Informasi mengenai jadwal penerimaan CPNS 2018 Kabupaten Ciamais sampai saat ini masih menunggu keputusan dari Kemenpan. Namun, menurut Informasi yang beredar pendaftaran CPNS tahun 2018 akan dibuka pada awal bulan september di tahun 2018.  Informasi mengenai peluang CPNS tahun 2018 untuk tiap kabupaten mulai terbuka. Informasi mengenai CPNS tahun 2018 ini datang dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) yang menyatakan bahwa “Pada tahun 2018, pendaftaran CPNS di tiap daerah, kabupaten dan provinsi akan dibuka” ujar Asman Abnur pada hari jumat, 10 november 2017.



Menpan juga menjelaskan mengenai penerimaan CPNS akan disesuaikan dengan usulan dari bupati serta gubernur dengen ketentuan mengenai kompetensi bidang apa saja yang akan dikembangkan di tiap daerah khususnya kabupaten Ciamis untuk memperoleh CPNS yang handal dan sesuai dengan standar kompetensi yang berlaku.

Informasi CPNS 2018 Kabupaten Ciamis

Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang berada di daerah Jawa Barat, Indonesia. Ibukota dari ciamis adalah ciamis kota. Kabupaten ciamis berada id bagian tenggara lebih tepatnya di daerah Jawa Barat. Ciamis berbatasan dengan kabupaten Majalengka serta kabupaten Kuningan disebalah utara, Cilacap serta kota banjar dibagian timur, kota tasikmalaya dan kabupaten tasih malaya dibagian barat, dan kabupaten pengandaran serta samudera hindia dibagian selatan. Ciamis merupakan kabupaten yang terdiri dari 30 kecematan yang dibagi menajadi sejumlah kelurahan dan desa.

Lowongan CPNS Tahun 2018 Kabupaten Ciamis

Menurut informasi lowongan atau pendaftaran CPNS di Kbupaten Ciamis pada Tahun 2018 akan dibuka pada awal bulan september 2018 tahun mendatang. Kebutuhan CPNS di kabupaten Ciamis yang berada di provinsi Jawa Barat ini adalah yang paling mendesak. Pasalnya untuk mengisi formasi CPNS Guru wakil Bupati Ciamis yaitu H. Ing Syam Arifin, menyatakan bahwa mereka memiliki persoalan yang harus segera diselesaikan yaitu kekurangan jumlah guru di satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD), Harapan Rakyat (28/3).

Pernyataan tersebut dibenarkan oleh H. Tatang S.Ag, M.Pd pada hari Senin (24/3), beliau membenarkan adanya persoalan kekurang jumlah tenaga guru di sejumlah Sekolah Dasar (SD), khususnya pada daerah terpencil . Akibat kondisi tersebut sekolah memutuskan untuk menggunakan jasa guru honorer. Tatang juga menyebutkan bahwa total kekurang tenga guru di Kabupaten Ciamis sekitar 1200 tenaga guru SD yang terdiri dari guru di bagian olahraga dan guru Agama yang dibutuhkan.

Persyaratan CPNS 2018 Kabupaten Ciamis
Adapun persyaratan yang harus dipenuhi bagi para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 di Kabupaten Ciamis yang merujuk pada persyaratan CPNS tahun 2017 gelombang I dan gelombang II adalah sebagai berikut:

·         Fotokopi KTP

·         Fotokopi Ijazah dan Transkip nilai yang sudah dilegalisir

·         Surat Keterangan Akreditasi dari BAN PT

·         Pas foto ukuran 4 x 6 Cm sebanyak 4 lembar dengan background merah (Foto Terbaru)

Bagi tamatan SLTA/sederajat serta D-III berkas sebagai persyaratan CPNS 2018 yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut:

·         Fotokopi Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar

·         Fotokopi Ijazah SD

·         Fotokopi ijazah SLTP

·         Fotokopi Ijazah SLTA

·         Fotokopi KTP

·         Materai Rp.6000

 Formasi CPNS Tahun 2018 Kabupaten Ciamis
 

Tujuan dari pengadaan formasi CPNS kabupaten Ciamis adalah untuk mengisi kekosongan tenaga Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah pensiun, mengundurkan diri, meninggal dunia, atau hal lainnya yang menyebabkan tenaga PNS memiliki kuota yang kurang sehingga adanya perekrutan CPNS diharapkan dapat memenuhi kesenjangan tenaga pegawai yang terjadi.

Menurut informasi yang diperoleh dari Endang Sukirman selaku sekertaris BKPSDM Kabupaten Ciamis yang ditemui diruangannya pada hari senin (20/11/2017), mengungkapkan bahwa berdasarkan pada anggaran, Kabupaten Ciamis sudah memenuhi syarat nuntuk mengajukan formasi CPNS. Angaran belanja pegawai berada dibawah 50% sehingga ada harapan untuk diberikan kuota CPNS 2018 Kota Ciamis  oleh Kemenpan RB. (wartapriangan.com)

 Endang Sukirman juga menjelaskan bahwa dilihat dari jumlah pegawai Kabupaten Ciamis masih memiliki kekurangan dalam hal jumlah PNS/ASN. Sedangkan untuk penentuan jumlah kuota/formasi CPNS di Kabupaten Ciamis tergantung pada Pemerintah Pusat. Kabupaten Ciamis akan mengajukan CPNS sejumlah 1.415 orang, sesuai dengan formasi yang dibutuhkan dan anggaran yang telah diusulkan kepada Bupati Ciamis.

Pendaftaran Tes CPNS Tahun 2018 Kabupaten Ciamis

Sebelum melakukan pendaftaran CPNS tahun 2018, sebaiknya anda mendowload terlebih dahulu formasi yang nantinya akan menjadi tujuan bagi anda untuk mendaftar CPNS. Pastikan terlebih dahulu apakah ada atau tidak penerimaan CPNS untuk tahun 2018, untuk informasi selengkapnya anda dapat mengecek informasi tersebut di kabupatena yang telah ditetapkan oleh KEMENKAP dan BKN.

Pada Awal tahun biasanya Menpan mengharuskan semua kabupaten termasuk kabupaten ciamis melakukan analisa terhadap jabatan dan kebutuhan pegawai di daerahnya yang nantinya akan disesuaikan dengan penggunaan APBD di masing-masing kabupaten, apabila telah mencapai 50% maka daerah tersebut tidak diperkenankan untuk melakukan perekrutan CPNS pada tahun 2018. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kabupaten Ciamis memiliki harapan untuk melakukan prekrutan CPNS tahun 2018 karena Anggaran pegawai masih dibawah 50%.
 
Pendaftaran tes CPNS tahun 2018 biasanya akan dilaksanakan secara online secara serempak setelah dibukanya pengumuman mengenai perkrutan CPNS oleh pemerintah pusat. Untuk mengatahui berita pendaftaran anda dapat melihatnya di kantor Bupati atau BKD kabupaten Ciamis atau situs resmi kabupaten ciamis ataupun melalui website yang dibuat oleh BKN dan KEMENPAN.

Pelaksanaan Tes CPNS  Tahun 2018 Kabupaten Ciamis

Setelah malakukan pendaftaran, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan persiapan untuk pelaksanaan Tes CPNS tahun 2018 di kabupaten Ciamis. Pelaksanaan Tes CPNS biasanya menggunakan tes CAT yaitu tes yang dilakukan dengan menggunakan metode System Computer Assisted Test (CAT). Pelaksanaan tes CPNS Tahun 2018 biasanya akan dilakukan secara ketat dan transparan karena telah menggunakan sistem CAT, sehingga peluang untuk lulus CPNS 2018 akan sangat sulit sekali jika anda tidak mempersiapkannya secara matang. Anda dapat mempersiapkan tes CAT dengan mengerjakan contoh soa latihan-latihan soal CPNS tahun sebelumnya serta mengetahui kisi-kisi soal CPNS tahun 2018 dengan menggunakan sistem CAT.

Didalam pelaksaan Tes CPNS 2018 nantinya akan ada sejumlah panitia yang dibentuk untuk melakukan kegiatan seleksi tes CPNS 2018, panitia ini biasa disebut dengan Panselnas yang bertugas untuk menyeleksi Peserta mana saja yang lolos/masuk dalam kriteria CPNS tahun 2018. Selanjutnya paselnas akan menyampaikan informasi pengumuman melalui situs online resmi CPNS yang beralamat di menpan.go.id. Informasi yang beredar selain dari situs tersebut tidak dapat dipercaya karena bukan merupakan informasi resmi dari MENPAN.

Persiapan Tes CPNS Tahun 2018 Kabupaten Ciamis

Jeda antara waktu melakukan pendaftaran online dengan Pengumuman pelaksanaan Tes CAT CPNS harus anda manfaatkan dengan sangat baik. Dalam jeda waktu tersebut anda dapat mempersiapkan diri untuk melakukan tes CPNS yang akan berlangsung dengan mengikuti jejak orang-orang yang lulus dalam Tes CPNS sebelumnya. Dalam jangka waktu tersebut usahakan anda memahami semua soal yang sudah dipelajari, hal ini akan sangat membantu anda saat melakukan tes CPNS yang akan dilaksanakan. Pengumuman mengenai penerimaan CPNS dan Jdawal Ujian CAT TKD ataupun TKB akan dipublish di website resmi kabupaten Ciamis.

Itulah beberapa informasi mengenai CPNS Tahun 2018 di Kabupaten Ciamis. Semoga Artikel ini bermanfaat bagi anda pejuang CPNS Tahun 2018.

 
Description
: Penerimaan CPNS 2018 Kabupaten Ciamis Segera Dilaksanakan
Rating
: 4.5
Reviewer
: Sigit Irawantoro
ItemReviewed
: Penerimaan CPNS 2018 Kabupaten Ciamis Segera Dilaksanakan