Adanya seleksi CPNS yang akan diadakan pada tahun 2018 mendatang merupakan sebuah kabar baik bagi peserta yang tidak lolos selesksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang pernah mendaftar pada tahun 2107. Pasalnya pemerintah akan membuka lowongan CPNS berupa formasi CPNS 2018 khusus untuk daerah dan kabupaten secara nasional pada tahun 2018 mendatang.

Informasi tersebut datang dari Asman Abnur yang berada di Makassar selaku sekretaris Menpan – RB (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) yang dikutip di harian Antara pada hari Senin, 13 November 2017. Penerimaan dan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) akan disesuaikan dengan kebutuhan dari bidang apa saja yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten di Indonesia.

 Informasi Seleksi CPNS 2018 Kabupaten Sinjai


Salah satu kabupaten yang membuka lowongan penerimaan CPNS adalah Kabupaten Sinjai. Untuk itu anda harus mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari sekarang sebelum mendaftarkan diri anda sebagai CPNS dari Kabupaten Sinjai. Selain itu, anda juga harus membekali diri dengan mempelajari soal-soal CPNS yang mungkin akan muncul di tes CPNS 2018 Kabupaten Sinjai yang akan dilakukan pada tahun mendatang.

 

Pada saat ini Badan Kepegawaian Kepelatihan dan Diklat Daerah (BKKDD) kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan sedang menunggu surat resmi dari Menpan – RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemen PAN – RB) tentang penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah pada tahun 2018 mendatang.


Formasi CPNS 2018 Kabupaten Sinjai



Asman Abrur selaku Menpan – RB menjelaskan bahwa menurutnya penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 akan disesuaikan dengan kebutuhan dan usulan dari gubernur disetiap daerah dan disesuaikan dengan kompetensi dibidang apa saja yang akan mereka kembangkan di daerah atau kabupaten tersebut.

 

Asman selaku sekretaris Menpan – RB berharap Pemerintah Daerah dan Badan Kepegawaian Daerah dapat mengkaji secara sungguh-sungguh mengenai kebutuhan pegawainya dengan baik sebelum mengusulkan formasi yang mereka butuhkan termasuk juga formasi yang akan diusulkan oleh Pemerintah Daerah dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sinjai pada tahun 2018 mendatang.

 

Untuk formasi tahun 2018 mendatang, Kabupaten Sinjai sendiri mengusulkan jumlah kuota ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) RI sejumlah 1.279 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Dalam formasi tersebut tenaga yang banyak dibutuhkan adalah tenaga guru yang menduduki kuota tenaga formasi CPNS terbanyak pada tahun 2018 di Kabupaten Sinjai. Kemudian, kuota terbanyak berikutnya disusul oleh tenaga kesehatan karena formasi dari bidang tersebutlah yang banyak dibutuhkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai. Informasi ini disampaikan oleh Kepala BKKDD Sinjai Khaerani. Berikut ini informasi rinci mengenai formasi yang dibutuhkan untuk CPNS 2018 Kabupaten Sinjai:

  • Tenaga Guru : 825 orang
  • Tenaga Perawat : 100 orang
  • Dokter : 60 orang
  • Teknis Kesehatan Lainnya : 149 orang
  • Teknis Infrastruktur : 30 Orang

Usulan tersebut akan dilakukan oleh pemerintah kabupaten Sinjai ke Pemerintah Pusat untuk dibuka pada tahun 2018 mendatang setelah kebijakan moratorium mengenai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).


Persyaratan Pendaftaran CPNS 2018 Kabupaten Sinjai



Persyaratan untuk pendaftaran CPNS tahun 2018 di Kabupaten Sinjai jika mengacu pada pendaftaran CPNS 2017 dua gelombang adalah sebagai berikut:

1. Fotokopi KTP;

2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir;

3. Surat keterangan akreditasi dari BAN PT;

4. Pas foto terbaru ukuran 4cm x 6cm sebanyak 4 lembar dengan latar belakang merah;

5. Khusus untuk formasi tamatan SLTA/sederajat dan D-III, berkas ini yang diperlukan:

- Materai Rp 6.000;

- Fotocopy KTP;

- Fotocopy Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar;

- Fotocopy Ijazah SD;

- Fotocopy Ijazah SMP;

- Fotocopy Ijazah SMA.

 

Pendaftaran CPNS 2018 Kabupaten Sinjai

Pendaftaran CPNS 2018 di Kabupaten Sinjai dapat anda lakukan secara offline maupun online. Anda dapat melakukan pendaftaran secara online melalui website resmi menpan panselnas.menpan.go.id atau sscn.bkn.go.id uang merupakan website resmi BKN. Anda juga dapat secara langsung mendatangi kantor BKD Pemerintah kabupaten Sinja untuk melakukan pendaftaran offline.

Sebelum melakukan pendaftaran CPNS 2018 Kabupaten Sinjai, saya sarankan anda untuk mendownload berkas tentang formasi CPNS 2018 Kabupaten Sinjai yang tersedia di website resmi Pemerintah Kabupaten Sinjai yang beralamat di sinjaikab.go.id.

 

Pelaksanaan Tes CPNS Tahun 2018 Kabupaten Sinjai


Setelah malakukan pendaftaran, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan persiapan untuk pelaksanaan Tes CPNS tahun 2018 di kabupaten Sinjai. Pelaksanaan Tes CPNS biasanya menggunakan tes CAT yakni tes yang dilakukan dengan menggunakan metode System Computer Assisted Test (CAT). Hal ini karena tes menggunakan sistem CAT akan mendapatkan hasil yang lebih baik, karena pelaksanaan tes CPNS Tahun 2018 dilakukan secara ketat dan transparan karena telah menggunakan sistem CAT, sehingga peluang untuk lulus CPNS 2018 akan sangat sulit sekali jika anda tidak mempersiapkannya secara matang. Anda dapat mempersiapkan tes CAT dengan mengerjakan contoh soal latihan-latihan soal CPNS tahun sebelumnya yaitu tahun 2017 yang sedang berlangsung pada saat ini. Anda juga dapat mempelajari kisi-kisi soal CPNS tahun 2018 dengan menggunakan sistem CAT.

 

Didalam pelaksaan Tes CPNS 2018 nantinya akan ada sejumlah panitia yang dibentuk paselnas yaitu panitia yang bertugas untuk melakukan kegiatan seleksi tes CPNS 2018. Panselnas juga akan bertugas untuk menyeleksi Peserta mana saja yang lolos/masuk dalam kriteria CPNS tahun 2018. Selanjutnya paselnas akan menyampaikan informasi pengumuman melalui situs online resmi CPNS yang beralamat di menpan.go.id. Informasi yang beredar selain dari situs tersebut tidak dapat dipercaya karena bukan merupakan informasi resmi dari MENPAN. Pelaksanaan Tes CPNS Tahun 2018 di Kabupaten Sinjai sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni dengan menggunakan metode CAT yaitu system Computer Assistant Test.

 

Informasi Lainnya Terkait CPNS Tahun 2018 di Kabupaten Sinjai

  • Pengumuman pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018 yang ada di kabupaten Sinjai biasanya akan dipublish di website resmi pemerintah daerah Sinjai yaitu sinjaikab.go.id, menpan, dan ssc.bkn
  • Anda dapat mendowload formasi CPNS tahun 2018 Kabupaten Sinjai yang sudah ditetapkan oleh menpan di website resmi menpan, ssc.bkn ataupun di website resmi pemerintah daerah kabupaten Sinjai.
  • Pemerintah kabupaten Sinjai biasanya akan melakukan usulan formasi terlebih dahulu, anda dapat mengetahui jumlah kuota yang dibutuhkan sebagai CPNS yang akan diterima serta spesifikasi jabatannya serta kriteria kelulusan.
  • Jadwal ujian CAT baik untuk ujian TKD dan TKB untuk CPNS tahun 2018 akan diumumkan secara resmi di website pemerintah daerah Kabupaten Sinjai ataupun Fanspage Facebook Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai.
  • Pengumuman Hasil Ujian akan diumumkan di website resmi Menpan yang beralamat di menpan.go.id  atau anda juga dapat mengunjungi website resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai dengan alamat sinjaikab.go.id 

Itulah beberapa informasi mengenai penerimaan dan seleksi CPNS tahun 2018 di Kabupaten Sinjai. Semoga artikel ini bermanfaat.

 
Description
: Informasi Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Kabupaten Sinjai
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Informasi Jadwal Pendaftaran CPNS 2018 Kabupaten Sinjai