seperti seragam dan perlengkapan atau atribut lainnya. Sangat menarik sekali bukan, anda akan mendapatkan pengalaman besar dan pengalaman yang tidak akan terlupakan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.



Beberapa Tugas Volunteer atau Sukarelawan Asian Games 2018


Adapun beberapa tugas yang akan dilakukan oleh Volunteer atau Sukarelawan Asian Games 2018 adalah sebagai berikut:

  • Mengantar tamu-tamu penting luar negeri atau tamu asing
  • Siap menjadi liasion Officer (LO) untuk atlet dan ofisial dari negar peserta Asian Games baik dari negara Indonesia atau negara lainnya.
  • Pendukung protokoler penyelenggara
  • Menjalankan tugas umum di lapangan.

Saat ditemui di Wisma Serbaguna Senayan Jakarta, Erick menuturkan bahwa pihak INASGOC membutuhkan volunteer atau sukarelawan sebanyak 2.000 orang sukarelawan di Jakarta dan 11.000 orang sukarelawan di Palembang pada saat penyelenggaraan kejuaraan uji coba untuk 10 cabang olahraga pada bulan februari mendatang di Jakarta.

 

Keuntungan Mengikuti Asian Games 2018


Adapun keuntungan menjadi sukarelawan atau volunteer Asian Games 2018 adalah sebagai berikut:

  1. Melatih Komunikasi dan Profesionalisme Kerja
    Menjadi volunteer dari asian games tahun 2018 akan membuat anda dapat melatih komunikasi berbahasa inggris dan keprofesionalan kerja karena akan diikuti oleh peserta dari negara-negara asing yang ada di Asia Tenggara.
  2. Banyak Mendapat Teman Baru
    Menjadi relawan sebuah event besar akan dituntut untuk bekerja sama dan berkomunikasi dalam satu tim. Anda akan mendapatkan teman baru dari berbagai usia, daerah dan latar belakang pendidikan yang berbeda.
  3. Lebih dekat dengan para Atlet Berprestasi
    Dengan menjadi sukarelawan Asian Games 2018 anda akan menjadi lebih dekat dengan para atlet asia yang berprestasi karena tugas dari sukarelawan adalah menjadi LO dari Atlet dan tamu asing yang penting. Ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.
  4. Gaji Lumayan Besar
    Anda akan mendapatkan bayaran yang pantas dengan kerja keras anda yang melelahkan mulai dari persiapan sebelum pembukaan Asian Games hingga acara penutupan. Namun, untuk gaji volunteer Asian Games 2018 besarannya masih belum ditetapkan.

Proses Rekruitmen Volunteer Asian Games 2018


Biasanya proses seleksi relawan dilakukan 3 tahap yakni :

  • Tahap seleksi berkas,
  • Taha tes psikotes, dan
  • Tahap wawancara.

Proses seleksi volunteer ini sangat selektif karena banyaknya peserta yang mendaftar dan ingin menjadi bagian dari event besar olahraga yang hanya dilakukan selama 4 tahun sekali di Negara Asia. Pasalnya setelah seminggu pendaftaran volunteer Asian Games 2018 resmi dibuka atau hingga senin tanggal 25 september 2017 pukul 12.00 WIB pelamar yang berminat menjadi volunteer Asian Games 2018 telah mencapai 12.900 orang, padahal sukarelawan yang dibutuhkan hanya sekitar 13 ribu pada Games Times dan sekitar 2 ribu sukarelawan yang daat menghadapi test event yang akan dilaksanakan pada Februari 2018.

Dengan banyaknya peminat untuk menjadi volunteer, persaingan pasti akan sangat ketat. Untuk itu anda harus mempersiapkan diri untuk bersaing dengan peserta lainnya.

 

Itulah beberapa informasi mengenai Asian Games 2018 edisi ke-18 (XVIII) yang akan dilaksanakan di Indonesia. Untuk informasi lebih lengkapnya terkait Asian Games 2018 anda dapat mengaksesnya di www.jakarta-palembang2018.org. Jangan lupa siapkan diri anda untuk bersaing dan anda harus yakin dengan kemampuan anda sendiri.

Jika terpilih anda akan mendapatkan beberapa pelatihan sebelum akhirnya anda mendapatkan tugas masing-masing. Semoga sukses, semoga terpilih dan semoga artikel ini bermanfaat.
Description
: Pendaftaran Lowongan Sukarelawan Asian Games 2018 Sudah Dibuka
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Pendaftaran Lowongan Sukarelawan Asian Games 2018 Sudah Dibuka